Pengertian, Fungsi PDF dan cara gampang convert dari ms words secara online

kanalmu

Kanalmu.com –  Sobat sudah sering membuka file dengan format pdf, entah itu ebook , pengumuman dari instansi atau juga kamu pernah diminta mengirimkan format cv (curriculum vitai), ketika memasukan lamaran kerja. Memang file dengan format pdf ini sangat banyak digunakan berbagai instansi salah satunya untuk pengarsipan dokumen yang cukup mudah.

Namun apakah sobat kanalmu sudah mengenal lebih jauh dari jenis format pdf ini, jika belum maka pada kesempatan kali ini akan kami coba informasikan mengenai pengertian, fungsi dan juga cara gampang konverter dari ms word menjadi pfd.

Apakah pengertian PDF?

cara mudah convert word to pdf
Diawal mari bersama-sama kita ketahui apa itu pengertiand dari pdf itu sendiri. Pdf ( portable document format ) adalah salah satu jenis format dokumen atau berkas fila yang mana digunakan untuk keperluan pertukaran informasi digital.
Memang pada awalnya dimanfaatkan untuk pengamanan pertukaran dokumen digital, namun untuk saat ini format pdf ini mempunyai fungsi yang bisa digunakan untuk memudahkan presentasi, pasalnya dokumen ini sudah dalam berbentuk dua dimensi yang mana terdiri dari citra grafik vector, teks, huruf, dan juga gambar.
Karena kemudahan fitur dari pdf ini, makanya banyak administrasi perkatoran menggunakan format ini, salah satu contohnya adalah pengumpulan CV atau daftar riwayat hidup pelamar kerjaan. Tidak cukup itu saat pengiriman ke server cpns biasanya membutuhkan format pdf ini untuk pemberkasan yang mana kadang diminta dengan ukuran yang cukup kecil, dan lebih enaknya dari pdf ini ukurannya bisa dilakukan kompresi sehingga bisa menjadi sangat kecil.

Aplikasi pdf untuk komputer dan android

Untuk dapat menggunakan dokumen format pdf sobat kanalmu memerlukan aplikasi pembukanya, banyak sekali aplikasinya baik untuk komputers dekstop seperti adobe reader, foxit reader, sumatra pdf, dan untuk aplikasi android seperti wps office, adobe reader, dll.

Apakah fungsi dari pdf secara umum?

Seperti yang kanalmu sampaikan sebelumnya bahwasanya, domuken dengan format pdf ini untuk memudahkan dalam pertukaran dokumen digital yang mana dihasilkan dari konverter gambar, teks dan dimana untuk membukanya membutuhkan program khusus baik dalam komputer maupun smartphone android.
Yang menjadikan pdf ini lebih mengamankan dalam pertukaran dokumen digital adalah bisanya melakukan kunci pada dokumen yang akan dikirim, sehingga jika isi dokumennya adalah rahasia bisa meminimalisir kebocoran informasi yang terdapat dalam dokumen.
Tidak cukup itu, ukuran file dokumen dengan format pdf ini biasanya size nya kecil, namun jika sobat akan apply pada sistem web atau email ukuranya kuran kecil bisa melakukan kompresi dan ukurannya bisa disesuaikan sehingga dapat diunggah melalui email atau sistem informasi yang anda gunakan seperti perekrutan cpns.

Berikut adalah kelebihan dokumen format pdf 

Dibandingkan dengan format dokumen lainnya pdf (portable document format ) memiliki kelibahan yang tidak didapatkan pada format yang lain, adapun kelebihannya adalah sebagai berikut ini.

1. Memiliki fitur kunci

Seperti yang kanalmu sampaikan sebelumnya bahwasanya dokumen pdf ini bisa dilakukan pengucian dokumennya, sehingga hanya orang-orang terkait yang bisa membuka filenya.

2. Fleksibel digunak

Dokumen pdf sangat mudah untuk digunakan karena bisa dibuka pada komputer dan juga smartphone dengan aplikasi pembuka pdf.
Selain itu, dokumen tidak akan berubah isinya dengan mudah jika tidak dilakukan editor melalui program serupa.

3. Bisa menyimpan gambar

Ini menariknya jika sobat bikers ada foto atau dokumen berbentuk gambar lainnya semisal dari scanner bisa menyimpannya langsung dengan format pdf.

4. Pdf dapat diedit

Selama kamu mempunyai aplikasi pdf, kamu bisa melakukan perubahan isinya dengan mudah, karena banyak cara yang dilakukan semisal dengan cara converter dari pdf ke word dan kemudian dikonvert ulang ke pdf, bisa menggunakan aplikasi offline maupun online.

5. Kompatibel dengan berbagai sistem operasi komputer

Jangan kwatir bagi kamu pengguna sistem operasi selain windows, karena sudah banyak yang mengembagkan aplikasi pembuka dokumen pdf pada sistem operasi linux, dan juga mac.

6. Kompatibel dengan berbagai smartphone

Dan apabila kamu dalam perjalanan, kamupun masih bisa membuka dokumen ini secara mobile, baik itu android maupun ios. Dengan cara menggunakan aplikasi yang bisa kamu download melalui playstore maupun appstore.

Cara gampang konverter cv (curriculum vitae) dari word ke pdf secara online

Sebagai contoh pada ulasan kali ini, maka kanalmu akan memberikan cara gampang mengubah CV (curriculum vitae) dari dokumen ms words menjadi dokumen dengan format pdf, untuk dikirimkan ke email hrd perusahaan yang kamu tuju.
Adapun untuk caranya pada kesempatan kali ini kanalmu akan menggunakan bantuan website konverter word to pdf online smallpdf.com, untuk cara gampangnya adalah dibawah ini.

1. Masuk ke google dan ketikan keyword convert word to pdf

Akan muncul tampilan seperti dibawah ini, silahkan klik dan kamu akan dibawa ke halaman konverter pdfnya.
cara gampang konvert word pdf

2. Atau langsun menuju website online nya : https://smallpdf.com/id/word-ke-pdf

Sobat akan dibawa ke laman konverter word ke pdfnya, seperti pada laman layar berikuti ini. Kemudian sobat kanalmu tekan menu PILIH FILE.
cara gampang konvert word pdf

3. Cari Tempat file word tersimpan 

Jika kamu sudah pilih menu PILIH FILE maka selanjutnya sobat kanalmu mencari lokasi cv atau file dokumen words yang akan di konvert, jika sudah ketemu kemudian pilih menu OPEN / BUKA seperti contoh dibawah ini. 
cara gampang konvert word pdf

4. Tunggu proses dan kemudian pilih menu download

Jika sudah dilakukan open, secara otomatis file dokumen word kamu akan di konversi kedalam bentuk pdf, kamu tinggal tunggu beberapa waktu kemudian file pdf sudah jadi tinggak sobat kanalmu download, seperti instruksi dibawah ini.
cara gampang konvert word pdf
Bagaiman menurut kamu, caranya cukup gampang dan mudah buka merubah format dokumen dari format words menjadi pdf. Jika hasil kamu download file pdfnya masih besar ukurannya, kamu bisa lakukan kompresi dengan aplikasi kompres size online. 
Untuk cara mudahnya kamu bisa membaca pada ulasan kanalmu sebelumnya yang berjudul cara mudah dan gampang mengecilkan ukuran pdf [cara cepat kecilkan size pdf].
Demikian ulasan kami mengenai informasi pengertian, fumgsi pdf serta cara gampan konversi file dokumen word ke pdf secara online, mudah-mudahan informasi ini membantu sobat kanalmu yang dimanapun berada.
Baca Juga :  √ Daftar HP Android Kamera terbaik 2021 yang Harganya Bikin Kamu Auto Miskin

Artikel Terkait :

Tags

Ads - Before Footer