Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek samping jeruk nipis jika dikonsumsi berlebihan

Efek samping jeruk nipis lebih sedikit diketahui oleh masyarakat dibandingkan dengan khasiat dan juga manfaatnya, karena buah satu ini memang menjadi salah satu buah herbal yang banyak dimanfaatkan masyarakat untuk menyembuhkan beberapa penyakit, selain digunakan untuk minuman menyegarkan atau campuran makanan penetral bau amis.

Dikarenakan dalam jeruk nipis terdapat beberapa kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Dimana kandungan vitamin tersebut bisa digunakan untuk kencangkan kulit, tingkatkan daya tahan tubuh, proses detoksifikasi racun dalam tubuh dan juga mengatasi masalah didalam sistem pencernaan.

Dan apabila jeruk ini dikonsumsi secara berelebihan, kandungan vitamin C yang tinggi ini akan diterima oleh tubuh melebihi kapasitas yang dibutuhkan, dan jika hal ini terjadi bukan manfaat dan khasiat yang didapatkan melainkan adalah beberepa efek samping negatif pada kesehatan tubuh.


Inilah efek samping jeruk nipis yang wajib diketahui

efek samping jeruk nipis
efek samping jeruk nipis

Apakah ada efek samping jeruk nipis ? Seperti yang kami sampaikan sebelumnya bahwasanya untuk jeruk nipis yang dikonsumsi secara berlebihan tidak akan mendatangkan manfaat melainkan dampak buruk bagi kesehatan. Dan berikut ini adalah beberapa efek samping dari jeruk nipis yang netizen wajib ketahui.

1. Menderita GERD

Sebuah penyakit yang menyerang pada bagian usus atau dalam bahasa iilmu medis lebih dikenal dengan GERD ( Gastro Oesophageal Reflux Disease ). Dan efek ini adalah disebabkan karena konsumsi terlalu banyak dari buah jeruk nipis. Adapun untuk orang yang mengalami gejala GERD biasanya akan mengalami beberapa permasalahan seperti muntah, mual, tenggorokan sakit dan juga nyeri pada dada.

2. Pengikisan pada gigi

Adapun untuk efek samping lainya dari berlebihan konsumsi jeruk nipis adalah terjadinya pengikisan pada bagian gigi. Dan jika hal ini terjadi akan hilangkan lapisan yang ada pada gigi kemudian akan menjadi sangat mudah rapuh.

Maka dari itu sangat penting mengetahui takaran yang benar untuk mengonsumsi jeruk nipis, sehingga tidak melakukan dalam jangka waktu panjang dengan secara terus-menerus, dengan demikian masalah pengikisan gigi bisa terhindari.

3. Timbulnya penyakit diare

Sistem pencernaan akan terganggu dan bisa menyebabkan diare, jika kamu konsumsi jeruk nipis ini secara berlebihan. Karena hal ini disebabkan oleh kandungan keasaman yang tinggi dari jeruk masuk pada tubuh melebihi dari yang dibutuhkan.


4. Mudah terserang batu ginjal

Karena kandungan yang tinggi oksalat yang terdapat pada jeruk nipis yang sering dijadikan minuman dan bumbu masak ternyata bisa memicu dan merangsang tumbuhnya batu ginjal. Hal ini terjadi karena konsumsi jeruk nipis berlebihan, sehingga kandungan tersebut masuk dalam tubuh juga melebihi dari yang dibutuhkan oleh badan.

5. Menjadi mudah terkena migraine

Penyakit migraine ini bisa datang kepada siapa saja, dan sudah tentu akan sangat menganggu aktifitas kita. Dan penyakit ini datang bisa disebabkan oleh banyak faktor yang salah satunya adalah konsumsi jeruk nipis yang berlebihan. Dimana kandungan asam amino yang tinggi dan berlebihan masuk dalam tubuh akan picu terjadinya migraine.

6. Membuat luka pada lapisan perut

Untuk jeruk nipis ini juga bisa menjadi penyebab permasalahan serius pada bagian lambung. Hal ini bisa terjadi dikarenakan kandungan asam yang sangat tinggi di jeruk nipis dapat mengakibatkan picu timbulnya radang dan luka pada lapisan bagian dalam organ pencernaan dan juga termasuk dinding lambung. Dikarenakan kadar asam dalam kandungan jeruk nipis bisa menyebabkan korosi. Dan jika hal ini terjadi bisa menyebabkan peradangan maupun luka pada bagian dalam organ.

7. Intensitas buang air kecil semakin meningkat

Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya kapasitas vitamin c yang didapatkan dari konsumsi jeruk nipis yang berlebihan bisa tingkatkan itensitas buang air kecil. Apabila hal ini terjadi dan dibiarkan dalam waktu cukup lama bisa menyebabkan dehidrasi, dan jika sudah mengalami dehidrasi maka butuh pertolongan yang cepat serta tenaga medis yang sudah ahli.

Kesimpulan

Dan sebagai kesimpulan pada ulasan kali ini didapatkan, bahwasanya jeruk nipis yang saat ini kita kenal memiliki banyak khasiat dan juga manfaat jika dikonsumsi secara berlebihan dan tidak sesuai dengan aturan ternyata malah menyebabkan efek samping pada kesehatan tubuh. Maka dari itu jangan konsumsi jeruk nipis ini sesuai dengan aturan dan tidaklah berlebihan.

Demikian informasi terkait dengan efek samping jeruk nipis dibalik banyak manfaat yang saat ini sudah kita ketahui. Mudah-mudahan sedikit informasi ini membantu menambah wawasan kita semua.

Post a Comment for "Efek samping jeruk nipis jika dikonsumsi berlebihan"