Cara Mudah Download dari Dropbox, Begini Caranya

Sebagian orang hari ini banyak yang membutuhkan ruang penyimpanan lebih untuk keperluan berbagai file dengan ukuran besar. Dropbox merupakan layanan penyimpanan cloud yang mampu menampung penyimpanan file dengan ukuran besar. Nah, apakah Anda tau cara download dari Dropbox saat Anda menyimpan file? Yuk, simak penjelasan berikut!

Cara download dari dropbox
Cara download dari dropbox

Apa itu Dropbox?

Dropbox merupakan penyimpanan cloud yang digunakan untuk menyimpan file ukuran besar. Meskipun Anda dapat dengan mudah ditemui berbagai smartphone yang memiliki ukuran penyimpan yang besar. Namun sewaktu-waktu kadang Anda membutuhkan ruang penyimpanan eksta untuk mencadangkan berbagai macam berkas penting.

Cara Daftar Dropbox

Bagi Anda yang masih asing dengan Dropbox ini, sebelum dapat mendownload dari dropbox, pastikan Anda mempunyai akun dropbox, berikut cara membuat Dropbox Anda sebelum melakukan unduhan file di Dropbox. Perhatikan langkah-langkah di bawah ini dengan seksama!

  1. Buka situs resmi Dropbox dengan mengunjungi website https://www.dropbox.com/.
  2. Kemudian pilih Sign Up yang terletak di pojok kanan atas untuk mendaftar akun Anda.
  3. Setelah itu Anda harus mengisi kolom First name, username, email, dan juga password. Anda juga harus menyetujui pemberitahuan dari Dropbox dengan tulisan “I agree to the Dropbox Terms”, dilanjutkan dengan klik centang.
  4. Kemudian pilih Sign up. Jika Anda sudah memiliki akun akun Gmail, maka bisa memilih masuk dengan akun Gmail yang Anda miliki.
  5. Proses selanjutnya yaitu menunggu konfirmasi pendaftaran dengan mengecek pesan masuk di email yang Anda daftarkan sebelumnya.
  6. Klik link yang sudah diberikan melalui pesan pada email Anda
  7. Setelah proses tersebut selesai, maka Anda secara otomatis akan masuk ke akun Dropbox yang telah Anda buat tadi.
  8. Selanjutnya Anda bisa memilih menu Unduhan gratis untuk mendownload Dropbox di PC. Ini dilakukan agar Anda tidak perlu membuka Dropbox setiap hendak mengakses file.
Baca Juga :  Cara daftar console google play lengkap dan praktis 2022

Cara Download dari Dropbox

Setelah membuat akun Dropbox, Anda bisa download dari dropbox berbagai macam file yang disimpan di Dropbox ke computer atau laptop yang Anda miliki. Berikut cara yang perlu Anda lakukan yaitu:

  1. Masuk dan kunjungi situs resmi Dropbox di dropbox.com.
  2. Setelah itu pilih semua file yang terletak di bilah sisi kiri.
  3. Kemudian arahkan kursor Anda di atas file atau folder yang ingin Anda untuk tersebut.
  4. Dilanjutkan dengan mengklik tanda “…” atau dikenal dengan istilah elipsis.
  5. Setelah itu Anda lanjutkan dengan memilih menu Unduh untuk mendownload file tersebut.
  6. Penting Diperhatikan, Selama proses pengunduhan yang Anda lakukan, Anda hanya bisa mendownload folder yang memiliki ukuran kurang dari 20 GB serta mempunyai jumlah total file kurang dari 10.000. poin ini perlu Anda perhatikan untuk keberhasilan proses pengunduhan file yang Anda tuju.
  7. Selanjutnya folder yang Anda pilih akan diunduh sebagai file .zip.
  8. Anda juga harus mengetahui cara mendekompresi file tersebut pada Mac di pusat bantuan Apple. Hal ini juga jangan sampai terlewat.
  9. Selanjutnya Anda juga harus mengetahui cara mendekompresi file terseut pada Windows di pusat bantuan Microsoft. Poin ini juga tidak boleh diabaikan.
  10. Setelah itu, penyimpanan file Anda akan disimpan pada folder Unduhan atau Download yang ada di laptop Anda.

Demikianlah cara download dari Dropbox yang bisa Anda coba. Banyaknya file yang Anda miliki, alangkah lebih baik dicadangkan di Dropbox untuk menjaga keamanan file tersebut jika sewaktu-waktu terjadi hal yang tidak diinginkan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat!