Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek samping sambiloto untuk kesehatan jika diminum jangka panjang

Efek samping sambiloto mungkin jarang diketahui oleh sobat kanalmu, dan lebih banyak mencari informasi daripada manfaatnya dari tanaman herbal ini untuk pengobatan tradisional. Dan banyak yang sudah membuktikan bahwasanya berbagai penyakit dapat disembuhkan dengan kandungan sambiloto, diantaranya adalah keluhan kesehatan hepatitis, flu, deman dan masih banyak lagi.

Akan tetapi dibalik khasiat dan juga manfaat dari tanaman sambiloto ini, beberapa peneliti menyampaikan bahwasanya jenis tumbuhan ini memiliki efek samping negatif bagi kesehatan tubuh manusia. Oleh sebab itu sobat kanalmu wajib hati-hati sebelum memutuskan untuk konsumsi sabiloto, dengan cara mengetahui beberapa dampak buruk yang kemungkinan terjadi.

Melalui laman kanalmu ini kami akan sampaikan beberapa efek samping yang disebabkan oleh konsumsi dari daun sambiloto ini. Dengan demikian sobat kanalmu mendapatkan tambahan wawasan dari tanaman ini dibalik manfaat dari tanaman herbal alam ini.


Efek samping sambiloto yang wajib kamu ketahui

efek samping sambiloto
efek samping sambiloto

Untuk sobat kanalmu yang ada rencana untuk konsumsi sambiloto sebagai obat penyembuh haruslah sangat berhati-hati. Karena sudah ada penelitian yang menjelaskan, bahwasanya daun dari tanaman yang memiliki bahasa latin genus andrographis memiliki efek samping negatif. Terlebih bagi mereka yang konsumsinya melebihi takaran yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, secara langsung kandungan senyawa akan memberikan reaksi pada tubuh.

Adapun berikut ini adalah beberapa efek samping yang perlu sobat kanalmu ketahui sebelum untuk putuskan gunakan tanaman herbal sambiloto untuk pengobatan.

1. Dampak berbahaya jika dikonsumsi penderita autonium

Ada salah satu jenis penyakit yang diakibatkan dari matinya sel-sel sehat yang diserang oleh sistem kekebalan tubuh yaitu Autonium. Dan perlu diketahui bahwasanya untuk mereka yang konsumsi sambiloto daya tahan tubuhnya akan semakin meningkat. Maka dari itu untuk mereka yang memiliki keluhan penyakit ini tidak disarankan untuk konsumsi sabiloto, terlebih jika konsumsinya melebihi takaran yang dibutuhkan.

2. Memperlambat pembekuan darah

Beberapa penelitian menyebutkan bahwasanya untuk konsumsi daun sambiloto berlebihan bisa menyebabkan perlambat pembekuan darah. Oleh sebab itu untuk sobat kanalmu yang mengalami luka dan terjadi pendarahan tidak diperbolehkan mengkonsumsi sambiloto karena akan memperparah keadaan atau kondisi luka, dikarenakan pembekuan darah melambat disebabkan oleh kandungan senyawa tanaman sambiloto.

3. Hambat kesuburan


Ada beberapa peneliti mencoba melakukan ujicoba terkait dengan khasiat dari sambiloto ini dengan melibatkan beberapa hewan, namun kandungan senyawa yang ada dalam sambiloto menghambat kesuburan. Walaupun belum ada hasil pasti jika diaplikasikan pada manusia, namun sebagai seorang wanita sebaiknya untuk berhati-hati konsumsi sambiloto dalam bentuk apapun, untuk menghindari gangguan kesuburannya.

4. Berisiko pada keguguran

Efek samping lain dari daun sambiloto selain menganggu kesuburan juga tidak boleh dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Karena kandungan zat yang ada dalam daun sambiloto memiliki efek samping pada pertumbuhan janin dan risiko yang lebih parah adalah keguguran. Tidak hanya pada saat hamil saja, namun ketika dalam masa menyusui buah hati sebaiknya untuk menjahui dari konsumsi daun sambiloto dalam bentuk apapun olahannya.

5. Perburuk tekanan darah

Yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah rendah atau hipotensi juga tidak diperkenankan konsumsi sambiloto baik secara langsung maupun sudah diolah menjadi obat herbal. Karena efek sampingnya bisa memperburuk keadaan mereka yang memiliki riwayat penyakit tekanan darah rendah. Dikarenakan kandungan dari sambiloto bisa digunakan untuk menurunkan tekanan darah. Namun untuk mereka yang memiliki penyakit darah tinggi atau hipertensi sangat efektif menggunakan sambiloto.

6. Dapat mengurangi nafsu makan

Jenis efek samping lain dari konsumsi dari sambiloto adalah bisa mengurangi nafsu makan, hal ini disebabkan oleh rasa pahit dan juga kandungan senyawa yang ada didalamnya. Dan jika konsumsi berlebihan dan nafsu makan drop bisa menyebabkan komplikasi lain pada kesehatan tubuh.

7. Menjadikan cepat lelah

Untuk mereka yang konsumsi daun sambiloto sebagai salah satu obat herbal bisa menyebabkan mengalami kelelahan, terlebih jika konsumsinya melebih takaran yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini disebabkan oleh kandungan pada daun sambiloto yang memiliki fungsi sebagai penurun tekanan darah. Karena yang tekanan darahnya menurun secara drastis akan menyebabkan kelelahan karena tenaga terkuras.

8. Mulut menjadi pahit

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya daun sambiloto ini rasanya sangat pahit, meskipun diolah dalam bentuk apapun akan meninggalkan rasa pahit pada lidah dalam mulut. Terlebih jika konsumsi berlebihan bisa menyebabkan sulit untuk hilangkan rasa pahit yang ada dalam mulut.

Kesimpulan

Pada dasarnya daun sambiloto ini memiliki khasiat dan manfaat sebagai obat tradisional dan untuk menyembuhkan beberapa keluhan kesehatan. Namun juga terdapat beberapa jenis keluhan penyakit yang menjadi lebih kritis karena konsumsi dari daun sambiloto. Terlebih jika dikonsumsi dengan dosis yang berlebihan. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk menggunakan sambiloto sebaiknya mengetahui kekuranggannya, dengan demikian kamu  bisa menggunakan dengan bijak.

Demikian informasi terkait dengan efek samping sambiloto yang bisa kami sampaikan melalui ulasan team kanalmu, dan mudah-mudahan sedikit informasi ini membantu menambah wawasan sobat kanalmu dimanapun berada.

2 comments for "Efek samping sambiloto untuk kesehatan jika diminum jangka panjang"