Bisnis Online Affiliate Shoope

Mengetahui Kelebihan dan Kekurangan Domain .My.id

Sudah kenalkah Anda dengan domain .my.id? Bagi beberapa orang, domain .my.id mungkin masih terdengar asing ya. Hal ini wajar, karena sebagian orang lebih familiar dengan domain .com, .id., .net, dan domain-domain umum lainnya.

Meski terdengar asing, domain .my.id ini tidak kalah menarik untuk digunakan. Domain .my.id adalah sebuah domain yang dikeluarkan dan dikelola oleh Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI).

PANDI sendiri dibentuk oleh komunitas Internet Indonesia bersama pemerintah pada 29 Desember 2006 untuk menjadi registry domain .id. Namun, pada 29 Juni 2007, Departemen Komunikasi dan Informatika RI secara resmi menyerahkan pengelolaan seluruh domain internet Indonesia kepada PANDI, kecuali domain .go.id dan .mil.id.

Meski masih terkesan asing, pertumbuhan domain .my.id ternyata selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Menggunakan domain .my.id juga sekaligus bisa menunjukkan identitas kita untuk berbagai keperluan, seperti bisnis, website pribadi, blog, bahkan email.

Dengan alasan tersebut, diharapkan domain .my.id ini bisa menjadi domain yang juga dicari-cari sehingga orang tidak hanya kenal domain-domain yang umum di pasaran.

Nah, pada artikel kali ini, kami akan memberikan informasi kepada Anda terkait kelebihan dan kekurangan domain .my.id. Hal ini mungkin akan Anda perlukan sebagai bahan pertimbangan membeli domain. Berikut ulasannya.

Kelebihan dan Kekurangan Domain .My.id

kelebihan kekurangan domain my id - kanalmu
kelebihan & kekurangan domain my id – kanalmu

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan yang bisa didapatkan jika Anda menggunakan domain .my.id.

Baca Juga :  beli hosting murah hanya 99 ribu unlimited space SSD

Kelebihan Domain .My.id

1. Memiliki Harga Lebih Murah

Harga domain .my.id bisa dibilang sangat murah karena biasanya berkisar pada rentang 10 hingga 15 ribuan. Meski murah, pengguna domain ini bukan lantas dari golongan yang sembarangan. Selain harganya yang murah, banyak orang membeli domain ini karena proses pendaftarannya tidak memerlukan verifikasi dokumen apapun. Harga domain yang murah tentu bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para calon pembeli domain ini, terutama bagi pelaku bisnis baru yang ingin mengawali bisnisnya.

2. Akses Lebih Cepat

Banyak orang menyukai akses yang cepat. Oleh karena itu, domain .my.id bisa jadi salah satu alternatif pilihan bagi Anda. Karena berada di Indonesia dan Domain Name Server (DNS) yang dikelola oleh PANDI, maka domain .my.id lebih cepat diakses, terutama jika Anda memiliki target pengunjung yang berada di Indonesia. Mengakses website dengan domain .my.id di berbagai perangkat akan lebih cepat dibuka.

3. Mudah Diingat

Meski domain ini terdengar masih asing, namun dengan nama yang cukup unik, maka domain ini berpotensi mudah diingat dan diucapkan.

4. Lebih Banyak Pilihan

Dikarenakan belum banyaknya pengguna domain ini, maka Anda bisa mempunyai lebih banyak pilihan. Hal ini tentu berbeda dengan ekstensi .com, .net, .id yang sudah hampir mendaftarkan semua nama. Anda bisa menggunakan domain my.id sebagai identitas pribadi, toko online, atau nama-nama unik lainnya, sehingga bisa membuat personality Anda lebih bagus dan menarik.

5. Dapat Dipakai untuk Berbagai Kebutuhan

Domain .my.id bisa memenuhi berbagai kebutuhan penggunanya. Banyak sekali pengguna domain .my.id yang memilih domain ini untuk berbagai jenis kebutuhan, seperti kegiatan bisnis, organisasi, agensi, bahkan website pribadi.

Baca Juga :  √ Cara Pasang Alat GPS di Mobil | Motor | Alat Berat | Truck yang Aman dan Benar
6. Peluang Menduduki Halaman Pertama Google Lebih Besar

Sebagian orang menyangsikan bahwa menggunakan domain .my.id membuat website-nya akan sulit muncul di halaman pertama Google. Hal tersebut tentu hal mitos belaka ya, karena domain .my.id ini tetap bisa bersaing dan memiliki peluang yang sama besarnya dengan domain lain untuk muncul di halaman pertama Google. Alasannya adalah, domain .my.id adalah salah satu domain resmi yang dikeluarkan oleh PANDI, sehingga tetap akan berpengaruh dalam SEO.

7. Dapat Diterima Adsense

Karena belum populer, website dengan domain .my.id tidak akan bisa diterima adsense. Anggapan ini tentu kurang tepat ya, sebab banyak pengguna domain .my.id yang diterima adsense dan mendapatkan penghasilan yang cukup menggiurkan setiap harinya. Jadi, bukan karena domainnya, melainkan konten yang disediakan pemilik website yang bisa mempengaruhi diterima atau ditolaknya adsense.

8. Cocok Digunakan oleh Kalangan Kreatif

Domain .my.id dibuat dengan harapan mampu digunakan oleh berbagai kalangan. Dengan harapan itu, domain .my.id menjadi sangat cocok digunakan untuk mereka yang kreatif dan selalu bertindak positif. Domain .my.id terlihat dan terdengar kekinian yang juga bisa menjadi ciri khas bagi Anda yang suka berpikir out of the box.

Kekurangan Domain My.id

1. Masih Terdengar Asing

Sebagian besar masyarakat masih familier dengan domain .com, .id, .net sehingga mendengar domain .my.id masih belum terbiasa. Selain itu, pengguna domain .my.id juga belum banyak sehingga muncul anggapan bahwa menggunakan domain ini tidak menampilkan kesan profesional. Hal ini menjadikan beberapa orang khawatir terhadap reputasi bisnis saat harus menggunakan domain .my.id ini.

2. Khusus di Indonesia

Saat Anda mencoba berselancar menggunakan keyword apapun, maka domain .my.id tidak akan tampil jika Anda menggunakan vpn atau server luar negeri. Hal ini karena domain .my.id berlaku khusus di Indonesia.

Baca Juga :  Penyedia Layanan Untuk Pembuatan Blog Gratis

Demikian informasi yang bisa kami sampaikan terkait kelebihan dan kekurangan domain .my.id. Semoga hal ini bisa jadi bahan pertimbangan Anda yang ingin membeli domain .my.id.

Bagi Anda yang mungkin tertarik membeli domain .my.id atau ekstensi domain yang lain, Anda bisa mempertimbangkan Jetorbit sebagai tempat untuk membeli domain murah yang terpercaya. Anda juga bisa mengikuti panduan cara memesan domain saja, untuk mengetahui tata cara membeli domain.

Dengan pelayanan yang cepat dan handal, Jetorbit akan sangat senang jika bisa membantu Anda dalam mengembangkan bisnis Anda. Tidak hanya itu saja, Jetorbit juga menyediakan produk lain seperti berbagai jenis hosting, cloud vps managed, jasa pembuatan website, hingga toko online yang bisa menyesuaikan kebutuhan Anda. Jadi, tunggu apalagi? Mau bisnis Anda berkembang? Jalin kerjasama dengan Jetorbit sekarang!!!