Perbedaan Doc dan Docx MS Word lengkap cara menubah format filenya

Perbedaan Dox dan Docx perlu sobat kanalmu ketahui sebelum memutuskan untuk menyimpan dokumen word pada aplikasi Microsoft Office. Ini penting dilakukan untuk mempermudah penggunaan dokumen dimasa mendatang.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya doc maupun docx merupakan salah satu format atau ekstensi berkas dari penyimpanan file microsoft word yang mana sebagai salah satu aplikasi komputer pengolah kata.

Dimana secara pengguaan aplikasi ms words merupakan salah satu yang paling populer digunakan oleh masyarakat untuk olah berbagai dokumen seperti makalah, jurnal, undangan doc maupun lainnya.

Format DOC dan DOCX

perbedaan doc dan docx - kanalmu
perbedaan doc dan docx – kanalmu

Sebelum mengetahui perbedaan dari format doc dan docx, team kanalmu akan berbagi sedikit sejarah dari kedua format tersebut, dengan demikian bisa menambah sedikit wawasan untuk kita semua.

Sejarah format doc ( Word Document )

Adapun untuk format doc ini sendiri sudah digunakan oleh microsoft office sejak awal dirilis mulai nama dari MS dos. Yang mana pada awalnya format ini hanya supoort untuk aplikasi microsoft office saja.

Dan untuk tahun 1990 an sampai 2000 an format doc ini sudah bisa dipakai untuk aplikasi pengolah kata lainnya, namun demikian tidak semua dapat mendukung format jenis ini.

Pada tahun 2008 MS office melakukan rilis ulang yang mana format DOC dapat dipakai pada beberapa program lain, namun demikian masih memiliki beberapa keterbatasan secara fungsional.

Sejarah DOCX ( Word Document Open XML )

Pada tahun 2000 an aplikasi microsoft office ini mengalami persaingan ketat dengan open office yang mana aplikasinya dapat digunakan secara gratis yang mana formatnya lebih kita kenal dengan sebutan ODF ( Open Document Format ).

Baca Juga :  Penyedia Layanan Untuk Pembuatan Blog Gratis

Dimana untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kemudian microsoft office melakukan pengembangan sehinggal lahirnya format DOCX untuk word dan juga format lainnya seperti PPTX untuk powerpoint, XLSX untuk excel.

Dengan adanya format DOCX ini akan menjadikan dokumen memiliki ukuran lebih kecil, memiliki pengembangan xml serta meminimalisir kerusakan file ketika dilakukan kompresi.

Perbedaan Doc dan Docx

Dan untuk mempermudah sobat kanalmu dalam mengetahui perbedaan dari format DOC dan juga DOCX dari aplikasi microsoft office berikut ini adalah penjelasan dari team kanalmu.

DOCDOCX
Untuk ms office versi 2003 Digunakan pada microsoft office 2007 keatas
File doc bisa dibuka pada office versi 2007 keatasFile docx tidak dapat dibuka pada ms office 2003 kebawah
DOC berformat binnerDOCX berformat XML
DOC standar milikDOCX Standar terbuka, yang memudahkan dalam editing di perangkat berbeda
DOC tidak suport fitur terbaru dari mss officeDOCX suport dengan fitur terbaru ms office

Format terbaik DOC vs DOCX

Dari kedua format microsoft word ini mana yang lebih baik, apakah doc atau docx ? Untuk menjawab hal tersebut team kanalmu memiliki rekomendasi, untuk lebih menggunakan docx untuk bisa mendapatkan beberapa dukungan dan fitur terbaru.

Namun demikian jika sobat kanalmu pada tempat kerja atau laptop masih ada yang menggunakan aplikasi office 2003 kebawah kami sarankan untuk memakai format DOC. Karena format ini masih bisa dipakai ketika kamu menggunakan aplikasi di versi terbaru dari office meskipun ada beberapa keterbatasan.

Cara membuat dan mengubah format doc ke docx

Adapun untuk sobat kanalmu yang saat ini memiliki atau sedang membuat dokumen word baru pada aplikasi ms office kamu bisa langsung menyimpan kedalam format docx atau mengubah format doc ke docx.

Baca Juga :  Google Analytics Sebagai Tools Analisa Pemasaran Online

Dan untuk tatacara melakukannya adalah sebagai berikut ini, harap sobat kanalmu ikuti langkah-langkahnya dengan baik dan benar.

  1. Buka file dokumen word yang memiliki format doc
  2. Kemudian pilih menu FIle – > SAVE AS
  3. Kemudian dalam kolom Save As Type pilih word document DOCX
  4. Selanjutnya Save
  5. Dan untuk file dokumen doc sobat kanalmu secara otomatis berubah menjadi DOCX.

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan perbedaan doc dan docx, untuk memastikan pemilihan format yang tepat dari dokumen kamu akan simpan.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan melalui saluran ini bisa memberikan manfaat dan juga cukup referensi.