Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek samping daun pepaya bagi kesehatan di tubuh manusia

Efek samping daun pepaya tidaklah banyak diketahui oleh masyarakat kita baik skala kecil maupun luas. Malah banyak dari mereka menggunakan daun pepaya ini sebagai salah satu olahan makanan yang enak dan juga dipercaya memiliki beberapa khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Dan tidak hanya daunnya untuk buahnya pun sangat banyak kandungan senyawa yang baik untuk kesehatan, dan salah satu manfaat buah pepaya adalah melancarkan sistem pencernaan.

Dan pohon pepaya ini sangat mudah tumbuh subur pada berbagai jenis tempat, serta bisa menghasilkan buah yang ketika sudah masak sangat manis. Berbanding balik dengan daun pepaya yang rasanya pahit, namun memiliki beberapa khasiat yang baik untuk kesehatan.

Namun apakah daun pepaya yang pahit rasanya aman untuk dikonsumsi ? Untuk menjawab pertanyaan ini, kanalmu memiliki ulasan yang mungkin bisa menjadi bahan petimbangan ketika akan mengolah daun pepaya secara berlebihan untuk dijadikan bahan makanan maupun bahan obat herbal alami.


Efek samping daun pepaya bagi kesehatan

efek samping daun pepaya
efek samping daun pepaya

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya untuk daun pepaya ini masuk dalam katergori salah satu tanaman herbal yang memiliki khasiat untuk kesehatan, dan yang paling populer adalah penggunaan daun pepaya menjadi jamu mempelancar ASI bagi ibu yang sedang menyusui. 

Namun demikian, daun pepaya yang dikonsumsi berlebihan ternyata malah memberikan efek samping pada kesehatan. Dan berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari konsumsi daun pepaya baik untuk makanan maupun obat.

1. Jadi penyebab sakit perut

Konsumsi secara berlebihan daun pepaya bia menjadikan kamu sakit perut karena tubuh kamu akan menerima kandungan serat dan lateks pada daun melebihi dari yang dibutuhkan oleh tubuh. Tidak hanya sakit perut jika zat tersebut berlebihan ada pada dalam tubuh akan menjadikan pemicu iritasi pada perut sehingga kamu akan mengalami mual sampai dengan muntah.

2. Picu sembelit

Meskipun kandungan serat pada daun pepaya tinggi, apabila dalam konsumsinya berlebihan dan tidak ada penyeimbang konsumsi air putih bisa memberikan efek samping. Karena serat tersebut akan menumpuk dan apabila tidak dinetralisir dengan cepat menggunakan air putih bisa menjadikan feses keras dan mengakibatkan kamu mengalami sembelit.

3. Gangguan pernafasan

Pada daun pepaya ini terdapat kandungan enzim papain dan apabila tubuh mendapatkan secara berlebihan enzim ini, kamu akan mengalami gangguan pada saluran pernapasan. Adapun untuk gangguan sitem pernafasan yang diakibatkan dari konsumsi daun pepaya berlebihan salah satunya adalah hidung tersumbat, mengi dan juga asma.

4. Mengalami keguguran

Dan untuk ibu yang sedang hamil tidak dianjurkan untuk mengkonsumsi daun pepaya berlebihan, karena kandungan senyawa enzim papain bisa menyebabkan keguguran, karena enzim tersebut memiliki fungsi layaknya oksitosin dan juga prostaglandin dimana kedua jenis kandaungan ini bisa memicu terjadinya induksi dan kontraksi pada proses persalinan. 

5. Menjadi penyebab batu ginjal

Aapun efek samping lain dari daun pepaya adalah terpicunya penyakit batu ginjal, dikarenakan ketika konsumsi daun papaya berlebihan dan semisal memiliki takaran sebanyak 100 gram ini sama dengan konsumsi vitamin C sebanyak 140 miligram. Dan konsumsi vitamin C tersebut melebihi dari yang dibutuhkan oleh tubuh, yang mana jika ini dibiarkan akan menjadi pemicu pembentukan batu ginjal.

6. Perlambat denyut jantung

Ada beberapa efek samping lain yang cukup berbahaya jika konsumsi daun pepaya berlebihan bisa menyebabkan detak jantung menjadi melambat. Hal ini disebabkan oleh kandugan enzim papain yang ada pada daun tersebut bisa perlambat detak jantung, dan sudah tentuk akan mempengaruhi proses kerja kardivaskuler, dan hal ini jika terjadi bisa berakibat fatal sampai dengan kematian.

7. Picu asam urat berlebih

Untuk sobat kanalmu yang memiliki riwayat sakit asam urat, tidak disarankan untuk konsumsi daun pepaya secara berlebihan. Karena kandungan senyawa purin yang ada ada daun pepaya bisa menyebabkan meningkatkan dan picu naikkan asar urat yang ada pada tubuh kamu. Dan apabila kadar asam urat dalam tubuh naik akan ciptakan rasa sakit berlebihan pada bagian tulang persendian.

8. Picu pengenceran darah

Dan ada efek samping lain yang disebabkan oleh kandungan pada daun pepaya enzin papain, yang mana kandungan tersebut bisa mempercepat proses pengenceran darah dan dalam bahasa medis hal ini lebih dikenal dengan nama efek antikoagulan.

Kesimpulan

Maka dari itu ketika akan memutuskan konsumsi daun pepaya sebaiknya untuk mengetahui takarannya agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya. Karena pepaya yang juga masuk dalam tanaman herbal selain memiliki khasiat dan manfaat juga memiliki dampak buruk bagi kesehatan.

Demikian informasi terkait dengan efek samping daun pepaya, yang bisa kami sampaikan pada ulasan ini, dan mudah-mudahan sedikit info ini menambah wawasan terkait dengan efek samping tanaman herbal.

Post a Comment for "Efek samping daun pepaya bagi kesehatan di tubuh manusia"