11 Contoh Bisnis Online Untuk Pemula Yang Mudah Dijalankan

Kanalmu.com, Contoh bisnis online bagi pemula yang mudah dijalankan sebenarnya cukup banyak, namun demikian kadang untuk memulainya malas untuk dilakukan.

Apabila ingin sukses menjalankan bisnis online, hal pertama yang dilakukan adalah dengan langsung take action atau langsung mencobanya, dengan demikian kamu akan bisa mempelajari polanya.

Adapun untuk sobat kanalmu yang saat ini sedang mencari referensi contoh bisnis online untuk pemula yang mudah dijalankan, team kanalmu memiliki beberapa referensi yang dapat dijadikan sebagai rujukan untuk memiliki bisnis online.

Contoh Bisnis Online

Berikut ini adalah daftar contoh bisnis online modal kecil yang mudah dijalankan oleh pemula.

ilustrasi contoh bisni online pemula - kanalmu
ilustrasi contoh bisni online pemula – sc unsplash

Youtuber

Youtube tak sebatas sebagai media pemutar video semata, kini banyak orang yang telah menggunakannya sebagai ladang mencari rezeki. Ya, profesi ini memang menjanjikan. Pasalnya dengan menampilkan konten video yang kreatif, menarik, bermanfaat, dan unik, seseorang dapat mendapatkan penghasilan yang banyak setiap bulannya.

Itu diperoleh dari hasil iklan edsense yang dipasang pada setiap video yang mereka unggah. Jika trafik video tersebut banyak, maka bukan tak mungkin penghasilannya pun akan cukup banyak. Seperti halnya Ria Ricis. Sebagai youtubers yang memulai karirnya sebagai selebgram, ia berhasil mendulang penghasilan antara 88 juta hingga 1 milyar.

Lewat channel youtubenya, dia mengupload tayangan kocak yang menggemaskan saat bermain squishy serta kegiatan traveling yang sering ia lakukan. Banyak orang yang terhibur akan tutur katanya. Alhasil banyak apresiasi yang diterimanya melalui like dan subscribes channel youtubenya. Bahkan mencapai 1 juta orang.

Freelance Writer

Menjadi freelance writer atau penulis lepas merupakan profesi yang banyak ditekuni, terlebih oleh kaum muda. Baik sebagai pekerjaan sampingan di luar jam kerja utama ataupun sebagai pekerjaan tetap. Bisnis online satu ini cocok bagi Anda yang hobi menulis. Bisnis ini cukup menjanjikan karena modal yang dibutuhkan tidaklah mahal.

Anda hanya perlu mempunyai perangkat komputer untuk mengetik serta koneksi internet yang baik untuk mengirimkan tulisan Anda. Pastikan bahwa artikel tersebut berkualitas sehingga layak untuk dipublikasikan. Bergabunglah dalam forum pebisnis online yang mewadahi para freelance untuk bertemu dengan kliennya. Melalui situs tersebut secara otomatis Anda termasuk dalam kategori bisnis online terpercaya karena terikat oleh aturan kerjasama yang jelas.

Dropshipper

Jual beli secara online saat ini memang tengah digandrungi oleh sebagian besar masyarakat. Hal ini tak terlepas dari kecanggihan teknologi yang ada. Berbagai barang dari daerah mana saja dapat dengan mudah dibeli hanya dengan bermodal smartphone dan koneksi internet. Tak ayal hal ini menjadi peluang menjanjikan bagi para pelaku bisnis.

Baca Juga :  Kurs dollar hari ini bank bukopin terhadap rupiah terbaru - USD to IDR

Nah, bagi Anda yang masih kebingungan ingin memulai bisnis namun terkendala oleh modal, maka menjadi dropshipper solusinya. Dengan bermodal smartphone, Anda dapat berselancar menggunakan internet untuk menawarkan barang tanpa harus mempunyai produknya. Anda dapat mencantumkan produk pada situs web, e-commerce, ataupun media sosial. Lantas bagaimana caranya memilih supplier yang terpercaya?

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah memastikan kualitas produk sesuai dengan gambar dan deskripsi yang tertera. Hal ini untuk mencegah resiko komplain dari konsumen apabila barang yang dikirim tidak sesuai dengan foto yang dipajang. Baik dari warna, bahan, dan ukuran barang. Kedua, carilah harga seminimal mungkin untuk produk yang sama sehingga keuntungan yang diperoleh pun akan lebih besar.Tertarik untuk menekuni ide bisnis online terbaru satu ini?

Selektif dan teliti, itulah kunci utama sebelum Anda memulai bisnis dropshipping. Bisnis ini memungkinkan Anda untuk menjual berbagai macam jenis barang. Anda hanya melakukan penjualan barang serta mengambil komisi atau keuntungan. Selanjutnya untuk pengiriman barang supplier tempat produk itu berasal yang akan mengurusnya. Bisnis ini sangat pas digeluti oleh mahasiswa, pelajar, bahkan ibu-ibu rumah tangga.

Bisnis Afiliasi

Bisnis online keempat yang menjanjikan adalah bisnis afiliasi atau afiliasi marketing. Bisnis ini memang masih tergolong awam, terutama bagi seseorang yang baru terjun ke dunia bisnis online. Bisnis afiliasi hampir sama dengan bisnis dropshipping, yaitu mempromosikan produk atau layanan milik orang lain. Dengan tujuan agar pengunjung situs tertarik untuk mencoba apa yang ditawarkan kemudian membelinya.

Anda dapat menawarkan produk yang dijual melalui blog atau e-commerce Anda. Setiap produk yang dijual akan mempunyai link afiliasi. Saat pengunjung situs mengklik konten atau link afiliasi, maka Anda akan secara otomatis menerima komisi dari setiap pembelian yang dilakukan. Pada umumnya, besaran komisi bervariatif. Berkisar 5% s.d. 20% untuk produk fisik dan 30%s.d 50% untuk produk digital.

Perbedaan yang mencolok dengan sistem dropshipping dapat dilihat dari model bisnisnya, bisnis afiliasi lebih pasif. Yang dilakukan adalah membuat link untuk diklik oleh calon pembeli, kemudian mitra afiliasi yang akan menangani semuanya, termasuk dalam hal ekspedisi. Fokus Anda disini adalah pada pemasaran.

Untuk menjalankan bisnis afiliasi hal pertama yang harus dilakukan adalah mempunyai website dengan pengunjung yang cukup banyak setiap harinya. Kedua, daftarkan diri pada pihak penyelenggara program afiliasi. Jika disetujui, pihak penyelenggara akan memberikan kode produk untuk dipasang pada website Anda. Nah, dari kode yang dicantumkan inilah Anda akan mendapatkan fee apabila pengunjung website Anda melakukan pembelian barang.

Baca Juga :  151 daftar pinjaman online ilegal yang ditutup pemerintah 2021

Blogger

Bagi Anda yang suka menulis, Anda dapat mencoba peruntungan menjadi blogger. Cara kerjanya sangat sederhana yaitu pasang kode iklan di blog. Setelah iklan tampil, kemudian iklan tersebut di klik oleh pengunjung, maka Anda akan mendapatkan komisi.

Anda hanya perlu menulis di blog tersebut dengan konten-konten yang berkualitas. Sehingga banyak orang yang berkunjung ke blog untuk membaca berbagai artikel tulisan Anda. Jika Anda tidak memiliki kemampuan menulis yang baik, Anda dapat menggunakan jasa artikel dan lebih fokus pada pengembangan blog Anda.

Jasa SEO

Bisnis Online lain yang tidak kalah menguntungkan yaitu membuka jasa Search Engine Optimization atau lebih dikenal SEO. Tidak semua pebisnis online mengerti mengenai jasa SEO ini, sehingga Anda memiliki peluang besar untuk membangun usaha dengan keuntungan yang menjanjikan.

Jasa SEO yaitu menawarkan beberapa hal yang berkaitan dengan dunia online, seperti menawarkan riset kata kunci kompetitor, audit website, strategy content marketing, analisa google analytic, dan monitor backlink. Sebelum terjun dalam bisnis bidang ini, sebaiknya Anda mempelajari secara mendalam terlebih dahulu.

Jasa Pembuatan Website atau Blog

Jasa pembuatan website atau blog menjadi pilihan bisnis online yang menarik bagi Anda yang memiliki kemampuan dalam membangun website atau blog. Tidak perlu keahlian menyusun kode-kode website dari nol, karena ada banyak cara yang dapat dilakukan dengan mudah dalam membangun website atau blog tersebut.

Salah satu platform yang bagus, mudah dipelajari dan diterapkan yaitu wordpress. Ada banyak themes atau tema, template siap pakai serta unik. Berbagai tema dan template pun tersedia secara gratis maupun berbayar. Anda dapat membuat dengan tampilan yang profesional.

Jika Anda merasa kurang mampu terjun ke bidang ini, lama-lama dari kebiasaan tersebut Anda akan mampu membuat website atau blog yang bagus. Website dan blog yang bagus pun tentu akan menarik para pembeli untuk menggunakan jasa Anda tanpa berpikir dua kali.

Makelar Online

Makelar online yaitu perusahaan maupun orang yang bertugas untuk mempertemukan penjual sebuah produk atau jasa kepada calon pembeli. Menjadi makelar tentu harus memiliki jaringan dan kenalan yang cukup luas. Ketika terjun di bidang bisnis online, kepercayaan dari calon konsumen menjadi bagian paling penting.

Sebelum Anda memilih bisnis ini, sebaiknya mempelajari latar belakang dari orang yang akan dipertemukan. Baik seorang penjual maupun seorang pembeli. Ada banyak bisnis yang menggunakan jasa makelar online seperti menjual properti, menjual website, menjual jasa dan sebagainya.

Baca Juga :  BUMN : Pengertian, Ciri-ciri , Jenis, Fungsi, Tujuan dan Contohnya

Microstock

Microstock sangat cocok menjadi bisnis online untuk Anda yang memiliki keahlian desain grafis maupun hobi pada bidang grafis. Cara kerja dari bisnis ini yaitu buatlah banyak gambar vector kemudian menguploadnya di situs microstock. Nah, Anda akan mendapatkan bayaran setiap kali ada seseorang yang membeli gambar tersebut. Keahlian desain grafis sangat dibutuhkan pada bisnis yang satu ini.

Bisnis MLM secara online

Banyak orang yang berpandangan negatif mengenai bisnis MLM. Padahal dalam kenyataannya, bisnis ini sangat berpotensi dan memberikan keuntungan besar bagi banyak orang.

Namun ada beberapa perusahaan yang menggunakan istilah MLM namun dalam pekerjaan bisnisnya tidak menggunakan MLM. Sehingga sering kali MLM dipandang menjadi bisnis yang negatif dan merugikan banyak pihak.

Bisnis MLM yang dijalankan secara online ini mampu memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Tetapi tidak semua orang memiliki potensi keuntungan pada bisnis tersebut.

Bisnis MLM yang ada di Indonesia seperti ABE Network, Jafra, Oriflame dan sebagainya. Keberhasilan dari produk tersebut memang bagus dan banyak digunakan oleh masyarakat. Selain business plan, perusahaan ini juga memberikan keuntungan besar bagi para anggotanya.

Jasa Konsultasi di Bidang Tertentu Secara Online

Konsultasi tidak melulu menjadi seorang dokter. Meskipun dokter juga dapat melakukan bisnis sampingan yaitu dengan membuka konsultasi kesehatan secara online. Tetapi bagi Anda yang sudah memiliki bisnis sendiri seperti jasa pembuatan website, blog, blogger, vlogger dan lain-lain pun dapat mencoba peruntungan di bidang ini.

Menjadi konsultan online tentu seperti halnya dengan konsultan offline yang harus menguasai pada bidang tersebut. Beberapa contoh konsultan seperti konsultasi SEO, konsultasi pengemabngan bisnis, konsultasi pengobatan tradisional, konsultas masalah asmara maupun konsultasi kesehatan

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan contoh bisnis online yang cocok untuk pemula dan mudah dijalankan.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan ini memberikan cukup manfaat dan referensi.