Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa Efek Samping Daun Afrika Sebagai Tanaman Obat Herbal ?

Efek samping daun afrika ada baiknya diperhatikan oleh sahabat kanalmu sebelum kamu memutuskan untuk dikonsumsi. Karena dari sebagain masyarakat lebih banyak yang mengetahui manfaat daun afrika ini dibandingkan efek samping yang ditimbulkan dari mengkonsumsinya. Dan asal dari daun ini sama seperti namanya, karena sebelum berkembang dibanyak negara daun ini tubuh dengan subur dudataran afrika.

Karena perjalanan panjang manusia yang hilir mudik antar benua sehingga daun ini bisa ada dan juga hidup dengan baik didaerah tropis, seperti di indonesia ini. Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya daun afrika ini memiliki khasiat dan manfaat yang baik untuk kesehatan, dan banyak jenis keluhan tubuh yang bisa disembuhkan dengan tanaman herbal ini.

Namun demikian, dibalik banyaknya manfaat dari daun afrika juga terdapat beberapa efek samping yang ditimbulkan bagi kesehatan tubuh manusia. Melalui laman kanalmu ini kami akan menguraikan terkait daun afrika dari segi khasiat, kemanfaatan dan efek samping yang ditimbulkan.


Apa khasiat, manfaat daun afrika ?

efek samping daun afrika
efek samping daun afrika

Karena memang dari masyarakat di indonesia masih asing dengan daun afrika, dan tidak sedikit menanyakan tentang kemanfaatan dan khasiatnya. Dan berikut ini adalah beberapa manfaat dan khasiat yang terdapat pada kandungan senyawa daun afrika.

  1. Dapat digunakan untuk turukan dan menetralisir asam urat pada tubuh
  2. Bisa digunakan untuk mencegah dan mengatasi masalah penyakit diabetes
  3. Bisa dikonsumsi untuk menekan peredaran darah dan hal ini bisa melakukan pencegahan dan pengobatan kepada penderita sakit stroke
  4. Dapai dipakai untuk pencegahan pada pengerasan pada bagian organ hati manusia
  5. Dapat meminimalisir kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh

Sepertin yang kami sampaikan diatas bahwasanya kandungan zat dan nutrisi pada daun afrika memiliki khasiat dan manfaat untuk mencegah dan obati beberapa penyakit seperti halnya tanaman herbal alami lainnya. Adapun untuk konsumsi daun ini cukup mudah caranya, yaitu dengan mengambil beberapa lembar kemudian direbus dengan air, kemudian disaring airnya dan diminum secukupnya.


Apakah ada efek samping daun afrika ?

Dibalik banyaknya khasiat dari daun afrika untuk mencegah dan mengobati beberapa penyakit, untuk daun dari tanaman herbal ini juga memiliki efek samping, terlebih untuk cara konsumsi yang salah dan berlebihan. Karena semua jenis metode pengobatan baik itu medis maupun herbal tradisional selalu ada efek samping masing-masing, dan memang untuk jenis obat herbal lebih aman karena efek samping lebih kecil dibandingkan dengan bahan dasar kimia. Dan berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang disebabkan oleh daun afrika sebagai salah satu tanaman obat herbal.

1. Memicu timbulnya gatal-gatal

Untuk respon dari setiap tubuh manusia ketika mendapatkan zat atau senyawa yang baru dan menurutnya asing berbeda-beda. Dan salah satunya ketika sobat kanalmu konsumsi daun afrika ini, tidak semua sistem imun cocok, karena ada sebagian yang sangat sensitive terhadap kandungan senyawa yang masuk, sehingga memberikan efek samping gatal-gatal.

Adapun untuk bentul alergi gatal-gatalnya kurang lebih sama dengan mereka yang alergi dengan makanan laut atau seafood, dan gatal ini bisa berakibat kemerah-merahan meruam. Dan jika adaptasi sistem imun baik dan cepat alergi tersebut akan segera hilang.

2. Bahayakan kandungan dari ibu yang sedang hamil

Didalam kandungan daun afrika bisa memberikan efek buruk pada kesehatan kandungan. Dikarenakan efek samping ini, maka ibu yang sedang mengandung atau hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi daun afrika dalam bentuk apapun. Tidak hanyak ibu yang desang hamil namun juga mereka wanita yang sedang mengalami datang bulan, juga tidak diperkenankan untuk konsumsi. Memang belum ada penelitian yang pasti tentang efek samping tersebut namun untuk meminimalisir hal-hal yang tidak diinginkan, jika diharuskan untuk konsumsi sebaiknya untuk dikonsultasikan dengan dokter.

3. Menjadi penyebab mual hingga muntah

Adapun untuk rasa dari daun afrika ini sangatlah pahit. Meskipun sobat kanalmu sudah mereus dengan air dan tinggal diambil airnya rasa pahitnya masih tetap ada. Dan karena rasa pahit ini bisa membuat sobat kanalmu mual dan sampai pada kondisi muntah jika tidak tahan. Apabila kamu tidak masalah dengan rasa pahit untuk efek mual sampai dengan muntah tidak akan menjadi masalah bagi anda.

4. Picu terjadinya pembengkakan

Untuk efek samping dari daun afrika lainnya adalah pembengkakan pada bagian tubuh manusia. Dan untuk pembengkakan ini biasanya terjadi pada bagian kaki, tangan dan beberapa angota tubuh lainnya, walaupun tidak terlalu terlihat, untuk pembengkakan ini akan menganggu aktifitas sobat kanalmu.

Kesimpulan

Meskipun tanaman ini adalah salah satu tanaman herbal alami, namun efek samping daun afrika tetap ada terlebih bagi mereka yang konsumsi berlebih, dan juga untuk ibu yang sedang hamil muda. Akan tetapi jenis efek samping ini lebih ringan dibandingkan dengan jenis obat medis yang bahan dasarnya adalah zat kimia. 

Demikian informasi terkait dengan daun afrika ini, mudah-mudahan sedikit ulasan dari team kanalmu ini membantu tambah wawasan kita semua tetang tanaman-tanaman herbal alami baik dari sisi khasiat maupun efek samping yang ditimbulkan.

Post a Comment for "Apa Efek Samping Daun Afrika Sebagai Tanaman Obat Herbal ?"