5 Efek Samping Daun Salam untuk Penderita Eksim dan Ibu Hamil

kanalmu

Efek samping daun salam bagi masyarakat umum memang minim diketahui. Karena dari mereka lebih banyak menggunakan daun salam ini sebagai penyedab masakan, namun perlu sobat ketahui juga bahwasanya dengan menggunakan beberapa helai daun ini, kamu bisa membuat ramuan untuk kecantikan, kesehatan dan bisa dijadikan penurun nafsu makan. 

Penggunnaan daun salam secara berlebihan ini tidak baik, karena bisa menyebabkan beberapa efek samping. Maka dari itu jika kamu ingin mengkonsumsi daun salam sebaiknya menggunakan secukupnya saja, baik itu untuk makanan, maupun ramuan herbal untuk kesehatan.

Dan melalui ulasan kanalmu pada laman ini, kami akan memberikan beberapa informasi penting terkait efek penggunaan daun salam yang berlebihan.

Efek samping daun salam dibalik banyaknya khasiat

efek samping daun salam
Efek samping daun salam
Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya daun salam ini memiliki banyak khasiat, baik untuk resep masakan, maupun sampai kesehatan. Namun dibalik banyaknya khasiat tersebut, memag daun salam memiliki beberapa efek samping.
Adapun berikut ini adalah beberapa efek samping yang ditimbulkan oleh daun salam ketika kamu mengkonsumsinya berlebihan.

1. Efek gangguan pernapasan

Gangguan pernapasan bisa terganggu jika kamu mengkonsumsi daun salam secara berlebihan dan dalam jangka waktu yang panjang. Dan ini akan sangat terasa dampak efeknya bagi mereka yang sudah memiliki penyakit asma atau gangguan pernapasan. 
Hal ini disebabkan oleh beberapa kandungan zat yang terkandung dalam daun salam, yang menjadikan kondisi pernapasan semakin buruk apabila sudah bermasalah. Maka dari itu kamu yang konsumsi daun salam ini untuk takarannya yang secukupnya saja.

2. Efek konstipasi

Karena kekurangan cairan dan juga serat yang cukup kamu bisa mengalami konstipasi. Dan hal ini juga bisa terjadi jika kamu mengkonsumsi daun salam secara berlebihan, dimana zat yang terkadung atau senyawa yang ada pada daun itu sulit untuk dicerna oleh tubuh, sehinga dapat memicu sulitnya dalam buang air besar, karena terlalu kerasnya atau konstipasi.
Namun jika dalam kondisi tertentu kamu diharuskan untuk konsumsi daun salam sebagai metode pengobatan, sebagai contoh untuk darah tinggi. Kamu bisa menyiasati atau menetralisir senyawanya dengan menambahkan beberapa ekstrak daun cincau. Dengan demikian dampak negatif konstipasi teratasi.

3. Menjadi ketagihan

Efek candu atau ketagihan juga bisa dirasakan untuk orang yang selalu konsumsi daun salam, biasanya masakan akan terasa hambar jika mereka tidak menambahkan beberapa helai daun salam. Dengan konsumsi yang berlebihan ini, selain jadi candu akan menjadikan efek penyakit dalam tubuh seperti gangguan pernapasan, pencernaan, dan yang terkait lainnya.

4. Eksim

Eksim merupakan jenis penyakit yang menyerang bagian kulit, dan ini biasanya disebabkan oleh efek samping konsumsi daun salam yang berkepanjangan. Kandungan zat yang terdapat pada daun tersebut bisa menjadikan sensivitas yang tinggi, dan menjadikan penyakit eksim. 

5. Gangguan kesehatan untuk ibu hamil  dan menyusui

Didalam daun salam terdapat beberapa zat yang bisa memicu alergi berlebih, dan untuk ibu hamil dan menyusui tidak disarankan untuk konsumsi daun ini secara berlebihan dalam berbagai bentuk, untuk resep masakan maupun untuk pengobatan. Namun bukan menjadi masalah apabila jumlah konsumsinya tidak berlebihan atau sewajarnya. 

Kesimpulan

Daun salam yang kita kenal selama ini sebagai bumbu masakan dan menjadikan enak ini ternyata memiliki efek samping bagi kesehatan dan juga tubuh yang mengkonsumsinya. Dan semua jenis makanan maupun bentuk obat jika dikonsumsi berlebihan sudah tentu akan banyak memiliki efek samping untuk tubuh. Maka dari itu untuk makanan, makanlah yang sewajarnya saja.

Demikian informasi terkait efek samping daun salam untuk penderita eksim dan juga ibu hamil, dan mudah-mudahan sedikit informasi dari kanalmu ini bisa menjadi jawaban atas pertanyaan anda selama ini.
Baca Juga :  Inilah Efek Samping Nes V HWI untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Artikel Terkait :

Tags

Ads - Before Footer