Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Inilah Efek Samping Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh

Efek samping daun kumis kucing bisa kamu dapati jika dalam konsumsi berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan sesuai anjuran yang berlaku. Seperti yang banyak masyarakat ketahui bahwasanya kumis kucing adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki khasiat dan manfaat untuk mengobati beberapa penyakit. Adapun untuk bagian yang dijadikan sebagai bahan obat herbal daun kumis kucing biasanya adalah pada daunnya.

Daun kumis kucing ini memang berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit karena didalam daun terdapat kandungan glikosida orthosiphonim dan juga beberapa senyawa lainnya yang terkandung. Dan karena kandungan senyawa tersebut fosfat dan asam urat oksalat yang ada dalam tubuh bisa luruh.

Namun demikian, meski daun kumis kucing memiliki banyak khasiat dan juga tanaman herbal alami ternyata jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan bisa menyebabkan beberapa dampak buruk kepada kesehatan bagi yang mengkonsumsinya.


Apakah ada efek samping daun kumis kucing bagi kesehatan ?

efek samping daun kumis kucing
efek samping daun kumis kucing

Dan dibalik banyaknya khasiat dari daun kumis kucing ternyata menyimpan beberapa efek samping yang ditimbulkan akibat konsumsi tidak sesuai aturan dan banyak. Adapun berikut ini adalah beberapa dampak negatif dari daun kumis kucing yang wajib sobat kanalmu ketahui.

1. Perut sakit

Perut menjadi sakit adalah salah satu efek samping yang timbulkan dari daun kumis kucing. Yang mana hal ini disebabkan oleh kandungan senyawa yang terdapat pada daun tersebut, memicu masalah pada bagian lambung maupun organ pencernaan lain yang terlalu sensitif.

Dan dampak seperti ini bisanya dikarena konsumsi berlebihan tidak sesuai dengan takaran dari tanaman herbal daun kumis kucing. Apabila sobat kanalmu ingin mendapatkan hasil maksimal dari pengobatan dengan daun kumis kucin sebaiknya meneggunakan takaran dosis yang dianjurkan.

2. Sesak nafas

Khasiat dari daun kumis kucing memang banyak untuk kesehatan, namun jika dikonsumsi terlalu banyak malah bisa mendatangkan beberapa penyakit. Seperti halnya dengan gangguan sesak nafas mungkin terjadi bagi mereka yang mengkonsumsi daun kumis kucing dosisnya berlebihan.

Hal ini merupakan salah satu reaksi yang disebabkan oleh kandungan senyawa daun kumis kucing yang diterima oleh tubuh berlebihan, sehingga menjadi beban yang lebih bagi sistem pernapasan.

3. Dapat menggagu fungsi jantung

Efek samping lain yang disebabkan oleh konsumsi berlebih dari daun kumis kucing adalah terganggunya fungsi jantung, dan ini disebabkan oleh senyawa yang ada dalam kandungan daun herbal tersebut. Dan untuk serangan jantung yang tidak segera ditangani dengan baik bisa menyebabkan kematian.

4. Terserang penyakit ginjal

Untuk menggunakan daun kumis kucing sebagai obat caranya hampir sama dengan konsumsi tanaman herbal lain dengan mengambil beberap helai daunnya kemudian direbus dan air rebusan disaring dan ditaruh gelas untuk diminum. Namun pastikan kamu meminum sesuai takaran agar tidak mendapatkan efek samping gagal ginjal.

5. Alergi

Untuk alergi ini bisa didapatkan secara langsung maupun tidak baik itu untuk obat dari bahannya zat kimia atau bahan herbal alami seperti daun kumis kucing. Ada banyak contoh alergi obat yang ditimbulkan seperti warna kulit kemerahan, timbul bintik-bintik pada bagian-bagian tubuh.

6. Menurunkan tekanan darah

Adapun khasiat dari daun kumis kucing ini bisa dijadikan penurun tekanan daran, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa menjadikan tekanan darah drop dan memberikan efek samping pada kesehatan yang meminumnya.

7. Keracunan

Meskipun tanaman herbal daun kumis kucing ini jika digunakan melebihi dosis yang sudah ditentukan bisa menjadikan yang meminum keracunan, karena disebabkan oleh senyawa yang datang ketubuh berlebihan. Dan jika hal ini terjadi sudah tentu kamu membutuhkan pertolongan dari tenaga medis untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Apa manfaat minum rebusan daun kumis kucing?

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya daun kelor memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit yang menggagu kesehatan. Karena dalam daun kumis kucing memiliki berbagai kandungan senyawa yang baik untuk tubuh serta bisa dimanfaatkan dengan baik dan benar serta sesuai aturan untuk mencegah maupun menyembuhkan berbagai penyakit. Dan berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan dengan air rebusan daun kumis kucing.

1. Mengobati rematik

Adapun untuk manfaat dari daun kumis kucing yang pertama adalah bisa digunakan untuk mengobati penyakit rematik. Dimana senyawa pada daun ini bisa mengurangi nyeri sendi dan juga mengurangi numpuknya asam urat pada bagian sendi. Tidak hanya untuk rematik ternyata daun kumis kucing juga bisa dimanfaatkan untuk mengurangi rasa sakit pegal linu dan nyeri-nyeri.

2. Meredakan batuk

Batuk ketika sedang berkatifitas sudah pasti sangat cukup menganggu, dan untuk meredakan batuk ini sobat kanalmu bisa memanfaatkan tanaman herbal daun kumis kuing. Dengan cara direbus menggunakan beberapa gelas air, kemudian air rebusan diminum bisa meredakan batuk.

3. Mengobati gusi bengkak 

Apabila kamu mengalami gusi bengkak, bisa diatasi dengan menggunakan air rebusan daun kumis kucing, caranya cukup kamu gunakan kumur-kumur air rebusan daun kumis kucing tersebut pastikan sesuai dengan takaran dan tidak berlebihan.

4. Mengatasi masuk angin

Untuk sobat kanalmu yang saat ini mengalami masuk angin, bisa mencoba tanaman herbal kumis kucing dijadikan sebagai obat untuk mengatasi masuk angin. Caranya cukup mudah ambil beberapa lembar daun kemudian rebus dengan air secukupnya, dan minum air rebusan daun kumis kucing tersebut.

5. Mencegah tubuh jamuran

Kandungan senyawa yang terdapat dalam daun kumis kucing ini juga bisa digunakan untuk mengasati masalah jamur pada bagian tubuh. Caranya bisa kamu tumbuk dan buat krim kemudian oleskan pada bagian yang terkena jamur pada tubuh kamu, sehingga kandungan daun kumis kucing akan memutus rantai penyebaran jamur.

6. Sebagai tanaman herbal detoks

Dimana khasiat selanjutnya dari daun kumis kucing ini bisa digunakan untuk detoksifikasi pada bagian tubuh, karena senyawa yang ada pada daun ini bisa membersihkan racun yang ada dalam tubuh kamu. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sobat kanalmu bisa memadukan dengan beberapa rempah pilihan lain seperti jahe.

7. Menurunkan berat badan

Manfaat dari daun kumis kucing selain untuk kesehatan juga bisa digunakan untuk perawatan penurunan berat badan, untuk sobat kanalmu yang ingin berpenampilan kurus mempesona tanpa ada efek samping yang berlebih bisa menggunakan daun kumis kucing untuk program diet.

8. Mengurangi gatal karena alergi

Bagi sobat kanalmu yang saat ini mendapatkan alergi semisal makanan tertentu dan menjadi gatal-gatal, kamu bisa memanfaatkan daun kumis kucing untuk mengurangi gatal-gatal tersebut. Caranya cukup mudah padukan dengan beberapa tanaman herbal lain seperti daun sambiloto, temulawak dan juga daun kumis kucing kemudian remus dengan 4 gelas air. Kemudian air rebusan disaring dan diminum untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi.

9. Menurunkan tekanan darah tinggi

Kandungan antioksidan yang terdapat pada daun kumis kucing bisa dimanfaatkan untuk menurunkan tekanan darah tinggi, namun demikian harus digunakan sesuai dengan takaran agar tidak menimbulkan efek samping berlebihan sehingga tekanan darah menjadi drop.

10. Mengobati gangguan ginjal

Berbagai kandungan yang ada pada daun kumis kucin ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai keluhan yang ada pada bagian ginjal. Tentunya ini menjadi manfaat yang harus sobat kanalmu ketahui, karena disekitar kita banyak yang mengalami penyakit satu ini.

11. Mengatasi batu empedu

Hasil ekstrak dari rebusan air daun kumis kucing juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi penyait batu empedu. Tentu ini menjadi nilai plus dari khasiat daun kumis kucing.

Kesimpulan

Semua jenis obat dalam konsumsi untuk mendapatkan hasil maksimal akan kesembuhan terhadap penyakit tertentu harus sesuai dengan dosis dan takarannya, walaupun itu adalah dari tanaman herbal yang memiliki efek samping sedikit.
 
Maka dari itu sobat kanalmu sebelum memutuskan untuk menggunakan tanaman herbal tertentu untuk menjadi salah satu metode pengobatan alternatif, harus dan wajib untuk mengetahui tata cara minum yang benar dan juga dosis yang harus dikonsumsi untuk menhindarkan efek samping yang tidak diinginkan.
 
Demikian informasi yang kanalmu dapat sampaikan terkait dengan efek samping daun kumis kucing, mudah-mudahan sedikit informasi dari kami ini membantu anda dalam mengambil keputusan.

Post a Comment for "Inilah Efek Samping Daun Kumis Kucing Bagi Kesehatan Tubuh"