Daftar Aplikasi Alquran Digital Offline Agar Baca Qur’an Lebih Rajin

Kalau dulu mengaji hanya bisa dilakukan melalui Al-qur’an fisik, sekarang di era digital semakin banyak aplikasi yang dapat menunjang berbagai kebutuhan termasuk tersedia juga aplikasi alquran digital offline yang bisa didownload.

Daftar Aplikasi Alquran Digital Offline
Daftar Aplikasi Alquran Digital Offline

Daftar Aplikasi Alquran Digital Offline

Melalui aplikasi ini, baca qur’an bisa dilakukan kapan pun dan dimana pun bahkan ketika Anda sedang tidak punya kuota sekalipun. Apa sajakah aplikasi alquran digital offline yang direkomendasikan untuk didownload? Berikut informasinya!

Quran – Naskh by Quran.com

Aplikasi ini merupakan salah satu aplikasi alquran digital offline yang bisa didownload baik di Play Store atau pun App Store. Artinya pengguna smartphone android atau iOS sama – sama bisa menggunakan aplikasi ini.

Quran - Naskh by Quran.com
Quran – Naskh by Quran.com

Aplikasi ini bebas iklan, mendukung gambar madani, dilengkapi terjemahan dan juga dibekali dengan efek transisi halaman yang lembut sehingga akan sangat membuat Anda merasa nyaman berlama – lama mengaji di aplikasi alquran digital offline ini.

Aplikasi juga turut menawarkan bookmark dan penanda halaman dengan jumlah tak terbatas sehingga Anda pun bisa menandai dan kemudian menemukan bacaan terakhir yang telah dilafalkan. Dengan begitu Anda bisa selalu ingat sampai di mana batas akhir Anda membaca alquran.

Quran Pro Muslim

Kalau Anda tidak hanya ingin membaca alquran namun juga ingin belajar bagaimana pelafalan ayat di dalam alquran yang tepat, maka Anda bisa menggunakan aplikasi bernama Quran Pro Muslim ini.

Melalui aplikasi ini, Anda akan menemukan koleksi audio qori yang sangat banyak dan bahkan aplikasi mengklaim bahwa Quran Pro Muslim merupakan aplikasi alquran dengan koleksi audio qori terbesar dibandingkan aplikasi lain sejenisnya.

Quran Pro Muslim juga menawarkan terjemahan dalam 30 bahasa yang berbeda. Anda pun tak perlu khawatir ketika data seluler terbatas karena aplikasi ini bisa diakses secara offline. Kalau Anda mengakses Quran Pro Muslim melalui iOS, aplikasi ini juga mendukung CarPlay dan AirPlay.

Tenang saja, tak hanya di iOS, pengguna smartphone android juga bisa mendownload dan mengakses aplikasi Quran Pro Muslim ini.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Easy Worship untuk Alkitab

Quran Kareem

Quran Kareem merupakan sebuah aplikasi baca quran yang menawarkan pengalaman membaca alquran dilengkapi dengan lebih dari 40 terjemahan bahasa yang bisa dan mudah dimengerti. Sehingga Anda bisa memilih ingin menerjemahkan ayat dengan bahasa apa saja.

Fitur transisi yang disediakan oleh Quran Kareem juga sangat lembut. Tentunya Quran Kareem bisa menjadi opsi terbaik untuk Anda yang ingin membaca alquran digital tanpa kuota kapan saja dan dimana saja.

Quran Kemenag

Quran Kemenag
Quran Kemenag

Quran Kemenag merupakan sebuah aplikasi quran digital yang dirilis oleh Kementerian Agama Republik Indonesia. Quran Kemenag dilengkapi dengan mushaf standar Indonesia Rasm Usmani dan juga disertai dengan terjemahan, tafsir, sampai suara murratal Al-Qur’an dari Syekh Mahmud Khalil al-Husairy.

Anda yang ingin semakin mudah dalam beribadah bisa mendownload dan memanfaatkan aplikasi Quran Kemenag ini.

Quran for Android

Quran for Android merupakan sebuah aplikasi baca quran yang diluncurkan sejak 10 Agustus 2010. Bisa dibilang Quran for Android adalah suhunya aplikasi baca quran. Kini aplikasi yang juga bisa dimanfaatkan untuk baca quran offline ini sudah diunduh oleh lebih dari 10 juta downloader yang tersebar di seluruh dunia.

Rating dan reviewnya pun bagus. Menariknya lagi, pengembang rajin update berbagai bug yang ditemukan sehingga Anda tidak perlu ragu lagi memanfaatkan aplikasi ini.

Tampilan dari Quran for Android sendiri sangat sederhana, dilengkapi fitur terjemahan yang pas, enak dilihat, tersedia night mode, dan juga tersedia fitur pengulangan audio.

Al Quran (Tafsir & by Word)

Selanjutnya ada Al Quran (Tafsir & by Word) yang bisa diunduh secara gratis juga di Play Store atau pun App Store. Anda yang ingin belajar quran lebih mendalam bisa menggunakan aplikasi ini karena Al Quran (Tafsir & by Word) dibekali dengan cukup banyak fitur.

Beberapa fitur yang Al Quran (Tafsir & by Word) sediakan seperti fitur pemutaran audio per ayat yang dilengkapi fungsi audio berulang, tajwid berkode warna, analisis dan terjemahan setiap kata, dilengkapi juga dengan catatan sampai fitur penanda khusus.

Baca Juga :  Cara download happymod terbaru 2022 lengkap installasinya

Al Quran Indonesia

Al Quran Indonesia juga tidak kalah dengan aplikasi – aplikasi yang kami sebutkan sebelumnya. Al Quran Indonesia didukung cukup banyak fitur juga seperti fitur mode terang gelap yang bisa dipilih, daftar surah, daftar juz, tulisan latin, sampai dengan kode tajwid berwarna.

Al Quran Indonesia
Al Quran Indonesia

Semua fitur tersebut dapat membuat aktivitas membaca quran atau belajar membaca quran lewat ponsel jadi lebih mudah.

Quran Best Indonesia

Tak hanya memiliki kelebihan bisa diakses secara offline, Quran Best Indonesia juga memiliki kelebihan yaitu menghadirkan cukup banyak fitur menarik.

Dengan Quran Best Indonesia, Anda bisa mencari ayat alquran yang ingin dibaca berdasarkan kata kunci, menandai halaman alquran yang sedang dibaca atau telah dibaca, dilengkapi dengan pembatas dan masih banyak lagi fitur lainnya.

Alquran Lite Indonesia

Alquran Lite Indonesia merupakan sebuah aplikasi quran buatan developer Banggosoft yang didesain dengan interface mudah dipakai dan enak dipandang. Ada beberapa fitur yang Banggosoft hadirkan untuk melengkapi aktivitas baca quran dengan Alquran Lite Indonesia, di antaranya :

  • Fitur memperkenalkan tajwid dengan memperkenalkan hukum bacaan yang memiliki warna berbeda.
  • Terjemahan bahasa Indonesia yang mudah dimengerti
  • Dapat diakses dengan cara tanpa kuota alias offline
  • Terdapat tombol last read untuk pergi ke ayat terakhir yang telah dibaca
  • Penelusuran cepat terhadap juz, surah, ayat atau halaman
  • Didukung berbagai tema menarik
  • Dapat disetel mode terang atau gelap

Aplikasi yang bisa didownload untuk android ini kini sudah terdownload oleh 10 ribu orang. Anda juga bisa mengakses dan menginstalasi aplikasi ini di perangkat berbasis web based pada laptop windows.

Alquran Mushaf Madinah

Alquran Mushaf Madinah merupakan suatu pengembangan dari King Fahd Gorious Printing Complex atau yang disebut dengan KFGQPC. Alquran Mushaf Madinah merupakan sebuah aplikasi yang dirilis oleh developer Awwabin.

Alquran Mushaf Madinah
Alquran Mushaf Madinah

Dari tampilan, tampilan awal Alquran Mushaf Madinah dibuat sangat mirip dengan versi cetaknya di PDF dari Mushaf Madinah An Nabawiyah. Meski Alquran Mushaf Madinah merupakan sebuah aplikasi gratis, ada banyak keunggulan fitur yang diberikan di antaranya :

  • Fitur untuk menyisipkan ayat ke dalam program pengolah kata
  • Bisa dibaca dengan mode portrait atau landscape
  • Fitur untuk mencari lafadz atau ayat
  • Fitur untuk mengatur teks warna
  • Fitur untuk mengatur ukuran teks yang dibaca
  • Fitur dalam memilih jenis teks Alquran
  • Fitur murrotal MP3 dengan banyak pilihan qori seperti Abdul Basit, Abdullah Basfar, Abdul Rahman AI Sudais, Mohamed El Minshawi, Maher Muayqali, Abdul Rahman al Hudhaify, dan juga Mishary Bin Rashid Alafasi.
  • Memiliki fitur tap and hold
  • Dilengkapi mode baca full screen
  • Dapat melakukan tafsir ayat
  • Ada beberapa bahasa terjemahan yang tersedia
Baca Juga :  Y2Mate Download Video Jadi MP3 tanpa Aplikasi, Aman, Mudah, dan Cepat

Itulah daftar aplikasi alquran digital offline yang bisa didownload agar baca quran semakin menyenangkan dan bisa dilakukan kapan pun serta dimana pun. Yuk maksimalkan kegiatan baca quran dengan mendownload salah satu aplikasi di atas.