Belajar Mengenali Kalimat Opini dan Kalimat Fakta Lengkap

Fakta dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti hal-hal (keadaan, peristiwa) yang merupakan kenyataan; sesuatu yang benar-benar ada atau terjadi. Fakta bukan berarti hal-hal yang hanya ada di kepala, fiksi atau hal-hal yang tidak memiliki dasar.

Belajar mengenali kalimat opini dan kalimat fakta lengkap
Belajar mengenali kalimat opini dan kalimat fakta lengkap

Apa itu Kalimat Fakta

Kalimat faktual selanjutnya dapat diartikan sebagai susunan bahasa yang menghadirkan fenomena nyata atau benar-benar terjadi tanpa pendapat, pandangan atau pendapat pengarang tentang peristiwa atau fenomena yang dibicarakan dalam konteks kalimat tersebut. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kalimat faktual dapat dikenali jika tidak ada kalimat opini yang terkait dengan kalimat tersebut.

Ciri-ciri dari kalimat fakta dapat disimpulkan seperti dibawah ini:

1. Memiliki Data yang Akurat

kalimat fakta mengandung informasi yang jelas tentang sebuah peristiwa. Ada banyak format data yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kalimat fakta. Contohnya termasuk angka statistik, tanggal dan waktu kejadian, pernyataan atau pengakuan, dan hal-hal pembuktian lainnya.

2. Bersifat Objektif

Fakta dapat diidentifikasi dengan kalimat jika bersifat objektif, yang mengungkapkan pernyataan netral atau tidak memihak kepada siapapun. Pernyataan fakta memberikan konteks umum yang diyakini banyak pihak benar. Objektivitas dalam kalimat dapat ditentukan berdasarkan kajian data dalam konteks peristiwa, sehingga berbicara sesuai dengan peristiwa yang sebenarnya terjadi, tanpa memberikan penilaian yang memihak.

3. Telah benar-benar terjadi

Sebuah kalimat dapat dianggap sebagai fakta jika pernyataan yang dikandungnya menggambarkan situasi yang sebenarnya terjadi. Isi kalimat benar-benar terjadi, yang dapat dilihat secara logis atau logika berpikir bahwa peristiwa itu benar-benar terjadi dan peristiwa itu dilihat atau didengar oleh banyak pasang mata.

Contoh Kalimat Fakta

  • Jumlah murid IPA 2 adalah 30 orang.
  • Bendera negara Indonesia terdiri dari dua warna yaitu merah dan putih.
  • Indonesia terletak di benua Asia.
  • Kampus Universitas Tidar berada di kota Magelang.
  • Kucing adalah hewan berkaki empat.
  • 1 jam terdiri dari 60 menit.
Baca Juga :  Cara Penulisan Alamat Surat yang Benar Sesuai Format KBBI

Pengertian Kalimat Opini

Dalam KBBI, opini adalah suatu bentuk pendapat, pemikiran atau pendirian seseorang ketika ia menjumpai fenomena tertentu dari sudut pandangnya. Oleh karena itu, opini tidak bergantung pada fakta yang terjadi, melainkan pada reaksi atas terjadinya peristiwa tersebut dari siapa yang mengungkapkannya. Jadi kalimat opini dapat diartikan sebagai pendapat atau pemikiran seseorang yang belum tentu benar karena sedikit atau tidak ada bukti yang mendukung pendapat tersebut. Opini yang disampaikan setiap orang biasanya berbeda-beda.

Ciri-ciri Kalimat Opini

1. Mengandung Pendapat Pribadi

Opini identik dengan pendapat pribadi seseorang tentang suatu fenomena tertentu berdasarkan pengalaman atau pengetahuannya. Karena sifat pribadi inilah kita menemukan banyak perbedaan pendapat tentang satu fenomena tertentu. Jadi opini memang membawa kepribadian atau individualitas, seperti pendapat ahli, pendapat ilmiah, tanggapan masyarakat, dll.

2. Bersifat Subjektif

Berbeda dengan fakta yang bersifat objektif, opini bersifat subjektif, karena tujuannya untuk menyajikan pendapat salah satu pihak tentang fenomena tertentu. Subjektif artinya opinii tidak bisa netral karena hanya diungkapkan oleh satu pihak.

3. Memiliki Kata-Kata yang Sifatnya Relatif

Kalimat opini cenderung menggunakan banyak kata relatif atau kata dan frasa yang dapat berubah tergantung siapa yang mengatakannya. Beberapa kata yang menunjukkan relatifitas antara lain kebanyakan, lebih, sedikit, dan biasanya.

Contoh Kalimat Opini

  • Perempuan lebih pintar daripada laki-laki.
  • Leonel Messi adalah pemain sepak bola terbaik di dunia.
  • Kucing adalah binatang yang menggemaskan.
  • Orang kurus pasti jarang makan.
  • Makanan buatan ibu sangat lezat.

Itulah perbedaan kalimat fakta dan kalimat opini, semoga artikel ini membantu Anda dalam memahaminya. Mungkin Anda tertarik juga penulisan nama dan singkatan gelar sesuai kaidah KBBI, klik tautan penulisan nama dan singkatan gelar. Terima kasih.