Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Daun Kelor, Manfaat serta Cara Mengkonsumsi yang Tepat dan Aman

Efek samping daun kelor baik itu digunakan sebagai salah satu obat tradisional dan juga dijadikan sebagai bahan makanan tetaplah harus diwaspadai. Dan munggkin dimasyarakat kebanyakan lebih mencari informasi khasiat dibandingkan dengan efek samping yang buruk bagi kesehatan. Memang demikian untuk daun kelor ini selain memiliki efek samping juga memiliki segudang manfaat untuk pengobatan beberapa penyakit seperti mengatasi jantung, diabetes serta mencegah jantung.

Melalui ulasan kanalmu kali ini, kami mencoba menjabarkan khasiat, manfaat serta efek samping daun kelor bagi kesehatan. Karena meski tanaman herbal alami, jika dalam konsumsi berlebihan dan tidak sesuai aturan tetap memberikan beberapa dampak pada kesehatan.

Daun kelor yang mana memiliki khasiat dan manfaat untuk meningkatkan sistem imun dan juga bisa mengatasi batuk ringan ini, cara merebus dan minunmya harus lah baik dan benar agar memberikan hasil yang maksimal, dan penyakit yang diobati dengan bahan herbal ini bisa sembuh dengan cepat.


Bagaimana cara rebus dan minum daun kelor?

efek samping daun kelor
efek samping dan manfaat daun kelor

Untuk daun kelor ini tidak hanya untuk sebagai bahan masakan namun dengan cara perebusan yang benar bisa dijadikan obat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Adapun untuk cara rebusnya cuku mudah sobat kanalmu ambil beberapa tangkai daun kelor kemudian diseduh atau dimasak dengan air dan jika sudah mendidih air disaring kemudian diminum air rebusan daun kelor salama masih hangat. 

Untuk aturan minum rebusan daun kelor ini tergantung jenis penyakitya apa, namun untuk mereka yang memiliki keluhan diabetes bisa meminum sehari 3 kali dan setiap minum cukup satu gelas saja. Dan bagi mereka yang memiliki penyakit kanker bisa meminum rebusan daun kelor ini sekali hanya sekali saja namun secara rutin dan tertatur. Namun demikian harap untuk pematasan minum daun kelor secara berlebihan dan dalam jangka waktu panjang, karena hal ini akan menimbulkan efek samping yang berbahaya.

Apakah ada efek samping berbahaya daun kelor bagi kesehatan ?

Seperti yang kami sampikan sebelumnya, bahwasanya dibalik khasiat keampuhan rebusan daun kelor ternyata terdapat beberapa efek samping yang berbahaya, jika dalam konsumsinya tidak sesuai dengan aturan, berlebihan dan juga dalam waktu jangka panjang. Adapun efek samping ini bisa keluar baik itu dikonsumsi sebagai sayur pelengkap makanan, namun juga sebagai bentuk obat herbal untuk mengobati penyakit. 

Dan berikut ini adalah beberapa efek samping yang dapat anda jumpai jika konsumsi secara berlebihan dari rebusan dan juga masakan daun kelor.

1. Penyebab sakit perut

Untuk sobat kanalmu yang perutnya masih kosong belum makan tidak disarankan untuk meminum rebusan air daun kelor, karena jika itu dilakukan akan memberikan efek  tekanan otot perut saat lambung sedang kosong. Maka dari beberapa para ahli menyarakan konsumsi daun kelor ini 1 sampai dengan 2 jam setelah makan untuk menghindari efek buruk tersebut. Dan hal ini tidak diindahkan selain sakit perut bisa membuat diare sampai dengan sembelit.

2. Ganggu kesehatan ginjal

Bagi sobat kanalmu yang mau meminum rebusan daun kelor secara berlebihan saran kanalmu untuk tidak lakukan, karena bisa menyebabkan gangguan kinerja pada ginjal, khususnya pada bagian pengelolaan cairan tubuh. Apabila ginjal terganggu sudah pasti akan menganggu organ tubuh lain dan bisa menjadi penyakit komplikasi.

3. Kegagalan sperma

Untuk para pria sebaiknya membatasi untuk makan sayur maupun rebusan air daun kelor karena ini bisa menganggu ini akan menganggu kehatan spermanya baik itu dari sisi kualitas maupun dari segi kwantitasnya. Yang mana daun kelor memberikan efek produksi sperma pria dan hal ini bisa menjadi pemicu pria mengalami ejakulasi dini.

4. Kerusakan hati atau liver

Untuk mereka yang khususnya memiliki penyakit hepatitis dan kuning konsumsi daun kelor dalam jangka panjang tanpa ada keseimbangan konsumsi sayuran lain bisa berdampak pada kesehatannya. Hal ini disebabkan karena adanya perusakan jaringan pembuluh darah yang berada disekitar hati.
 
Jadi ada aturan khusus meminum rebusan air daun kelor yang mana tidak melebihi 1000mg per kilogram berat badan, dan ini berlaku untuk mereka laki-laki maupun mereka perempuan yang memiliki usia diatas 18 tahun.

5. Mati rasa sampai lumpuh

Dan untuk mereka baik anak-anak, muda dan tua yang konsumsi daun kelor berelebihan dan dalam jangka panjang, ada kemungkinan diserang mati rasa pada bagian tubuhnya, serta juga memungkinkan bisa mengalami kelumpuhan. Hal ini disebabkan oleh senyawa yang ada dalam kandungan daun kelor tidak selamanya cocok dengan daya tahan tubuh manusia.

Apa khasiat rebusan daun kelor?

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya selain memiliki efek samping pada kesehatan untuk cara penggunan yang baik dan benar dari rebusan air daun kelor bisa memberikan khasiat menyembuhkan beberapa macam penyakit. Dan berikut ini adalah beberapa masalah kesehatan yang bisa diobati dengan rebusan daun kelor.

1. Menjaga berat badan

Beberapa pakar ahli menyebutkan bahwasanya teh daun kelor mampu menjaga keseimbagan berat badan tubuhnya. Dan tentu ini sangat cocok bagi sobat kanalmu yang berpenampilan menarik dengan menjada berat badan, teh daun kelor bisa dijadikan minuman kesehatan untuk menjaga perawatan tubuh.

2. Menghilangkan Flek Wajah

Tidak sedikit yang memanfaatkan daun kelor sebagai salah satu bahan herbal untuk perawatan kecantikan wajahnya. Karena senyawa yang terdapat pada daun kelor bisa memberikan dampak positif untuk mencerahkan wajah, adapun caranya cukup mudah ambil beberapa daun kelor kemudian tumbuk dan jadikan masker wajah.

3. Daun kelor cukupi gizi ibu menyusui

Karena banyaknya kandungan pada daun kelor seperti vitamin c, zat besi, protein dan juga adanya unsur flavonoid bisa membuat asi ibu yang sedang menyusui jadi banyak, dan tidak hanya itu adapun untuk kualitas ASI dari ibu tersebut sangatlah baik.

4. Sehatkan mata

Pada daun kelor ini memiliki kandungan vitamin A yang mana jika dikonsumsi dengan baik dan benar bisa memberikan dampak positif untuk menyehatkan mata. Namun pastikan kamu meminum rebusan daun kelor sesuai aturan dan tidak berlebihan.

5. Antioksidan dan anti-inflamasi

Adapun untuk daun kelor ini bisa menjadi salah satu bahan antioksidan dan juga anti-inflamasi, dan ini sesuai dengan jurnal yang terlah diterbitkan oleh Asia Pasific Journal Of Cancer Prevention, dimana dalam kelor terdapat beberapa kandungan seperti fitonutrien karotenoid, amino ensensial, quercetin dan juga anti bakteri alami.

6. Mengobati penyakit rematik

Adapun beberapa senyawa yang terdapat pada daun kelor ini memiliki kandungan yang bisa menyembuhkan penyakit rematik. Dan untuk itu sobat kanalmu yang mau menggunakan daun kelor sebagai obat herbal untuk menyebuhkan penyakit rematik gunakanlah sesuai dengan aturan dan jangan berlebihan.

7. Anti kanker

Untuk kandungan yang terdapat pada daun kelor disebutkan oleh beberapa ahli medis bahwasanya mampu mencegah dan mengatasi penyakit kanker. Dan hal ini sesuai dengan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh foof and chemical technology di tahun 2011.

8. Menurunkan tekanan darah 

Beberapa pakar herbal menyampaikan bahwasanya kandungan zat yang terdapat pada daun kelor bisa dan mampu menurunkan tekanan darah. Dan zat tersebut diantaranya adalah glikosida minyak mustard, nitrile dan hiocarbamate glikosida. 

9. Menstabilkan mood dan menyehatkan otak

Untuk daun kelor ini memiliki sumber protein tinggi yang mana bisa menjadikan mood menjadikan tubuh lebih mood dan merasa lebih baik. Sedangkan senyawa tiroid mempu mencegah kelelahan, depresi dan juga suasana hati yang buruk beserta imsonia.

Kesimpulan

Selain manfaat dan khasiat yang tinggi didapatkan dari tanaman herbal ini, juga terdapat beberapa efek samping daun kelor, jika dalam konsumsi berlebihan dan waktu jangka panjang. Hal ini juga bisa terjadi pada jenis tanaman herbal lain yang memiliki beberapa kandungan senyawa. 

Demikian informasi terkait dengan manfaat, efek samping dan cara merebus serta minum daun kelor, mudah-mudahan sedikit informasi dari kanalmu ini bisa menjadi jawaban anda yang selama ini sudah tertanam dalam benak.

Post a Comment for "Efek Samping Daun Kelor, Manfaat serta Cara Mengkonsumsi yang Tepat dan Aman"