Spesifikasi dan Harga Samsung A14 5G Sumpah Bikin Ngiler!

Sugiarto

Setelah tampil di berbagai lembaga sertifikasi, Samsung A14 5G akhirnya kini mencuat di laman resminya. Kendati berupa kode, akan tetapi hal ini mengarah kuat bahwa dalam waktu dekat, Samsung akan merilis smartphone A-Series terbarunya.

Sedangkan, setelah melakukan penelusuran pada laman resmi Samsung India, tampak sebuah model ponsel dengan nomor SM-A146B/DS/, yang mana kode tersebut merujuk ke seri Galaxy A14 5G. Agar tidak ketinggalan informasi yang sangat berharga ini, baca terus artikel tentang spesifikasi dan harga Samsung A14 5G sampai selesai ya sobat!

Spesifikasi Samsung A14 5G
Spesifikasi Samsung A14 5G

Spesifikasi ‘Mahal’ yang Ada Pada Samsung A14 5G

Seorang Twitter tipster kenamaan asal India bernama Mukul Sharma, memberikan konfirmasi bahwasanya Galaxy A14 5G telah berhasil lolos dari sertifikasi BIS (Bureau of Indian Standards) dan NBTC (National Broadcasting and Telecommunications Commission). Selain di negara Asia Selatan tersebut, keberadaan ponsel Galaxy A14 5G juga sudah bisa ditemukan di Thailand. Seperti yang dilansir dari situs sertifikasi NBTC Thailand yang mengungkapkan bahwa Galaxy A14 5G mempunyai nomor model SM-A146P/DSN.

Masih dikutip dari situs yang sama, kabarnya smartphone ini akan dilengkapi oleh dua opsi chipset. Lantas, apa saja spesifikasi lengkapnya? Nah, untuk informasi yang lebih spesifik, berikut ini adalah bocoran spesifikasi dan harga Samsung A14 5G yang dirangkum dari berbagai sumber yang kredibel.

Prosesor dan Chipset

Seperti telah disebutkan sebelumnya, terdapat dua opsi chipset yang akan dibenamkan ke dalam Samsung Galaxy A14 5G. Adapun kedua chipset yang dimaksud ialah MediaTek Dimensity 700 dan Exynos 1330.

Tak menutup kemungkinan bahwa untuk Dimensity 700 ini akan masuk di market Amerika Serikat. Sedangkan, chip Exynos yang dikembangkan oleh Samsung secara umum akan menjangkau pasar global.

Rinciannya sebagai berikut:

  • Untuk prosesornya, Samsung Galaxy A14 5G menghadirkan dua varian, yaitu:
    1. Exynos 1330 – SM-A146B
    2. MediaTek MT6833 Dimensity 700 (7 nm) – SM-A146P
  • Smartphone ini juga ditopang CPU octa-core dengan dua varian, yaitu:
    1. Octa-core (2×2.4 GHz & 6×2.0 GHz) – SM-A146B
    2. Octa-core (2×2.2 GHz Cortex-A76 & 6×2.0 GHz Cortex-A55) – SM-A146P
  • Sedangkan untuk GPU, ia hadir dalam dua pilihan, yaitu:
    1. GPU Mali-G68 MC4 – SM-A146B
    2. GPU Mali-G57 MC2 – SM-A146P
Baca Juga :  Spesifikasi dan Harga Samsung Galaxy F04 Serta Kelebihannya

Bodi

Samsung Galaxy A14 5G memiliki dimensi 167.7 x 78 x 9.1 mm. Sedangkan, untuk beratnya adalah 202 gram. Kemudian, ponsel ini berbahan material seperti depan kaca, frame plastik, serta bodi plastik.

Untuk lebih menarik perhatian publik, Samsung tipe ini akan memiliki variasi warna mulai dari black, light green, dark red, hingga silver.

Layar

Samsung Galaxy A14 5G akan memiliki layar yang mampu menampilkan resolusi grafis Full HD+ tipe LCD yang berukuran 6.8 inchi. Kemungkinan besar layar pada smartphone ini masih akan menggunakan desain water drop untuk meletakkan kamera selfie.

Selain itu, Samsung Galaxy A14 5G akan hadir dengan pelindung layar Corning Gorilla Glass 5 yang berguna sebagai proteksi terkena gores atau benturan pada panel ponsel ini.

Memori dan RAM

Melansir dari situs Geekbench, Samsung Galaxy A14 5G nantinya akan menggunakan sistem operasi berbasis Android 13 interface OneUI 5.0. Kemudian, untuk konfigurasi SoC dari smartphone ini menggunakan CPU octa-core clock speed hingga 2.4 GHz dan GPU dari Mali-G68.

Lantas, dengan tersedianya RAM 8GB dan memori internal 128GB, tentu akan menambah performa ponsel terutama bagi pengguna yang gemar bermain game.
Selain itu, Samsung Galaxy A14 5G ini juga menyediakan slot memori microSD yang mencapai 1TB.

Kamera

Samsung Galaxy A14 5G memiliki tiga kamera di belakang, yaitu kamera utama 50 MP dengan f/1.8, sensor wide, dan PDAF, kamera macro 2 MP dengan f/2.4, dan kamera depth 2 MP dengan f/2.4.

Kamera Samsung A14 5G
Kamera Samsung A14 5G

LED flash, panorama, dan HDR adalah fitur yang tersedia pada kamera belakang yang juga dapat merekam video 1080p@30fps. Selain itu, smartphone ini juga memiliki kamera depan single 13 MP dengan f/2.0 yang dapat merekam video 1080p@30fps.

Software

Smartphone ini menggunakan Android 13 dengan One UI Core 5 sebagai sistem operasinya, yang memberikan dukungan performa terbaik dari chipset, CPU, dan GPU.

Baca Juga :  Spesifikasi Samsung Galaxy Book2 Pro 360 yang Sangat Mumpuni Cocok untuk Mahasiswa

Tampilan dari One UI Core 5 milik Samsung juga terintegrasi dengan sistem operasi terbaru Android tersebut.

Baterai
Untuk performa baterai, Samsung membekali tipe Galaxy A14 5G dengan baterai berdaya 5.000 mAh. Pengisian baterainya bisa dilakukan melalui port USB-C, serta didukung dengan fast charging 15 Watt.

Fitur

Samsung Galaxy A14 5G kemungkinan besar bakal membawa desain yang mirip dengan pendahulunya. Bedanya, pada tipe ponsel yang satu terdapat sistem keamanan fingerprint side mounted di bagian frame body. Selain fingerprint side mounted, Samsung Galaxy A14 5G atau Samsung A14 5G ini akan dibekali dengan sensor accelerometer, gyro, compass, dan barometer.

Harga Samsung Galaxy A14 5G

Setelah mengetahui spesifikasi dari Samsung Galaxy A14 5G, lantas bagaimana dengan harga pasaran yang akan dikeluarkan oleh Samsung?

Harga Samsung A14 5G
Harga Samsung A14 5G

Menurut beberapa sumber yang juga mengulas materi perihal spesifikasi dan harga Samsung A14 5G, tipe Samsung yang satu ini akan dibanderol dengan harga 200 dollar AS atau senilai Rp 3,1 juta. Bahkan, baru-baru ini Samsung telah mengeluarkan pernyataan resminya, bahwasanya perangkat ini akan segera hadir di Spanyol dalam beberapa waktu ke depan.

Sementara itu, di wilayah Amerika Serikat, Samsung A14 5G akan mulai dipasarkan pada 12 Januari 2023.

Belum diketahui kapan tepatnya Samsung akan membawa perangkat canggih A14 5G ini ke Indonesia. Daripada mengira-ngira, kita tunggu saja kabar resmi dari Samsung, ya!

Tips Merawat HP Baru Agar Tetap Bertahan Lama

Smartphone telah menjadi alat yang sangat berharga di zaman seperti sekarang ini. Bahkan, banyak dari anak kecil pun yang saat ini juga sudah dibekali smartphone oleh orang tuanya.

Kendati demikian, tidak banyak, kalau bukan dikatakan acuh tak acuh, orang yang mengetahui cara merawat smartphone-nya supaya awet hingga bertahun-tahun.
Untuk itu, selain membeberkan rahasia tentang spesifikasi dan harga Samsung A14 5G, artikel ini juga akan memberikan tips merawat smartphone, terlebih seandainya nanti kamu membeli merk smartphone Samsung Galaxy A14 5G tersebut. Langsung saja, berikut ini adalah informasinya.

Baca Juga :  Harga dan Spesifikasi Honor 80 GT

1. Sering-seringlah mengupdate atau memperbarui aplikasi dan sistem operasi (OS)

Demi menjaga performa smartphone agar mampu berjalan lebih cepat, penting untuk kamu melakukan pembaharuan sistem operasi dan update aplikasi. Pembaruan aplikasi seperti ini mempunyai manfaat mulai dari memperbaiki bug, masalah keamanan data, meningkatkan kinerja, hingga tersedianya fitur-fitur baru pada smartphone. Terlebih smartphone dengan model Android dan iPhone kini dapat dilakukan pembaruan aplikasi secara otomatis.

Bagi kamu pengguna Android, update sistem operasi pada perangkat ini bisa dilakukan dengan membuka fitur Settings dan langsung meng-klik Update.

Sedangkan bagi pengguna iPhone, kamu dapat memilih opsi untuk meng-install pembaruan secara otomatis dengan cara membuka Settings > General > Software Update. Jika pembaruan sudah tersedia, ikuti instruksi khusus untuk melakukan instalasi.

2. Meng-uninstall beberapa aplikasi perlu dilakukan bila smartphone dirasa lambat

Setiap smartphone tentu memiliki kapasitas penyimpanan dan memori yang terbatas. Oleh karena itu, menghapus aplikasi yang tidak atau jarang digunakan perlu untuk kamu pertimbangkan.

3. Hindari pemakaian yang berlebihan sehingga membuat HP jadi panas

Menjadikan smartphone bisa bertahan lebih lama adalah keniscayaan apabila kamu mampu menggunakannya dengan cermat. Dengan kata lain, berhentilah memainkan smartphone kamu jika sudah mulai terasa panas. Selain itu, kamu juga harus menghindari untuk meletakan hp di bawah sinar matahari langsung.

4. Pasang casing atau pelindung smartphone

Memasangkan casing pada smartphone juga penting supaya tidak pecah jika hp terjatuh yang tidak hanya menyebabkan rusaknya bodi hp, tetapi juga membuat kinerja software-nya menjadi tidak optimal.

Selain itu, kamu juga perlu menambahkan pelindung layar (anti gores) untuk menghindari baret atau goresan di layar smartphone saat kamu meletakkannya di saku.

Itu dia beberapa informasi seputar bocoran spesifikasi dan harga Samsung A14 5G beserta tips untuk membuat hp kamu menjadi tahan lama. Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Artikel Terkait :

Tags