Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek KB Suntik 3 Bulan wajib di waspadai, karena Berdampak pada Siklus Haid

Efek samping kb suntik 3 bulan haruslah diperhatikan dan juga diwaspadai dengan hati-hati sehingga jika terpaksa untuk melakukan kb ini dan ada dampaknya dikemudian hari tidaklah kaget serta mengalami kecemasan yang berlebihan. Perlu sobat ketahui bahwasanya dalah kb suntik 3 bulan ini memiliki kandungan depo provera yang mana merupakan bentuk dari jenis progesteron.

Untuk melakukan KB ini harus dengan pengawasan oleh dokter atau tenaga medis yang profesioanal, dikarenakan untuk mengetahui kecocokan kandunga degan sistem imun kamu, karena jika tidak diperhatikan dengan baik justru akan berdapak terhadap kesehatan tubuh pada bagian lain.

Maka dari itu untuk mengetahui dampak buruk yang dimungkinkan terjadi dari metode menunda anak dengan suntik kb 3 bulan, sobat cantik kanalmu ikuti ulasan kami ini sampai dengan selesai, dengan demikian kamu akan mengetahui setidaknya sedikit info yang bisa digunakan untuk memikirkan lebih matan ambil proses ini untuk menunda kehamilan.


Inilah beberapa efek dampak dari KB suntik 3 bulan

efek samping kb suntik 3 bulan
efek samping kb suntik 3 bulan

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, dibalik manfaat untuk bisa menunda kehamilan KB suntik 3 bulan ini memiliki beberapa efek samping Dan berikut ini adalah dampak buruk bagi kesehatan yang sobat kanalmu perlu ketahui.

  1. Pengeringan pada organ intim wanita
  2. Menjadikan tubuh sering gemetar dan juga sakit kepala
  3. Menyebabkan kemunculan jerawat yang tidak seperti biasanya
  4. Apabila digunakan dalam waktu jangka panjang bisa menyebabkan gangguan emosional
  5. Dan untuk KB ini juga faktor pemicu terjadinya osteoporosis atau dalam bahasa lain penurunan kepadatan tulang
  6. Dalam penggunaan jangka panjang KB suntik 3 bulan bisa menyebabkan perubahan kadar kolesterol menjadi lebih tinggi
  7. Untuk para wanita yang melakukan program KB kemudian menghentikannya, untuk kesuburan akan kembali normal namum membutuhkan waktu yang cukup lama
  8. Menyebabkan berat badah mudah naik dalam beberapa waktu
  9. Terjadinya gangguan menstruasi wanita, memang tidak semua mengalami ini, namun karena kondisi seseorang berbeda-beda maka kemungkinannya cukup besar. Ada yang mengalami pemendekan siklus dan sebagaian perempuan lain mengalami pemanjangan siklus mentruasi. Selain itu ada juga wanita yang tidak mengalami siklus mentruasi dalam beberapa bulan.

Kriteria wanita yang tidak diperbolehkan menggunakan metode KB ini


Seperti yang kami sampaikan bahwasanya tidak semua wanita memiliki sitem imun yang sama, dan maka dari itu terjadinya efek samping atau dampak buruk bagi mereka yang menggunakan metode Keluarga berencana ini. Dan dari efek samping tersebut ada yang gejalanya ringan sampai dengan berbahaya. Maka dari itu untuk beberapa kriteria wanita tersebut ini tidak dianjurkan untuk melakukan Suntik KB 3 bulan, terlebih tanpa sepengetahuan tenaga medis yang profesional.

  1. Untuk para wanita perokok terlebih jika dalam satu hari bisa menghabiskan sebanyak 15 batang
  2. Bagi para wanita yang memiliki keluhan migrain
  3. Untuk para wanita yang memiliki riwayat penyakit jantung, pembuluh darah dan juga gangguan kardiovaskuler lainnya
  4. Bagi para perempuan yang memiliki tekanan darah tinggi
  5. Untuk para wanita yang mendapati kanker pada organ reproduksinya
  6. Teruntuk para wanita yang memiliki pendaharanan yang abnormal
  7. Bagi wanita yang terdapat gangguan kanker pada kelenjar payudaranya
  8. Teruntuk wanita yang hamil atau indikasi mengalami kehamilan

Selain beberapa kriteria wanita tersebut dilarang untuk menggunakan metode KB ini, ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para ibunda ketika akan memutuskan menggunakan metode kb suntik 3 bulan. Adapun berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diwaspadai oleh sahabat cantik kanalmu.

  1. Apabila mereka menghentikan program KB suntik 3 bulan, mereka tidak akan lansung mengalami haid, dan biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama, kurang lebih selama 6 bulan untuk dapat muncul menstruasi secara normal lagi.
  2. Sudah pastinya jika dihentikan kesuburan akan kembali, namun demikain waktunya cukup lambat dan secara bertahap. Maka dari itu kamu harus konsultasikan dengan tenaga medis ahli jika akan menggunakan metode ini.
  3. Dapat menyebabkan kenaikan berat badan dan juga sakit kepala, untuk sakit kepala sebenarnya bisa cepat hilang dan tidak terlalu berbahaya
  4. Dan untuk kb suntik sendiri juga akan menyebabkan gangguan pada siklus mentruasi yang biasa menjadi hal rutin wanita. Namun demikian untuk gangguan ini bisa bersifat sementara dan juga tidak menyebabkan gangguan jangka panjang jika memiliki kondisi badan yang bagus.

Kesimpulan

Seperti yang kami jabarkan diatas bahwasanya ada beberapa efek samping suntik kb 3 bulan, yang mana untuk melakukan metode ini sebaiknya untuk konsultasikan dengan tenaga ahli serta mengetahui kecocokan dengan tubuh kamu, agar terhidar dari berbagai dampak buruk dikemudian hari.

Demikianlah ulasan kanalmu terkait dengan topik informasi ini, mudah-mudahan sedikit ulasan dari laman ini bisa menjadi salah satu pertimbangan sebelum kamu memutuskan untuk melakukan hal tersebut dalam menjalani program keluarga berencana.

Post a Comment for "Efek KB Suntik 3 Bulan wajib di waspadai, karena Berdampak pada Siklus Haid"