Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek samping kunyit putih yang belum banyak diketahui para netizen

Efek samping kunyit putih untuk kesehatan wajib diketahui sebelum sobat kanalmu memanfaatkan khasiatnya untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Adapun untuk kunyit putih ini merupakan salah satu jenis tanaman rimpang yang mana tumbuhan tersebut subur pada daratan negara india. Namun demikian meski merupakan salah satu tanaman herbal, kunyit putih ini memiliki beberpa efek samping.

Adapun untuk tumbuhan yang masuk dalam keluarga rimpang, kunyit putih ini juga banyak ditemukan di indonesia, dimana dalam pengobatan tradisional dipercaya memiliki manfaat dan khasiat bagi kesehatan. Untuk jenis penyakit yang bisa diatasi dari tanaman herbal ini diantaranya adalah infeksi dan beberapa penyakit lain yang membutuhkan penyembuhan dengan senyawa yang terkandung dalam tanaman kunyit putih.

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya konsumsi yang tidak sesuai dengan aturan dan berlebihan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan, karena kandungan yang dibutuhkan oleh tubuh dapatnya berlebihan dari yang dibutuhkan.


Efek samping kunyit putih bagi kesehatan

efek samping kunyit putih
Efek Samping Kunyit Putih

Kandungan senyawa dan zat yang diterima secara berlebihan pada tubuh meskipun ini dari tanaman herbal, akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan, sama halnya dengan konsumsi kunyit putih secara terus menerus dengan takaran lebih dari cukup. Dan berikut ini adalah beberapa efek samping dari kunyit putih yang wajib netizen ketahui.

1. Jadi pemicu iritasi pada kulit

Salah satu khasiat dari kunyit putih ini adalah untuk menjada kesehatan kulit. Dengan berbagai kandungan senyawa yang terdapat pada kunyit putih bisa menjadikan kulit lebih bernutrisi dan akan nampak lebih sehat.

Dan untuk kamu yang memiliki kulit sensitif sebaiknya untuk menghindari penggunaan dari kunyit putih, dikarenakan bisa menjadi penyebab iritasi. Untuk iritasi akibat pemakaian kunyit putih berlebihan cukup susah untuk diobati.

2. Menurunkan kadar efektifitas obat

Untuk kamu yang sedang konsumsi obat tertentu untuk mengobati suatu penyakit sebaiknya tidak konsumsi kunyit putih dalam bentuk apapun, karena kandungan yang ada pada kunyit putih bisa menurunkan efektifitas dari obat, sehingga proses pengobatan tidak bisa maksimal dan tidak sesuai dengan yang diharapkan hasilnya.

Dan bagi sobat kanalmu yang akan mengkonsumsi obat dari medis untuk penyembuhan penyakit yang anda derita, sebaiknya untuk tidak konsumsi secara bersamaan dengan kunyit putih yang sudah diolah menjadi bentuk apapun, baik itu kapsul, pil, cairan hasil ekstrak maupun digunakan secara langsung.

Apabila kamu terpaksa haru meminum keduannya, sebaiknya untuk memberikan jeda minum antara obat medis dengan ramuan dari kunyit putih untuk beberapa jam kedepan, agar masing-masing obat memberikan reaksi pada tubuh serta penyembuhan penyakit.

3. Picu penurunan gula darah

Dampak lain dari konsumsi kunyit putih ini secara berlebihan adalah menrunkan gulan darah sangat drastis dalam keadaan langsung. Adapun penurunan gula darah yang signitifikan ini dalam bahasa ilmiah lebih dikenal dengan sebutan hypoglycemia dan dalam bahasa indonsia lain kekurangan terhadan gula darah. Dan bila hal ini terjadi dalam waktu cukup lama bisa menyebabkan orang bisa pingsan serta menjadi lemas.

4. Gangguan pada janin dan bayi

Bagi ibu hamil dan menyusui dilarang untuk konsumsi kunyit putih dalam bentuk apapun, baik kapsul maupun yang sudah di ekstrak menjadi cairan. Yang mana bisa memberikan efek samping yang berbahaya pada janin ibu yang ada dalam rahim, dan jika ganguan ini sudah dalam tahap akut bisa menjadikan ibu yang hamil mudah mengalami keguguran.

Dan untuk ibu yang sedang menyusui juga tidak diperbolehkan menggunakan kunyit putih, dikarenakan bisa memicu pada pencernaan bayi sampai gangguan usus untuk anak ibu yang sedang disusui.

5. Picu kerusakan sel darah putih dan darah merah

Efek samping yang lebih berbahaya lain dari konsumsi berlebihan dari kunyit putih ini baik itu digunakan secara langsung maupun sudah diolah menjadi cairan maupun kapsul adalah picu terjadinya kerusakan pada bagian sel darah putih dan juga pada sel darah merah.

Dan jika hal ini terjadi dan tidak segera dilakukan penanganan khusus akan mengakibatkan penyakit anemia atau lebih dikenal dengan sebutan kurang sel darah merah dan hal ini dapat memicu berbagai penyakit lainnya yang ada dalam tubuh manusia.

Kesimpulan

Maka dari itu apapun itu obat herbal maupun tanaman herbal selama menggunakan atau konsumsi haruslah sesuai dengan anjuran yang berlaku dan tidak berlebihan dalam meminum, karena jika hal ini terjadi bisa menyebabkan beberapa efek samping, meskipun bahan-bahan nya adalah dari alam yang alami.

Begitu juga dengan efek samping kunyit putih ini juga akan memberikan efek samping yang buruk jika berlebihan, dan menghasilkan khasiat yang maksimal jika dokonsumsi sesaui takarannya. Dan demikian ulasan terkait kunyit putih ini semoga, sedikit informasi ini bisa menjadi salah satu pertimbangan anda ketika memutuskan untuk memakai sebagai bahan pengobatan alternatif.

Post a Comment for "Efek samping kunyit putih yang belum banyak diketahui para netizen"