Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara ampuh mengusir tikus yang merajalela di plafon dapur, kamar rumah

Sobat kanalmu sudah pasti beberapa kali mendapati si hewan kecil menjengkelkan ini, yaitu tikus. Dimana binatang pengerat kecil ini mencari makan dan juga tempat tinggal di beberapa bagian rumah seperti diatasn palafon dapur, kamar, tempat sampah, gudang, dan juga sebagian bermukin pada selokan sekitar pekarangan rumah kita.

Karena keberadaannya ini, tidak sedikit manusia yang terganggu, karena ada jenis tikus yang memiliki ulah, seperti mencacah pakaian dalam lemari, karung yang berisi padi atau gambah dan juga memberantakan beberapa perabotan yang ada dalam rumah.

Untuk itu tidak sedikit orang yang mencoba untuk mencari cara bagaimana agar tikus bisa terusir dengan cepat dan tidak akan kembali lagi, berada di sekitar lingkungan rumah. Bagi sobat kanalmu yang masih bingung bagaimana cara mengatasinya, kami memiliki beberapa tips dan juga triks yang jika dilakukan dengan benar mampu mengusir tikus dengan ampuh, dan menjadikannya tidak akan kembali lagi.


Cara megusir tikus yang merajalela

cara mengusir tikus yang merajalela - kanalmu
cara mengusir tikus yang merajalela - kanalmu

Seperti yang sudah kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya pada ulasan kali ini team kanalmu akan berbagai informasi mengenai, cara mudah dan gampang untuk mengusir tikus yang mana terkenal pada film kartun tom and jerry ini. 

Dan berikut ini adalah beberapa cara yang bisa sobat lakukan, pastikan dengan cara yang tepat agar kamu tidak bekerja dua kali dalam pengusiran tikus.

1. Memelihara kucing

Banyak yang sepakat bahwasanya tikus ini memiliki musuh besar yaitu kucing, dengan kamu memelihara hewan lucu ini didalam rumah selain karena kamu menyukainya, kucing bisa membantu mengusir hewan tikus yang berada didalam rumah.

Dengan menggunakan cara ini tentu bisa usir tikus dengan alami tanpa harus memerlukan perangkap khusus, karena memang dalam rantai makanan yang kita pernah pelajari tikus merupakan salah satu mangsa dari kucing itu sendiri.

Namun demikian kamu perlu memastikan, bahwasanya didalam rumah kamu tidak ada yang alergi dengan kucing.

2. Menggunakan minyak esensial

Dari kita pastinya sudah mengetahui manfaat dari minyak esensial ini, yang mana salah satunya adalah untuk pewangi dan juga penyegar ruangan. 

Namun perlu juga sobat kanalmu ketahui bahwasanya minyak peppertmint ini mampu mengusir tikus karena baunya yang cukuo menyengat.

Agar aroma dari minyak ini menyebar ke seluruh ruangan, pastikan sobat kanalmu menggunakan alat diffuser, dengan demikian udara akan mampu membantu menyebarkan aromanya.

Apabila belum memiliki alat tersebut sobat kanalmu bisa memanfaatkan bola kapas ataupun kain kemudian dicelupkan ke dalam minyak esensial mint dan juga cengkeh. Dan kemudian hasil celupan tersebut letkan di jalur tikus biasa lewat.

3. Menggunakan perangkap tikus


Adapun cara yang sangat populer untuk mengusir tikus adalah dengan cara menggunakan perangkap. Sobat kanalmu gunakan perangkap kemudian letakan di beberapa sudut-sudut rumah yang mana menjadi jalan tikus.

Untuk memaksimalkan penangkapan tikus, harap sobat kanalmu selalu mengeceknya di kisaran waktu malam dan juga pagi, karena biasanya waktu ini tikus akan mencari makanan.

Dan agar cara ini benar ampuh untuk dilakukan, pastikan juga sobat kanalmu untuk memanfaatkan makanan lezat yang disukai oleh tikus, seerti keju, telur dll.

Apabila kamu sudah mendapati tikus terperangkap dalam jebakan yang kamu buat, kemudian kamu pastikan untuk mengambil menggunakan sarung tangan dan pakailah masker agar tidak mendapatkan virus yang dibawa oleh tikus.

4. Memakai racun tikus

Dan cara efektif lainnya adalah memanfaatkan aroma racun tikus, dengan menggunakan cara ini dan sobat kanalmu mengetahui sarangnya, bisa menjadikan tikus mati secara banyak.

Adapun cara selain memasang di dekat sarang, kamu bisa memanfaatkan racun tikus ini di sudut rumah yang biasanya menjadi jalanan utama tikus keluar masuk rumah.

Dengan memanfaatkan cara ini memang sangat efektif, akan tetapi memiliki beberapa kelemahan, seperti akibatkan tikus mati diberbagai tempat sekitar rumah yang mana kita tidak bisa mengetahui keberadaannya sebelum bau biasanya.

Apabila sobat kanalmu memiliki hewan peliharaan seperti kucing, sebaiknya untuk menghindari cara mengusir tikus dengan cara ini, karena bisa jadi jebakan makanan yang diberikan kepada tikus akan termakan oleh hewan peliharaanmu.

5. Menggunakan jasa pengusir hama

Jika kamu mendapati tikus ini satu atau dua bisa saja kamu lakukan pengusiran secara pribadi, namun beda halnya apabila kamu mendapati tikus tersebut yang jumlahnya sangat banyak dan berada diberbagai lokasi rumah seperti plafon, Kaman mandi, lemari, gudang, dapur dan berbagai tempat lainnya.

Untuk hal ini ada baiknya kamu memanfaatkan jasa pengusir hama, dengan cara ini kamu bisa mengendalikan secara keseluruhan tempat pemukinan tikus dan tikus bisa dibasmi secara menyeluruh.

Karena biasanya tukang pengusir hama ini memiliki tips dan cara tersendiri untuk atas tikus yang jumlahnya banyak.

Kesimpulan

Dari penjelasan team kanalmu diatasa terkait cara mengusir tikus yang merajalela, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Oleh sebab itu kamu bisa memilih salah satu cara yang kamu anggap paling efektif dan juga paling mudah.

Dan untuk memastikan agar tikus tidak kembali lagi, pastikan kamu selalu membersikah tempat-tempat yang menjadi sarang tikus, dengan demikian tidak akan ada celah kosong untuk hewan jenis ini bisa masuk lagi ke dalam rumah.

Demikian ulasan kanalmu, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa menjadi jawaban atas permasalahan yang selama ini kamu alami.