Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Apa efek samping daun kersen membahayakan kesehatan?

Efek samping daun kersen bisa saja terjadi pada sobat kanalmu yang telah mengkonsumsi secara berlebihan. Dan pada negara indonesia ini untuk menemukan pohon kersen ini sangat mudah, karena untuk saat ini masih banyak tumbuh dijalanan perkotaan maupun desa-desa dan juga taman. Biasanya pohonya cukup rindang dan buahnya banyak anak yang menyukainya dijadikan cemilan.

Untuk buah kersen selain manis rasaya ternyata menyimpan banyak sekali khasiat dan juga manfaat. Tidak hanya buah karena pada bagian daunnya juga memiliki kandungan yang baik dan memiliki fungsi untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Adapun untuk cara menggunakan daun kersen sebagai bahan obat herbal, dilakukan perebusan kemudian airnya dikonsumsi secukupnya.

Namun dibalik khasiat dan manfaat daun kersen untuk menyembuhkan beberapa penyakit, ternyata konsumsi secara berlebihan akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh manusia. Dan melalui ulasan kanalmu kali ini kami akan mencoba menjabarkannya.


Apa efek samping daun kersen jika dikonsumsi berlebihan?

efek samping daun kersen
efek samping daun kersen

Didalam daun kersen terdapat beberapa kandungan khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh. Adapun untuk kandungan tersebut seperti kalsium, alkaloid, vitamin C, antioksidan dan beberapa kandungan senyawa lain yang dibutuhkan oleh tubuh.

Namun dibalik banyaknya khasiat dan manfaat dari daun kersen ternyata menyimpan beberapa efek samping bagi kesehatan. Dan berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari daun kersen yang dikonsumsi secara berlebihan dari daun tanaman herbal ini.

1. Mual dan muntah

Bagi sobat kanalmu yang memiliki kondisi lambung yang sangat sensitive tidak dianjurkan untuk konsumsi daun kersen. Karena senyawa yang ada dalam kandungan daun tanaman herbal ini bisa menyebabkan kondisi lambung semakin memburuk. Adapun untuk gejala awal dari penyakit lambung seperti asam lambung, maag berupa mual dan juga muntah.

2. Dapat memicu alergi

Bagi kamu yang alergi terhadap zat yang terkandung dalam air rebusan daun kersen akan mengalami beberapa gejala alergi seperti ruam kemerahan pada kulit, dan juga gatal-gatal. Maka dari itu sebelum kamu mengkonsumsi rebusan air daun ini kamu sebaiknya konsultasi kepada tenaga medis yang sudah berpengalaman agar terhidarkan dari efek samping seperti ini.

3. Gangguan pada hati

Adapun salah satu khasiat dan manfaat dari daun kersen adalah dapat menyembuhkanrasa nyeri pada persendian yang mana ini disebabkan oleh asam urat. Namun karena konsumsi rebusan daun kersen terlalu banyak bisa mengakibatkan permasalah lain seperti memperburuk penyakit liver dan juga ganguan hati lainnya.


4. Dapat membahayakan janin

Bagi ibu yang sedang hamil tidak diperbolehkan untuk konsumsi daun kersen yang diolah dalam bentuk apapun. Karena kandungan zat inflamasi dan juga antiseptik bisa menganggu tumbuh kembang janin yang ada dalam rahim sang ibu. Dan yang menjadi dampak buruk bagi ibu yang sedah hamil muda bisa menyebabkan keguguran.

5. Penyebab sakit perut

Untuk efek samping lainnya dari konsumsi daun keres adalah sakit perut. Dan untuk efek buruk ini biasanya terjadi pada usia anak-anak yang konsumsi rebusan daun kersen, sehinga menimbulkan beberapa masalah pada bagian lambung. Dikarenakan kondisi lambung anak-anak lebih sensitive dibangingkan dengan punya orang dewasa. Untuk permasalahan sakit perut ini jika tidak ditangani dengan baik bisa menyebabkan diare dalam jangka panjang.

6. Dapat memicu penyakit ginjal

Bagi sobat kanalmu yang konsumsi daun kersen diolah dalam bentuk apapun dengan jumlah belebihan bisa memicu peradangan pada bagian gijal. Dan adapun untuk efek samping ini bisa muncul dan memberikan dampak yang berbahaya, dimana ginjal sobat kanalmu akan kesulitan dalam menyaring dan juga bersihkan toksin yang berada dalam tubuh manusia.

Kesimpulan

Untuk bentuk dari daun kersen ini sangat mudah untuk dikenali karena bentuknya gelombang dengan ada bulu halusnya. Dibalik khasiat dan manfaat yang besat untuk kesehatan, karena konsumsi daun kersen dalam bentuk olahan apapun bisa memberikan dampak yang berbahaya. Maka dari itu sobat kanalmu harus berhati-hati dalam mengkonsumsi untuk meminimalisir efek samping daun kersen yang bisa dalam waktu jangka panjang.

Demikian informasi terkait dengan daun tanaman herbal daun kersen ini, mudah-mudahan sedikit ulasan ini membantu menambah wawasan sobat kanalmu dimanapun berada.

Post a Comment for "Apa efek samping daun kersen membahayakan kesehatan?"