2 Cara Mudah Reset HP Vivo Bagi Pemula

Mengatur ulang perangkat ke kondisi pabrik atau meresetnya merupakan salah satu solusi yang baik untuk menyelesaikan berbagai macam permasalahan yang cukup mengganggu pada sebuah ponsel. Nah, bagi Anda pegguna Vivo, berikut ini ada cara reset HP Vivo ke pengaturan pabrik agar performanya lebih enteng.

Sejumlah permasalahan yang terjadi pada smartphone, terlebih yang diakibatkan oleh kesalahan system bisa dengan mudah diselesaikan dengan cara mereset handphone tersebut. Metode ini sangat banyak digunakan karena bisa digunakan untuk membersihkan semua data dan pengaturan pribadinya jika diperlukan.

Cara reset HP Vivo
Cara reset HP Vivo

Mengatur ulang perangkat pun sangat mudah dilakukan, bahkan di berbagai tipe dan merek handphone yang digunakan. Anda juga bisa melakukannya pada hampir semua produk merek Vivo.

Cara Reset HP Vivo

Ketika Anda mulai mengalami masalah, seperti handphone Anda tiba-tiba hang, maka Anda bisa memanfaatkan fitur reset ini untuk mengatasinya. Berikut ini ada dua cara reset handphone Vivo yang bisa Anda coba.

  1. Cara reset melalui pengaturan atau setting
  2. Cara reset melalui recovery

Sebagai catatan penting, Anda harus membackup data-data yang penting terlebih dahulu sebelum melakukan reset HP Vivo. Karena dalam proses reset ini semua data yang ada di dalam HP akan terhapus.

Cara Reset Melalui Pengaturan

Cara yang pertama dan paling aman adalah reset melalui pengaturan atau setting hp , langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan Anda buka halaman pengaturan / settings.
  2. Setelah itu, masuk ke bagian more settings.
  3. Pilih menu backup and reset.
  4. Klik opsi erase all data.
  5. Selanjutnya, silahkan Anda centang opsi format phone storage jika memang diperlukan.
  6. Terakhir, silahkan Anda tekan tombol clear now atau reset phone.

Dengan cara reset hp vivo melalui pengaturan / setting tersebut, maka semua data yang ada pada penyimpanan perangkat Anda akan secara otomatis terhapus tanpa perlu menghapusnya satu per satu.

Baca Juga :  999+ Nama ff keren unik, pendek, cantik, no pasaran 2022

Jika Anda mengaktifkan opsi format phone storage, maka seluruh berkas media dan dokumen Anda juga akan terhapus dalam proses reset tersebut. Sayangnya, metode ini bisa membuat handphone dalam kondisi tertentu bisa mengalami permasalahan, bahkan tidak bisa masuk ke pengaturan perangkat.

Nah, jika memang hal ini sampai terjadi, maka proses reset bisa Anda lakukan melalui metode recovery.

Cara Reset Melalui Recovery

Cara reset HP Vivo yang kedua adalah memalui recovery, caranya sebagai berikut:

  1. Pertama, silahkan Anda matikan perangkat atau smartphone Vivo Anda tersebut. Paksa saja dengan cara menekan tombol power lebih lama jika memang ponsel dalam keadaan hang.
  2. Setelah ponsel Anda benar-benar mati, maka silahkan Anda tekan tombol power dan volume arah atas secara bersamaan. Lakukan hal ini sampai muncul logo Vivo pada layar ponsel Anda.
  3. Nah, pada beberapa versi perangkat Vivo, Anda bisa memilih opsi recovery mode terlebih dahulu jika memang tidak bisa masuk secara langsung.
  4. Selanjutnya, silahkan Anda pilih menu wipe data atau factory reset.
  5. Dari berbagai macam opsi penghapusan data yang sudah muncul di layar ponsel Anda tersebut, maka silahkan Anda pilih saja metode wipe data.
  6. Setelah itu, lakukan konfirmasi dengan memilih opsi wipe data.
  7. Jika memang dibutuhkan, maka Anda bisa memasukkan PIN atau pola keamanan perangkat yang sebelumnya sudah berlaku di smartphone Anda tersebut.
  8. Terakhir, pilih menu reboot system now.

Perlu Anda ketahui juga, bahwa mode recovery yang ada pada sejumlah perangkat Vivo ini mungkin memang tidak sepenuhnya bisa mendukung fitur sentuhan. Maka, jika memang hal tersebut terjadi, Anda bisa menggunakan tombol volume untuk menavigasikan arah ke atas atau ke bawah.

Baca Juga :  Ini Dia 2 Cara Reset HP Xiaomi dengan Mudah

Sementara untuk tombol powernya sendiri bisa Anda gunakan untuk mengkonfirmasi pilihan Anda. Namun, sebelum Anda melakukan proses reset hp ini, sebaiknya Anda membuat cadangan terlebih dahulu agar data-data penting Anda tidak hilang ketika proses reset dilakukan.

Dalam hal ini, Anda bisa memanfaatkan aplikasi Google Drive atau VivoCloud. Dan inilah dua cara reset HP Vivo yang bisa Anda coba.

Pastikan sebelum Anda menjual hp Vivo untuk melalukan reset ke setelan pabrik, hal ini lebih mudah dan aman daripada Anda menghapus satu persatu data yang ada di HP, yang pasti Anda telah membackupnya terlebih dahulu. Semoga penjelasan cara reset hp vivo bermanfaat untuk Anda.