Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Bawang Dayak, Manfaat dan Cara Konsumsinya

Efek samping bawang dayak memang tidak banyak ditemukan selama konsumsinya tidak berlebihan, karena apapu itu jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan beberapa dampak yang tidak baik meskipun efeknya sangat kecil. Dibandingkan efek samping khasiat dan manfaat bawang dayak lebih banyak untuk kesehatan. Adapun bawang dayak atau juga bisa disebut dengan nama umbi ajaib ini banyak dibudidayakan oleh masyarakat yang tinggal di pulau kalimantan.

Dan banyak dari masyarakat kita memanfaatkan bawang dayak sebagai salah satu obat herbal yang bisa mengatasi berbagai masalah kesehatan, namun yang selama ini masih menggunakan bawang dayak sebagai bahan dasar obat herbal adalah mereka yang membuka jasa pengobatan alternatif.

Melalui laman yang diulas pada kanalmu kali ini, kami akan mencoba berbagai informasi dari bawang dayak dari segi manfaat, cara mengkonsumsi dan juga efek samping yang kemungkinan ditimbulkan dari jenis bahan obat herbal alami ini.


Manfaat dan cara konsumsi bawang dayak yang harus diketahui

efek samping bawang dayak
efek samping bawang dayak

Adapun ciri dari bawang dayak ini jika kamu pengang menempel ditanggan, permukaan licin dan bewarna merah, serta bau dari bawang ini cukup sangat menyengat dan ketika diiris tidak membuat mata menjadi menanggis atau mengeluarkan air mata. Banyak sekali kandungan zat fitokimia yang baik untuk kesehatan yang terdapat pada bawang dayak, seperti steroid, glikosida, zat tannin, flavonoid, alkolid dan fenolik.

Berikut ini adalah manfaat dan khasiat bawang dayak untuk kesehatan yang wajib sobat kanalmu perlu ketahui.

1. Mengobati flu

Adapun untuk kandungan zat glikosida sangat ampuh untuk menurunkan demam, mengatasi berbagai bentuk radang dan juga berberan aktif sebagai antibakteri yang merupakan salah satu gejala dari influenza.

Dan tentu ini sangat cocok untuk digunakan untuk ibu yang masih menyusui anaknya, dengan konsumsi bawang ini si kecil bisa mendapatkan antibiotik ini melalui ASI sang ibu, dan jadi sang bunda tidak perlu kwatir mengobati buah hati yang sedang deman ataupun mau terserang flu. Hal ini merupakan salah satu manfaat bawang dayak untuk ibu yang saat ini sedang menyusui.

2. Dapat mencegah kanker serviks

Dari beberapa penelitian menyebutkan bahwasanya bawang dayak mampu turunkan kadar cylin-e kanker serviks uteri hela secara baik dan optimal. Dan tentu ini bisa menjadi salah satu alternatif pengobatan untuk penyakit kanker serviks yang pada masa sekarang sedang marak.

3. Dapat mencegah jantung kororer

Kandungan senyawa fenolik  yang terdapat pada bawang dayak mampu melakukan pencegahan jenis penyakit serangan jatung yang mana memberikan dampak efek kematian yang tinggi, dan tentu harus meminum tidak berlebihan.

4. Dapat menetralisir tekanan darah

Sobat kanalmu pasti sepakat jika hipertensi adalah salah satu penyebab dari berbagai banyak penyakit lainnya dan yang cukup banyak kita ketahui adalah serangan stroke. Namun karena pada bawang dayak ini ada kandungan zat asilin, dengan demikian mereka yang mengkonsumsi jenis bawang ini tekanan darah mampu di netralisir.

5. Mampu mengobati diabetes

Penyakit diabetes juga mampu diatasi dengan tanaman herbal bawang dayak, karena dalam bawang tersebut banyak zat yang mampu menekan kadar gula seperti zat flavonoid, glikosida, saponin, alkaloid dan beberapa senyawa lainnya.

6. Dapat mengobati sakit perut

Banyak yang menyepelekan sakit perut, namun jika dibiarkan ini bisa memberikan dampak negatif lainnya, namun dengan menggunakan bawang dayak kamu bisa mengatasi beberapa penyakit perut karena kandungan zat tannin pada bawang dayak bisa mengurangi gas pada saluran pencernaan, sehingga perut kembung dapat diatasi dan sembelit pun bisa ditanggani.

Sama halnya dengan obat herbal tradisional lainnya untuk konsumsi bawang dayak tidak boleh melebih aturan karena jika berlebihan bisa memberikan efek samping yang tidak baik pada tubuh. Untuk sobat kanalmu yang mau mengkonsumsi bawang dayak bisa menggunakan beberapa cara seperi dibuat bubuk, dijadikan manisan maupun dalam bentuk pil kapsul.

Apakah ada efek samping bawang dayak?

Seperti yang kita ketahui bahwasanya khasiat dan manfaat dari bawang dayak sudah ada dari zaman dahulu hingga sekarang dan ini diaplikasikan sebagai salah satu pengobatan secara umum dan khususnya masyarakat kalimantan suku dayak. Dan memang khasiat dari bawang dayak sudah banyak yang mengakui bisa menyembuhkan berbagai penyakit dan gangguan kesehatan.

Untuk sampai sekarang belum ditemukan efek samping bawang dayak yang berbahaya bagi ibu hamil maupun masyarakat lainnya selama konsumsinya sesuai dengan aturan dan tidak berlebihan. Adapun untuk mereka yang mendapatkan dampak buruk, menurut beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwasanya ini adalah bentuk efek dari konsumsiya secara berlebihan dan tidak sesuai aturan, karena dalam bawang dayak ini tidak terdapat kandungan zat yang berbahaya bagi tubuh dan kesehatan, namun sebaliknya malah banyak kandungan zat yang baik untuk kesehatan.

Kesimpulan

Apapun itu jenis tanaman herbal yang jika dikonsumsi secara berlebihan memberikan dampak jelek begitupun dengan bawang dayak, namun jika kamu konsumsi sesuai dengan aturan malah memberikan efek samping positif bagi kesehatan dan mengobati berbagai penyakit, karena dalam kandungan bawang dayak terdapat banyak zat yang bermanfaat dan baik untuk tubuh.

Demikian informasi terkait dengan efek samping bawang dayak, mudah-mudahan sedikit informasi ini membantu anda yang mencari ulasan terkait.

Post a Comment for "Efek Samping Bawang Dayak, Manfaat dan Cara Konsumsinya"