Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara gampang mengusir nyamuk di rumah dengan kopi, serai, jeruk, bawang

Sobat kanalmu, pastinya akan cukup terganggu dengan adanya nyamuk yang ada di sekitar, bisa jadi istirahat, kerja maupun aktifitas menjadi terganggu dengan adanya suaranya. Selain itu gigitan dari nyamuk sendiri menyebabkan gatal pada bagian kulit, dan bisa pula bekas di kulit kamu dapatkan karena di gigit oleh nyamuk itu sendiri.

Untuk mengusir nyamuk ini sebenarnya banyak cara yang dilakukan, salah satunya adalah dengan menggunakan berbagai produk pengusir nyamuk dari bahan cairan sampai dengan memanfaatkan teknologi listrik. Tidak hanya itu saja, karena merk obat nyamuk bakar dan juga spray tersedia, jadi kamu tinggal pilih salah satu yang menurut kamu bermanfaat.

Selain menggunakan produk yang terbuat dari bahan kimia, kamu juga bisa memanfaatkan tanaman dari bahan tradisional yang memiliki bebauan tidak disukai dengan nyamuk. Dan adapun bahanya apa saja, kami akan ulas melalui laman kanalmu ini.


Cara mengusir nyamuk dengan bahan alami di sekitar

cara alami mengusir nyamuk - kanalmu
cara alami mengusir nyamuk - kanalmu

Seperti yang team kanalmu sampaikan sebelumnya bahwasanya ada beberapa bahan yang di sekitar kita ampuh untuk usir nyamuk.

Apa saja bahan-bahan tersebut, yang bisa dimanfaatkan untuk usir nyamuk. Dan berikut ini adalah beberapa hal yang perlu sobat kanalmu ketahui.

1. Pakai daun serai

Salah satu bumbu dapur yang membuat makanan sedap satu ini ternyata bisa dimanfaatkan untuk usir nyamuk di sekitar rumah kita. Tentunya memanfaatkan dari daun tanaman serai ini menjadi cara usir nyamuk alami.

Dikarenakan bau dari daun ini cukup menyengat, bisa sebabkan nyamuk menjauh dari jangkaun. Dan untuk cara menggunakannya cukup mudah, sobat kanalmu tinggal ambil beberapa daun serai, kemudian dipotong-potong dan diletakan pada wadah yang terbuka.

Untuk penempatan dari ramuan daun serai ini bisa kamu letakan di berbagai tempat yang kiranya ada nyamuk, seperti kamar, ruang belajar anak, dapur dan juga sudut-sudut rumah. Semakin tajam dari aroma daun serai, nyamuk akan semakin menjauh.

2. Memanfaatkan kulit jeruk

Adapun cara alami mengusir nyamuk selanjutnya adalah dengan memanfaatkan kulit dari jeruk. Dimana kandungan yang ada dalam kulit jeruk tersebut tidak disukai nyamuk, maka dari itu hewan kecil ini bisa pergi dari tempat kamu.

Dengan memanfaatkan kulit jeruk yang aromanya khas bisa menjadikan nyamuk pergi dengan cepat. Dan untuk cara penggunaannya amatlah mudah, sobat kanalmu tinggal ambil kulit jeruk yang kering dan letakkan di area yang sering menjadi nyamuk tempat tinggal.

3. Daun kemangi

Untuk cara mudah mengusir nyamuk dengan bahan yang ada didapur adalah jenis lalapan daun kemangi. Walaupun kamu salah satu orang yang tidak suka dengan daun kemangi yang rasanya cukup getir, namun jangan sampai tidak mengetahui manfaatnya.

Dikarenakan khasiat daun kemangi ini bisa hindarkan kamu dari gigitan nyamuk. Caranyapun cukup mudah, karena kamu tinggal meremas atau peras daun kemangi kemudian oleskan kepada bagian tubuh yang terbuka seperti kaki, tangan dan juga leher.

4. Lemon


Tidak hanya kulit jeruk, bahwasanya lemon juga bisa dimanfaatkan untuk usir nyamuk secara alami. Adapun caranya cukup mudah, sobat kanalmu tinggal peras dan ambil sarinya, dan masukan kedalam botol semprot, jangan lupa untuk ditambah sedikit dengan air.

Apabila sudah jadi kamu tinggal pakai cairan lemon tersebut untuk menyemprot nyamuk yang ada di sekitar ruangan kamu.

5. Larutan gula dengan botol bekas

Adapun cara lain agar istirahat anda bisa nyenyak tanpa ada gangguan nyamuk adalah memanfaatkan lauran gula dengan botol plastic bekas.

Dan untuk cara kamu melakukannya adalah sebagai berikut ini:

  1. Ambil salah satu botol plastik bekas dan potong pada bagian lengkungan, sebagai contoh botol bekas air mineral
  2. Sebagian botol di isi air hangat dengan jumlah kurang lebih 200 ml dan juga gula pasir  kurang lebih 50 gr
  3. Diamkan beberapa saat dan biarkan sampai suhu normal
  4. BIla suhu sudah normal tambahkan 1 gram gula tanpa diaduk
  5. Dan kemudian bagian kepala botol yang di potong du letakan kembali dengan posisi terbalik
  6. Untuk meletakan kamu bisa ambil di sudut ruangan yang biasa nyamuk datang

6. Bawang putih

Cara alami usir nyamuk yang lainnya adalah dengan memanfaatkan bumbu dapur bawang putih. Pastinya nyamuk akan pergi karena bahan ini memiliki bau yang tidak sedap dan cukup menyengat.

Adapun cara penggunaannya bisa kamu langsung makan bawang putih secara mentah, dengan demikian tubuh akan melakukan proses dan hawa tubuhmu akan keluarkan aroma yang bakalan tidak di sukai oleh nyamuk.

Namun tidak semua orang bisa memakan bawang putih secara lansung, untuk itu kamu bisa ambil beberapa siung dan kemudian di rembus. Adapun air rebusan tersebut bisa kamu gunakan untuk semprot area kosong yang menjadi tempat nyamuk lalu-lalang.

7. Lavender

Kamu pastinya sangat sepakat jika bunga lavenderini bentuknya cantik dan sangat mempesona, dengan kamu menanan di sekitar pekarangan rumah ternyata mampu membantu usir nyamuk.

Tidak hanya dalam bentuk tananam hidup, karena beberapa jenis produk seperti lotion, lilin yang ada kandungan lavender juga bisa bantu kamu terhindar dari gigitan nyamuk yang gatal.

8. Larutkan vitamin B2 dan Vit C

Apabila kamu tidak bisa memakai lotion buatan pabrik karena terdapat beberapa bahan kimia tertentu, sobat kanalmu bisa membuat lotion pengusir nyamuk sendiri.

Caranya cukup gampang, kamu bisa memanfaatkan tananam atau bahan-bahan alami yang memiliki kandungan vitamin c dan juga b2.

Sebagai contoh adalah buah buah apel dan juga jeruk. Dengan campurkan kedua bahan alami kemudian di proses jadi lotion alami pengusir nyamuk.

Kesimpulan

Dari penjelasan team kanalmu diatas bisa dambil kesimpulan bahwasanya cukup banyak cara mengusir nyamuk dengan memanfaatkan bahan- bahan alami yang ada di sekitar kita.

Selain beberapa contoh bahan diatas sebenarnya sobat kanalmu bisa memanfaatkan bahan lain seperti kopi, kapur barus yang memiliki aroma khas untuk membuat nyamuk pergi dari ruangan kamu beraktifitas.

Demikian ulasan kanalmi terkait dengan tips alami ini, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu anda yang sedang memiliki permasalahan terkait dengan nyamuk. 

Post a Comment for "Cara gampang mengusir nyamuk di rumah dengan kopi, serai, jeruk, bawang"