Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Obat TBC Menurut Medis jika Dikonsumsi 6-12 Bulan

Efek samping obat tbc harus diketahui sebelum kamu memutuskan menggunakan salah satu dari sekian banyak jenis obatnya, karena efeknya memang ada. Perlu diketahui bahwasanya tuberculosis atau lebih sering kita dengar dengan nama TBC adalah salah satu penyakit yang bisa menyerang sistem pernapasan dan juga bisa menular melalui air liur maupun dengan udara.

Sebagai wawasan tambahan bagi sobat kanalmu dimanapun berada bahwasanya untuk bisa sembuh total dari penyakit tbc haruslah mengkonsumsi obat yang diberikan oleh dokter yang secara terus menerus selama 6 sampai dengan 9 bulan. Tubuh akan benar-benat terbebas dari tbc jika kamu meminum obat sesuai dengan dosis yang diberikan dokter dan juga mengikuti anjuran yang disampaikannya.

Namun demikian karena obat tbc ini juga terdapat bahan kimia didalam kandungannya, maka tidak menutup kemungkinan akan memberikan efek samping sampai dengan dampak buruk pada kesehatan yang mengkonsumsinya. Maka dari itu sangat penting bagi kamu semua yang mendapati penyakit ini mengikuti saran dari dokter untuk bisa cepat sembuh dan meminimalisir efek samping dari obat yang dikonsumsinya.


Inilah efek samping obat TBC bagi kesehatan tubuh manusia

efek samping obat tbc
efek samping obat tbc

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya untuk zat kimia yang terkandung dalam obat tbc tersebut bisa menyebabkan efek samping negatif. Adapun berikut ini adalah beberapa dampak buruk yang diakibatkan oleh obat tbc setelah mereka mengkonsumsinya.

1. Mengalami Alergi

Adapun untuk efek samping alergi ini adalah cukup umum dan paling ringan dari konsumsi obat tbc. Dan untuk bentuk dampak dari alergi ini biasanya akan mengalami beberapa hal seperti ruam dan gatal-gatal pada bagian kulit. Untuk bisa mengatasi permasalahan ini, sebaiknya sobat kanalmu melakukan konsultasi dengan medis yang sudah berpengalaman. Dan jangan sampai sembarangan kamu konsumsi obatnya dikarenakan hal ini bisa menyebabkan permasalahan kesehatan lebih lanjut.

2. Terjadinya gangguan pendengaran

Untuk efek lainnya dari obat tbc ini adalah gangguan kesehatan pendengeran. Dikarenakan pada obat tbc tersebut terdapat kandungan zat etambutol yang mana bisa menyebabkan syaraf kedelapan rusak dengan demikian bisa menjadikan sakit kepala sampai dengan gangguan pendengaran. Apabila hal ini tidak segera untuk diobati bisa menyebabkan ketulian.

3. Menyebabkan gangguan penglihatan


Perlu sobat kanalmu juga ketahui bahwasanya zat etambutol tidak hanya dapat menganggu pendengaran namun juga bisa menyebabkan masalah pada penglihatan bagi yang mengkonsumsinya. Dan efek samping yang sering paling muncul terjadinya rabun sampai dengan mengalami buta warna. Apabila terjadi hal yang demikian kamu jangan sampai mengambil langkah yang gegabah, namun kami lebih menekankan kepada anda untuk bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. Menyebabkan nafsu makan berkurang

Untuk penyakit tbc yang menyerang pada saluran pernapasan ini bisa menyerang siapa saja baik mereka masih anak-anak sampai dengan orang yang dewasa. Dan apabila hal ini terjadi pada anak-anak maka nafsu makan mereka akan banyak berkurang.

Adapun penyebab dari berkurangnya nafsu makan ini disebabkan oleh kandungan zat isoniazid pada obat tersebut. Dan jika hal ini terjadi bisa menyebabkan berat badan pada tubuh anak yang sedang menjalani rawat penyakit TBC menjadi semakin berkurang banyak.

5. Menyebabkan mual sampai muntah

Diawal masa penyembuhan dari penyakit TBC ini ketika kamu mengkonsumsi obat akan mendapati mual-mual sampai degan muntah. Adapun hal ini diakibatkan oleh kandungan zat perazinamid yang ada pada obat tbc. Dan untuk efek mual ini bisa berlangsung antara satu sampai dua bulan pertama awal penyembuhan.

Apabila tubuh akan cepat untuk menyesuaikan dengan obat tbc tersebut untuk masalah mual sampai dengan muntah tidak akan terjadi lagi. Maka dari itu kamu tidak perlu terlalu kwatir dikarenakan ini adalah reaksi normal dari obat yang ada dalam tubuh. Untuk itu makanya kamu jangan sampai mengkonsumsi obat yang salah yang bisa memperparah penyakit TBC.

Kesimpulan

Dari penyampaian diatas bisa diambil kesimpulan untuk menuntaskan penyakit TBC yang ada dalam tubuh manusia butuh waktu kurun waktu 6 sampai dengan 9 bulan bahkan sampai 12 bulan. Namun demikain untuk mengkonsumsi obatnya harus sesuai dengan resep dokter serta mengikuti anjuran yang sudah disampaikan agar efek samping obat tbc dapat sedini mungkin untuk diminimalisir.

Demikian ulasan dari team kanalmu dengan topik penyakit tbc, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa menambah wawasan dan juga selalu hati-hati dalam menggunakan obat, dan pastikan untuk menggunakan resep dokter untuk mendapatkan hasil maksimal.

Post a Comment for "Efek Samping Obat TBC Menurut Medis jika Dikonsumsi 6-12 Bulan"