Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping KB Suntik 1 Bulan yang Wajib di Waspadai

Efek samping KB suntik 1 bulan harus diperhatikan dan diketahui oleh sobat cantik kanalmu ketika mau menunda kehamilan sementara waktu. Adapun untuk KB suntik 1 bulang ini salah satu cara yang paling banyak dipakai oleh masyarakat kita. Dan untuk prosesnya KB suntik satu bulan ini memadukan antara hormon estrogen dan juga progesteron.

Apakah ada efek samping KB suntik 1 bulanan? Itu adalah salah satu perntanyaan yang sering kami dengar oleh para ibu muda yang sedang melakukan program penundaan untuk memiliki keturunan. Untuk mendapat jawaban tersebut kami mencoba kroscek terhadap beberapa jurnal ilmiah.

Dari hasil kroscek tersebut memang untuk metode KB ini sangat ampuh untuk menunda hamil, namun demikian jika tidak dilakukan dengan benar bisa menimbulkan efek samping. Adapun untuk dampak tersebut bisa macam-macam dan salah satunya adalah terkait dengan kesehatan tubuh manusia.


Inilah daftar efek samping kb suntik 1 bulan

efek samping kb suntik 1 bulan
efek samping kb suntik 1 bulan

Seperti yang kami paparkan sebelumnya, bahwasanya setelah melakukan kroscek beberapa jurnal kesehatan untuk metode KB ini memiliki efek samping yang perlu sobat kanalmu perhatikan. Dengan demikian kamu akan tahu apakah jenis KB ini cocok untuk tubuh kamu ataupun tidak. Dan berikut ini adalah daftar efek samping kb 1 bulan yang perlu sobat cantik ketahui.

  1. Akan timbulnya permasalahan kulit seperti halnya perubahan warna kulit, gatal, serta kulit lebih tinggi memiliki potensi untuk mengalami infeksi jamur atau lebih dikenal dengan bahasa ilmiah kandidiasi.
  2. Memberikan efek tidak nyaman seperti sakit kepala, merasa mual, dan juga akan mengalami berat pada sistem pernapasannya.
  3. Akan menjadikan berat bandanmu cepat naik
  4. Menjadikan nafsu makan berkurang
  5. Memiliki emosi yang labil dikarenakan mudah stress dan tersinggungan
  6. Perempuan akan mengalami kelelahan dan kecapean
  7. Memungkinkan terjadiya penambahan dan erosi pada dinding leher rahim wanita
  8. Memiliki potensi muncul banyak penyakit seperti tromboembolic, emboli pari dan tromboplebitis
  9. Menjadikan buah dada menjadi lembek dan bisa juga menyebabkan muncul cairan galactorrhea
  10. Adapun untuk bahaya besar dari kb suntik satu bulan adalah terjadinya pendarahan besar pada suntikan pertama, dan bentuk pendarahan ini bisa berjalan kurang lebi dalam kurun waktu 30 hari, namun demikian siklus ini akan menjadik kembali normal ketika proses kb dengan metode ini sudah dalam fase 1 tahunan
  11. Sebagian besar wanita dengan menggunakan metode kb ini bisa mengalami menstruasi normal, namun demikian sebagian banyak wanita lain akan mendapati siklus menstruasi yang lebih awal tibanya ataupun terlambat dari biasanya, dan tidak sedikit wanita yang juga mengalami pendarahan dalam kurun waktu cukup lama

Beberapa daftar orang yang sebaiknya untuk hindari KB suntik 1 bulan


Dikarenakan banyaknya dafar efek sampin ataupun dampak buruk pada sitem kb suntik satu bulanan ini, maka dari itu timbul banyak kontradiksi untuk metode penundaan hamil ini. Untuk menghindari efek buruk yang lebih parah maka beberapa orang dengan riwayat sebagai berikut ini dilarang untuk melakukan KB suntik 1 bulanan. 

  1. Bagi wanita yang hamil atau memiliki indikasi kehamilan
  2. Untuk wanita yang terdapat kelainan atau kanker pada bagian kelenjar payudara
  3. Bagai wanita yang memiliki riwayat kanker pada sistem reproduksi
  4. Untuk para wanita yang mendapati penyakit gangguan tromboembolik
  5. Tidak disarankan untuk para wanita yang miliki riwayat penyakit jantung, bagian pembuluh darah dan juga berbagai jenis penyakit kardiovaskuler lainnya
  6. Untuk wanita yang sering mengalami migrain
  7. Bagi wanita yang memiliki riwayat penyakit liver atau hati sudah parah
  8. Bagi wanita yang mendapati pendarahan yang abnormal
  9. Bagi wanita yang memiliki usia lebih dari 45 tahun
  10. Dan juga bagi para wanita yang memiliki alergi terhadap estradiol cypionate dan juga medorxprogesteron acetate

Kesimpulan

Dikarenakan banyaknya efek samping kb suntik 1 bulan, maka dari itu sobat cantik kanalmu harus lebih hati-hati dan waspada. Serta jika kamu akan menggunakan metode ini, sebaiknya untuk konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter agar mengetahui lebih banyak riwayatmu dengan demikian kamu akan melakukan pencegahan lebih dini terhadap masalah yang ada dikemudian hari.

Demikian ulasan kanalmu, dengan informasi topik ini, mudah-mudahan artikel ini dapat membantu anda untuk mengambil keputusan yang bijak ketika mau menentukan metode kb seperti apa yang akan digunakan untuk tunda kehamilan ataupun program keluarga berencana.

Post a Comment for "Efek Samping KB Suntik 1 Bulan yang Wajib di Waspadai"