2 Cara Mudah Reset HP Oppo untuk Mengembalikan ke Pengaturan Pabrik

Mengatur ulang sebuah handphone ke pengaturan pabriknya biasanya akan dilakukan apabila handphone tersebut mengalami beberapa masalah ataupun hendak menjual HP Oppo. Nah, pada smartphone merek Oppo pun bisa dilakukan hal tersebut. Untuk memperjelasnya, silahkan Anda simak bagaimana cara reset hp Oppo ke pengaturan pabrik berikut ini.

Ketika metode restart dilakukan dengan menekan tombol power untuk beberapa saat, maupun yang dilakukan melalui mode pintasan sudah tidak efektif untuk dilakukan, maka Anda bisa melakukan reset sebagai solusinya.

reset hp Oppo ke setelan pabrik
reset hp Oppo ke setelan pabrik

Cara Reset HP Oppo

Nah, bagi Anda yang belum tahu, ada dua metode dalam melakukan reset handphone Oppo ke pengaturan pabrik. Metode yang pertama adalah dengan melakukan reset melalui menu pengaturan, dan yang kedua melalui mode recovery.

Reset HP Oppo Melalui Pengaturan

Cara pertama Anda bisa melakukan reset melalui menu pengaturan / setting, berikut langkah-langkahnya:

  • Pertama, silahkan Anda kunjungi halaman settings yang ada pada perangkat smartphone Anda tersebut.
  • Masuk ke menu additional settings.
  • Lalu, silahkan Anda buka bagian back up and reset.
  • Lanjutkan dengan klik reset to factory settings, factory data reset, maupun erase all data atau factory reset sesuai dengan apa yang muncul pada layar handphone Anda tersebut.
  • Silahkan lanjutkan dengan memilih opsi reset yang Anda inginkan.

Nah, pada halaman reset to factory settings atau factory data reset ini, maka para penggunanya pun bisa memilih sesuai dengan keinginan opsi erase all content and settings atau erase all data.

Hal ini dilakukan jika memang Anda ingin menghapus semua data yang ada pada handphone Anda tersebut, dan ingin mengembalikan perangkat Anda tersebut ke pengaturan pabrik.

Namun, jika memang Anda hanya perlu menghapus beberapa data saja, misalnya adalah kontak, riwayat panggilan, pengaturan, aplikasi, maupun pesan SMS saja, maka Anda bisa memilih menu yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Baca Juga :  Rekomended 7 Aplikasi Sadap WA Pasangan Tanpa Ketahuan

Dimana pada setiap versi system ColorOSnya akan diberi nama berbeda-beda, meskipun memiliki fungsi yang sama.

Secara umum, jika Anda ingin menghapus pengaturan handphonenya saja, maka Anda bisa menggunakan opsi reset system settings. Sementara opsi erase downloaded apps and app data digunakan untuk menghapus aplikasi dan data yang ada di dalam handphone Anda tersebut.

Nah, jika Anda ingin menghapus kontak beserta riwayat panggilannya, maka Anda bisa menggunakan opsi erase the contacts and call history on this phone. Terakhir, jika Anda ingin menghapus data pada pesan, maka Anda bisa memilih opsi erase the SMS and MMS messages on this phone.

Agar fitur reset pada handphone Oppo Anda tidak disalahgunakan, maka fitur keamanan pun akan diaktifkan. Caranya adalah dengan memasukkan PIN atau passcode yang sudah diatur sebelumnya.

Sementara itu, ketika Anda tidak bisa masuk ke pengaturan, maka Anda bisa menggunakan mode recovery.

Reset HP Oppo Melalui Mode Recovery

Cara yang kedua, reset melalui mode recovery, berikut langkah-langkahnya:

  1. Langkah pertama, silahkan Anda matikan perangkat terlebih dahulu.
  2. Jika sudah, maka silahkan tekan tombol power dan volume bawah secara bersamaan selama beberapa detik.
  3. Lepaskan setelah Anda sudah masuk ke dalam mode recovery atau ColorOS recovery.
  4. Silahkan pilih bahasa yang ingin Anda gunakan.
  5. Jangan lupa untuk menggunakan tombol volume. Tombol ini digunakan untuk mengubah pilihan Anda, dan tombol power bisa Anda gunakan untuk mengkonfirmasi jika layar sentuh memang tidak bekerja.
  6. Selanjutnya, pilih wipe data.
  7. Masukkan PIN atau kode verifikasi jika memang diperlukan.
  8. Pilihlah opsi format data.
  9. Lakukan konfirmasi dengan menekan tombol format.
  10. Tunggu hingga proses selesai. Terakhir, silahkan Anda pilih ok.
  11. Cobalah untuk mulai muat ulang handphone Anda dengan menggunakan reboot jika memang perangkat tidak melakukannya secara otomatis.
Baca Juga :  2 Cara mudah transfer pulsa indosat ke indosat terbaru di jamin berhasil

Itulah beberapa cara reset HP Oppo yang bisa Anda lakukan untuk mengembalikannya ke pengaturan pabrik. Jika Anda hendak menjual HP Oppo, kanalmu.com menyarankan untuk melakukan reset HP Oppo ke setelan pabrik dengan memilih erase all data, hal ini bertujuan untuk menghindari penyalahgunaan data Anda. Namun, sebelum itu Anda harus membackup datanya terlebih dahulu.