√ Panduan Cara Menggunakan Google Classroom Lengkap untuk Guru dan Siswa

Kanalmu.com, Cara Menggunakan Google Classroom - Karena adanya virus Corona yang terjadi sehingga pemerintah memberlakukan pembelajaran dirumah, baik guru maupun siswa proses pembelajarannya melalui e-learning. Dan salah satu aplikasi komputer yang bisa digunakan untuk media pembelajaran tersebut adalah Google Classroom. Google Classroom ini bisa dimanfaatkan dalam proses belajar antara siswa dan guru melalui media smartphone maupun komputer, yang terpenting terdapat camera dan koneksi internet yang cukup. Jadi proses belajar dan mengajar masih berjalan seperti sedia kala.

Dengan Menggunakan Google Classroom guru bisa membuat kelas-kelas tertentu serta bisa memberikan tugas, materi , serta juga bisa memberikan nilai langsung ke anak didiknya. Jadi para guru siap tidak siap harus bisa dan memanfaatkan google classroom ini sebagai mendia belajar dan mengajar murid-muridnya.

Untuk dapat mengkases aplikasi ini anda bisa lansung download aplikasi google clasroom pada play store [Download Aplikasi Google Classrom]atau jika anda menggunakan laptop bisa menuju halaman classroom.google.com, dan bagaimana penggunaan google classroom, anda bisa mengikuti panduan lengkap dibawah ini.

Baca Juga :

  1. √ Ciri-ciri Terinfeksi Virus Corona dan Bedanya Dengan Flu Biasa
  2. √ Pahami Pandemi, Epidemi, Endemi: Perbedaan, Pengertian, Contoh
  3. √ Doa Agar Terhindar Dari Wabah penyakit Mengerikan Termasuk Corona
  4. √ Obat Virus Corona Sudah Ditemukan China,  Jenisnya Sudah Dipakai untuk Antimalaria
Panduan Lengkap Goolge Classroom
Panduan Lengkap Goolge Classroom

#Cara Menggunakan Google Classroom Untuk Guru

Pada Panduan pertama ini adalah bagaimana seorang guru bisa menggunakan atau memanfaatkan google classroom untuk membuat kelas dan mendistribusikan materi pelajarannya ke murid-muridnya.

#Membuat Kelas Pada Google Classroom 

Oke Pada Panduan ini akan kami ulas bagaimana membuat Kelas menggunakan Google Classrom, perhatikan langkah-langkah berikut ini.
  • Guru Masuk mengunakan email Googlenya Di laman classroom.google.com, akan tampil tampilan seperti dibawah ini - > Kemudian Continue (Lanjutkan)

Membuat Kelas Pada Google Classroom
Masuk Dengan Email Google Masing-masing Guru
  • Setelah Itu Anda Tekan Tombol + Pada Pojok Kanan Atas Untuk Membuat Kelas Dan Pilih Buat Kelas (Create Class), seperti tampilan dibawah ini.
Membuat Kelas Pada Google Classroom
Create Class (Buat Kelas)
  • Setelah Tekan Tombol Create Class Anda bapak/ibu guru diminta persetujuan untuk membuat Kelas ini , cetang saja persetujuannnya seperti pada gambar dibawah ini.
Membuat Kelas Pada Google Classroom
Persetujuan Aturan Pembuatan Kelas

  • Setelah tekan Tombol Continue pada laman persetujuan, Kemudian bapak/ibu guru bisa mengisi isian form , untuk memberikan detail dan deskripsi masing-masing kelas bapak/ibu guru seperti form isian dibawah ini.
Membuat Kelas Pada Google Classroom
Form Isian Deskripsi Detail Kelas Google Classroom
  • Dan Kelas Goolge Classroom Anda sudah Jadi Jadi Tinggal bagaimana selanjutnya anda invite murid-murid anda agar Join Ke kelas anda, akan dibawah pada materi ulasanan selanjutnya dibawah ya bapak/ibu guru.
Membuat Kelas Pada Google Classroom
Tampilan Classroom Goolge

#Cara Guru  Invite Murid Ke Google Classrom

Sebelum anda invite murid-murid anda ke google classroom pastikan semua murid anda sudah mempunyai email dari google , atau gmail ini akan mempermudah anda sebagai guru untuk proses invite murid-murid anda ke kelas yang telah anda buat.
  • Pastikan Anda Bapak/Ibu Guru Masuk Laman Google Classroom
  • Jika Sudah Anda Menuju Bagian Menu People(Orang ), Jika sudah anda klik menu Student / Murid (Tambahkan dengan klik Gambar orang), seperti gambar dibawah ini.
Cara Guru  Invite Murid Ke Google Classrom
Menu People -> Student -> Icon Orang
  • Kemudian Masukan Email Siswa Anda Denan Cara mengetikan pada layar Invite Student seperti gambar dibawah ini, kemudian Invite (Jika Murid anda banyak , masukan email murid anda dengan cara memisahkan email satu dengan yang lainnya denan tanda koma semsisal, emai11@gmail.com, email2@gmail.com)
Cara Guru  Invite Murid Ke Google Classrom
Masukan Email Kemudian Invite
  • Setelah Anda Sudah Invite dengan Proses Diatas Anda Konfirmasi Kemurid-murid anda untuk buka emailnya, untuk konfirmasi email hasil invite kelas anda , tampilan seperti dibawah ini, kemudian anda bapak/ibu guru instruksikan kepada murid-murid anda untk klik JOIN Pada email masuk tersebut.
Cara Guru  Invite Murid Ke Google Classrom
Murid Melakukan Konfirmasi Dan JOIN Kelas
  • Setelah Murid Masuk Email masing-masing sesuai yang di invite oleh bapak/ibu guru , murid melakukan konfirmasi dan JOIN ke kelas yang telah bapak atau ibu buat, tampilan seperti dibawah ini.
Cara Guru  Invite Murid Ke Google Classrom
Murid Join Kelas
  • Jika Email Murid Baru Pertama Kali Masuk Ke Laman Goolge Classroom akan tampil layar seperti dibawah ini, kemudian klik LANJUTKAN (CONTINUE).
Cara Guru  Invite Murid Ke Google Classrom
Klik CONTINUE [LANJUTKAN]
  • Oke Murid-murid anda sekarang sudah masuk ke dalam kelas anda , dan tampilannya seperti dibawah ini, untuk halaman classroom pada laman murid anda.
Cara Guru  Invite Murid Ke Google Classrom
Tampilan Google Classrom Pada Laman Murid
Bagaimana menurut anda cukup mudah bukan menggunakan aplikasi google classromm, tunggu apalagi agar aktivitas mengajar anda tidak tertanggu dan murid anda juga tetap masih bisa belajar saai ini silahkan menggunakan aplikasi google classroom ini untuk mengajar murid-murid anda.

#Download Panduan Cara Menggunakan Goolge Classroom PDf

Jika anda dirasa masih butuh panduan PDF nya kami team kanalmu juga menyediakan panduan pdfnya ada beberapa pandauan yang bisa anda gunakan untuk mencoba bagaimana menggunakan google classroom untuk mengajar murid-murid anda  dari rumah.
Demikian Ulasan kami dari kanalmu, mengenai panduan google classroom sebagai mendia pembelajaran e-learning untuk siswa dan mahasiswa anda , mudah-mudahan ini membantu anda dan memberikan banyak manfaat untuk bahan ajar anda baik dirumah maupun dimanapun anda berada.
bangpe
bangpe Tertarik Pada Dunia Otomotif, Internet Juga Technology, Dan Membaca, Menulis Adalah salah satu Hobi.

Post a Comment for "√ Panduan Cara Menggunakan Google Classroom Lengkap untuk Guru dan Siswa"