Cara Mudah Memperpendek Link Google Drive dengan Memanfaatkan Bitly

Google Drive merupakan sebuah layanan yang menyimpan data secara online dan banyak diberikan secara gratis oleh pihak Google kepada para pengguna akun Gmail. Fungsinya adalah untuk berbagi file secara online dengan mudah. Nah, berikut ini ada cara memperpendek link Google Drive menggunakan bitly.

Ketika Anda ingin berbagi file menggunakan Google File maupun Google Drive, maka sudah pasti Anda akan membagikan link yang sudah tersedia, bukan? Nah, pada umumnya, link bawaan ini sangatlah panjang, sehingga tidak mungkin juga jika Anda ketik ulang atau ingat.

Cara memperpendek link google drive dengan bitly
Cara memperpendek link google drive dengan bitly

Sebenarnya Google Drive sudah menyediakan fitur untuk memperpendek link, namun fitur ini tidak bisa mengkostum nama sesuai keiinginan Anda.

Maka dari itulah, hadir yang namanya shorten URL atau sebuah layanan yang mana bisa Anda gunakan untuk memperpendek sebuah link URL dan menamainya sesuai keiinginan Anda. Tujuannya adalah untuk mempermudah Anda dalam menuliskan link dan menyalinnya.

Cara Memperpendek Link Google Drive

Untuk memperpendek link Google Drive, Anda bisa menggunakan bitly. Penggunaan bitly ini dikarenakan bitly merupakan sebuah shorten url yang tersedia secara gratis dan cukup popular saat ini.

  1. Silahkan Anda masuk ke bitly, atau jika memang Anda belum memiliki akun, maka silahkan Anda daftar terlebih dahulu melalui link https://bitly.com/
  2. Jika sudah masuk ke link bitly tersebut, maka silahkan Anda klik create.
  3. Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan aadalah copy terlebih dahulu link Google Drive milik Anda sebelumnya, lalu silahkan paste atau tempelkan pada tempat yang sudah disediakan pada kolom paste long url.
  4. Link pun akan berubah menjadi lebih pendek, yakni bit.ly/ssa34df. Dengan bit.ly ini tentunya Anda juga bisa mengedit link yang akan Anda gunakan nantinya sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya mengganti dengan bit.ly/pendaftaranSMA. Perlu digaris bawahi nama link bebas asalkan memang link tersebut belum terpakai, maka masih bisa Anda gunakan.
  5. Jika sudah, maka silahkan Anda tentukan judul dari link yang Anda buat tersebut.
  6. Setelah itu, maka akan muncul link yang sudah diperpendek sebelumnya.
  7. Anda bisa mengshare link google drive yang sudah diperpendek dengan bit.ly.
Baca Juga :  3 Cara download video pinterest tanpa aplikasi cepat dan praktis

Namun, perlu Anda ingat juga bahwa jika Anda memasukkan link atau menuliskan link kembali, besar maupun kecilnya huruf harus Anda perhatikan dengan benar, karena hal tersebut bisa berpengaruh, dan harus sesuai. Maka, link tersebut pun sudah siap dibagikan untuk siapa saja.

Nah, keunggulan dari bitly ini adalah tidak hanya bisa memperpendek link google grive saja, melainkan juga bisa mengubah link sesuai dengan keinginan Anda. Selain itu Anda bisa memonitor berapa kali link tersebut dibuka atau diakses.

Cara Mengubah Link dengan Bitly

Bagaimana caranya mengubah link bitly yang sudah dibuat? Untuk mengedit link bitly yang sudah dibuat dengan cara berikut:

  1. Buka akun bitly Anda.
  2. Pilih link bitly yang hendak Anda ubah atau edit.
  3. Silahkan Anda klik pada bagian customize back-half.
  4. Setelah itu, silahkan Anda ubah dengan nama yang sesuai dengan keinginan Anda. Perlu diingat kalau penamaan link sudah dipakai tidak bisa digunakan kembali, Anda harus mencari nama lain yang unik dan mudah diingat serta sesuai isi dari link tersebut.
  5. Jika Anda sudah menentukan nama yang sesuai, maka silahkan Anda save atau simpan perubahan tersebut.

Cara merubah link melalui bitly memang terbilang sangat mudah untuk dilakukan. Adanya custom link ini bisa Anda gunakan untuk menyederhanakan link yang panjang sehingga bisa lebih mudah untuk diingat.

Nah, untuk mengubah link yang cukup panjang seperti yang ada pada Google Drive, maka Anda bisa memperpendeknya dengan menggunakan bitly ini. Jadi, yang tadinya panjang link kira-kira bisa sampai 30 huruf bisa Anda perpendek menjadi 5 huruf saja.

Dengan bantuan dari bitly ini tentunya Anda bisa memperpendek link google drive menjadi lebih mudah dan jauh lebih friendly, karena shortlink url ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Selain itu, bitly ini juga tidak banyak memunculkan iklan ketika digunakan.

Baca Juga :  Cek hp kamu sekarang ! Karena daftar HP ini tidak bisa pakai whatsapp per 1 januari 2021

Itulah beberapa langkah atau cara memperpendek link Google Drive yang bisa Anda coba. Semoga penjelasan ini bermanfaat untuk Anda.