Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah 7 Tanaman ampuh pengusir nyamuk yang perlu kamu ketahui

Sobat kanalmu perlu memperhatikan bahwasanya ketika musim hujan mulai datang, akan banyak nyamuk. Adapun hal ini disebabkan karena pada waktu ini nyamuk mampu berkembang biang dengan cepat serta pesat dan tidak bisa kita hindarkan.

Karena nyamuk ini adalah salah satu hewan yang bisa akibatkan penyakit seperti DBD atau deman berdarah, malaria dll, untuk itu perlu kita menghindarinya agar selalu dalam kondisi badan yang sehat. Dan untuk melakukan pengusiran nyamuk ini bisa dilakukan dengan banyak macam cara seperti menggunakan obat anti nyamuk.

Namun demikian penggunaan obat nyamuk bakar, lotion apapun itu jenisnya tentu memiliki efek samping lainnya bagi kesehatan, karena terbuat dari bahan kimia. Dan tidak semua orang dalam rumah bisa menerima obat nyamuk, bisa jadi ada yang alergi.

Untuk itu sobat kanalmu harus mencari cara lain untuk mengatasi permasalahan ini, dengan memanfaatkan tanaman hias untuk mengusir nyamuk adalah pilihan yang tepat bisa kamu lakukan. Selain efek samping minim, kamu bisa temukan dengan mudah di sekitar rumah.

7 Tanaman ampuh untuk mengusir nyamuk

tanaman pengusir nyamuk ampuh - kanalmu
tanaman pengusir nyamuk ampuh - kanalmu

Salah satu alasan kenapa nyamuk tidak menyukai dari beberapa jenis tananam ini, dikarenakan memiliki bau menyengat, namun demikian bukan berarti memiliki aroma yang busuk ya sobat kanalmu. 

Dan untuk cara penggunaan dari tanaman pengusir nyamuk ini sangatlah mudah, karena kamu tinggal mengambil beberapa kemudian, digosokan ataupun diambil bagian sari-sarinya.

Adapun berikut ini adalah beberapa jenis tanaman pengusir nyamuk yang alami tidak menyebabkan efek samping pada kesehatan yang sebagian bisa kita budidayakan pada pot-pot di pekarangan rumah. 

1. Lavender

Tentunya sobat kanalmu tidak akan asing dengan nama tanaman satu ini, karena banyak jenis produk yang memanfaatkan tanaman lavender sebagai salah satu bahan baku dasarnya.

Menariknya tanaman ini bisa digunakan secara langsung untuk mengusir nyamuk loh sobat kanalmu. Dimana tanaman dari pengusir nyamuk ini memiliki aroma wangi dan juga segar.

Didalam kandungan tanaman lavender terdapat jenis zat linalool dan juga zat lynalyl yang mana kedua jenis ini tidak disukai oleh nyamuk.

Tentunya tanaman ini jenis tanaman yang bisa dibudidayakan dipekarangan rumah dengan cara menaruhnya pada pot-pot.

2. Serai wangi

Adapun untuk jenis tanaman kedua yang bisa menjadi salah satu cara mengusir nyamuk adalah serai wangi. Untuk tanaman yang memiliki nama latin cymbopogon nardus ini ekstrak minyaknya sangat efektif menangkal nyamuk

Dan untuk mendapatkan minyak dari serai ini bisa dilakukan penyulingan, namun demikian kamu bisa memanfaatkan sebagai salah satu tanaman hias yang memperkecil nyamuk bisa masuk rumah.
Sedangkan penggunaan minyak serai bisa dengan cara mengoleskan pada bagian badan, dan dari beberapa orang yang menyimpulkan minyak serai ini mampu mengatasi nyamuk selama kurang lebih dua jam.

Jadi sobat kanalmu harus mengoleskan kembali, apabila mendapati waktu sudah sekitar 2 jam dari penggunaan sebelumnya.

3. Pennyroyal

Ingin rumah kamu bersih dari banyaknya serangga dan juga nyamuk akan masuk dalam rumah, kamu bisa memanfaatkan khasiat dari tanaman pennyroyal. 

Adapun cara memanfaatkannya cukup gampang, sobat kanalmu tinggal menanam jenis ini di pekarangan rumah. Dengan demikian nyamuk ataupun beberapa jenis serangga enggan untuk masuk kedalam rumah kamu.

Tidak hanya itu saja, karena tanaman ini juga akan mempercantik pekaranganmu juga loh, maka dari selain digunakan untuk cara mengusir nyamuk, juga dijadikan sebagai hiasan rumah yang murah.

4. Bunga geranium

Untuk sobat kanalmu yang mencari obat nyamuk alami bisa memanfaatkan bunga geranium, dikarenakan pada jenis bunga ini memiliki kandungan geraniol dan juga zat sitronelal yang mana ampuh digunakan untuk mengusir nyamuk.

Selain bisa dimanfaatkan sebagai obat nyamuk, kamu juga bisa gunakan tanaman ini sebagai tanaman untuk mempercantik rumah, karena bungganya menarik dan sedap untuk dipandang. Cara menanamnya bisa diletakan pada pot yang di tanah maupun digantung.

5. Bunga krisan 

Sedangkan sobat kanalmu yang mencari jenis tananam lain yang bisa digunakan sebagai pengusir nyamuk, kamu bisa gunakan bunga krisan yang memiki warna bunga putih dan juga merah. 

Yang menariknya dari tanaman ini adalah wangi yang sangat disukai oleh manusia ini justru menyebabkan nyamuk pergi karena tidak menyukainya. 

Tidak hanya sebagai salah satu untuk cara mengusir nyamuk, karena bunga krisan yang kering bisa menjadi minuman teh herbal menyehatkan.

6. Bunga rosemary

Apabila sobat kanalmu sedang mencari tanaman hias untuk mempercantik rumah sekaligus bisa mengusir nyamuk, kami memiliki rekomendasi lain yaitu bunga rosemary.

Warna bunga yang ungu ini tentukan akan memanjakan mata kamu, dan menjadi nilai lebihnya adalah rumah akan dijauhi nyamuk karena tidak suka dengan aroma baunya.

Adapun jenis tanaman ini sangat mudah perawatannya, dan untuk kamu yang akan membelinya bisa mendapatkan dengan harga murah.

7. Pappermint

Dan jika sobat kanalmu memiliki tempat tinggal pada dataran tinggi, ada jenis tanaman lain yang bisa mengisi pekarangan rumah kamu sekaligus bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, yaitu tanaman peppermint.

Aroma yang dimiliki dari tanaman ini tidak disukai nyamuk dan menjadikan salah satu tanaman pengusir nyamuk paling efektif.

Bagaimana cara mengaplikasikannya ? Caranya cukup mudah, sobat kanalmu menambil beberapa daun dari tanaman ini kemudian di tumbuk dan dijadikan sebagi baluran kulit, dan dijamin nyamuk pergi dan rasa sakit gigitannya langsung hilang.

Kesimpulan

Dari penjelasan oleh team kanalmu diatas terkait dengan tanaman pengusir nyamuk yang ampuh, bisa diambil kesimpulan.

Bahwasanya harga murah dari beberapa tanaman hias selain bisa menjadikan rumah semakin cantic juga memiliki manfaat lain dan salah satunya adalah untuk mengusir nyamuk.

Mudah-mudahan dengan ulasan terkait dengan tanaman pengusir nyamuk yang bisa di tanam kamu sendiri dalam pekarangan rumah, menjadikan tambahan wawasan serta dapat memanfaatkan lahan yang ada di pekarangan rumah.

Post a Comment for "Inilah 7 Tanaman ampuh pengusir nyamuk yang perlu kamu ketahui"