Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek samping daun binahong dan manfaatnya bagi tubuh manusia

Efek samping daun binahong belum terlalu banyak diketahui oleh masyarakat kita, namun untuk khasiat dan manfaat bagi kesehatan tubuh sudah pasti banyak yang sudah mengetahuinya. Adapun untuk tanaman binahon yang mana banyak digunakan adalah daunnya ini berasal dari negara kpop dan juga ginseng korea.

Di negara korea untuk daun dari tanaman binahong sudah digunakan sejak zaman dahulu untuk sebagai bahan obat pengobatan tradisional atas berbagai penyakit yang dikeluhkan oleh manusia. Dan pada saat ini daun binahong ini sudah banyak didapati di indonesia yang mana juga digunakan sebagai bahan obat herbal alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Dan melalui ulasan kanalmu kali ini, kami akan share terkait dengan informasi dari daun binahong ini baik dari khasiat, manfaat dan juga efek sampingnya. Dengan demikian sobat kanalmu bisa menggunakan daun binahong ini secara bijak dan juga aturan.


Apa manfaat daun binahong untuk berbagai pengobatan ?

efek samping daun binahong
efek samping daun binahong

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya dalam daun binahong ini terdapat banyak berbagai kandungan zat yang bisa dijadikan sebagai bahan obat herbal yang bisa menyembuhkan berbagai penyakit dari gejala ringan sampai dengan berat sekalipun.

Adapun beriktu ini adalah beberapa khasiat dan manfaat dari daun binahong yang perlu sobat kanalmu ketahui.

1. Dapat mengobati randang sendi dan rematik

Pada daun binahong ini terdapat kandungan zat yang efektif untuk bisa dijadikan obat untuk meredakan nyeri pada mereka yang memiliki riwayat penyakit radang sendi dan rematik. Dan untuk cara konsumsinya juga cukup mudah, sobat kanalmu tinggal mengambil beberapa helai daun binahong kemudian direbus dengan beberapa gelas air kemudian ditambahkan madu. Apabila sudah kemudian disaring dan bisa dikonsumsi dalam satu hari hanya sekali.

2. Dapat mengatasi maag

Untuk sobat kanalmu yang memiliki keluhan sakit maag bisa menggunakan khasiat dari daun binahong, caranya bisa dikunyah mentah-mentah setelah dicuci bersih ataupun dalam bentuk olahan berupa rebusan air daun binahong ketika masih dalam kondisi hangat.

3. Digunakan untuk melawan kanker

Karena dalam daun binahong ini terdapat kandungan antioksidan yang banyak bisa digunakan khasiatnya untuk melawan penyakit kanker. Adapun untuk caranya dengan rebus daun binahong kering sebanyak 30 gram dengan 1000 cc air kemudian dari air rebusan tersebut dapat disisakan sebanyak 600 cc air, dan air rebusan air tersebut dapat diminum tiga kali dalam sehari dengan ukuran setiap minum sebanyak 200cc.

4. Digunakan untuk menyembuhkan luka

Adapun untuk manfaat dari daun binahong yang lainnya adalah bisa digunakan untuk menyembuhkan luka, bekas sayatan sajam, terjedot benda tumpul ataupun yang lainnya. Adapun untuk menggunakan daun binahong sebagai obat penyembuh luka caranya cukup gampang, yaitu dengan mengambil beberapa helai daun binahong kemudian rendam menggunakan air hangat , dan tahap selanjutnya kamu usap-usap sampai keluar lendir dan ditempelkan pada bagian anggota tubuh yang luka, dan untuk lukapun akan segera mengering dan sembuh.

5. Mengatasi noda hitam pada wajah

Untuk anda sobat kanalmu yang memiliki flek hitam pada bagian wajah bisa menggunakan daun binahong untuk menghilagkannya. Caranya dengan membuat masker dari daun binahong ini, bisa dengan cara ditumbuk ataupun menggunakan blender untuk menghaluskan dan didapatkan krim daun binahongnya.

Jika sudah mendapatkan krim masker dari daun binahong kemudian sobat kanalmu bisa memanfaatkan krim tersbut untuk dioleskan pada bagian wajah, dan kemudian bisa hilangkan noda hitam yang mengganggu penampilan anda.


Apa efek samping daun binahong bagi kesehatan ?

Untuk penggunaan daun binahong yang tidak tepat bisa memberikan dampak buruk bagi kesehatan kamu, dan berikut ini adalah beberapa efek samping dari konsumsi daun binahong yang tidak sesuai dengan aturan maupun berlebihan.

1. Sebabkan gangguan emosi

Berbagai kandungan stimulan yang ada dalam daun binahong, jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan masalah, karena bisa menyebabkan gangguan pada emosi. Adapun untuk jenis gangguan emosi ini bisa berupa gelisah, imsonia dan mudah marah.

Dan tidak hanya gangguan itu saja, karene dosis berlebihan bisa akibatkan nafsu makan berkurang, pusing berkepanjangan, mual sampai muntah, susah melakukan buang air kecil dan mengakibatkan jatung berdebar-debar.

2. Sangat erat terkait dengan berbagai penyakit

 Kandungan ephedra atau efedrin juga terdapat pada daun binahong, yang mana beberapa kandungan tersebut sangat erat dengan banyak penyakit. Maka dari itu untuk melakukan konsumsi dau binahong ini baik dengan campuaran maupun tidak harus disesuaikan dosinya utuk mengindari beberapa efek samping buruk.  Dengan demikian sobat kanalmu bisa konsumsi daun binahong ini dengan cukup aman.

Adapun untuk untuk berbagai jenis yang disebabkan oleh efedrin diantaranya adalah stroke, kejang, serangan jantung dan juga hipertensi.

Kesimpulan

Dibalik banyaknya manfaat dari daun binahong untuk menyembukan berbagai penyakit ternyata jika dikonsumsi dengan dosis yang berlebihan bisa memberikan dampak buruk pada kesehatan tubuh manusia. 

Namun dengan konsumsi dengan takaran yang tepat dan sesuai dengan aturan efek samping daun binahong bisa dihindari dan diminimalisir. Demikian informasi ini, mudah-mudahan bisa menambah wawasan sobat kanalmu dimanapun berada.

Post a Comment for "Efek samping daun binahong dan manfaatnya bagi tubuh manusia"