Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Pengertian Tanning Kulit, Efek Samping, Manfaat, Jenis dan Metode nya

Tanning kulit merupakan salah satu treatment dalam dunia kecantikan dengan tujuan untuk menjadikan kulit menjadi lebih hitam. Memang cukup aneh, dikarenakan banyak para wanita yang ingin tampil lebih menarik dengan kulit putih mulus dan sehat, ini malah cari cara dan juga metode untuk menghitamkan kulit tubuh mereka. Adapun hal ini sekarang menjadi trend dan lumprah dikarenakan banyak sebagaian masyarakat beranggapan  kulit gelap itu eksotis dan juga menjadi lebih cantik sensual.

Dan trend saat ini cantik mempesona tidak harus putih, dikarenakan warna kulit yang gelap juga menjadikan dirimu lebih sensasional dan eksotis. Maka dari itu memiliki kulit yang gelap seharusnya kamu lebih bersyukur, dikarenakan dari mereka juga banyak yang ingin memiliki kulit ini dengan menggunakan banyak cara salah satunya adalah tanning kulit.

Untuk mengetahui lebih detail dan lengkap terkait dengan metode perawatan kecantikan ini, kanalmu akan mengulas secara tuntas dari pengertian tanning kulit, mafaat, efek samping dari perawatan, jenis dan juga metode yang digunakannya. Maka dari itu baca ulasan ini sampai dengan selesai, agar mendapatkan informasi yang cukup.


Apakah itu tanning kulit ?

efek samping tanning kulit
efek samping tanning kulit

Apabila kamu memaknai dari arti tanning adalah bentuk proses menjadikan warna berubah jadi gelap. Dan sedangkan untuk tanning kulit adalah bentuk dari sebuah treatment atau cara menjadikan kulit menjadi lebih gelap dari sebelumnya. Tidak hanya kulit gelap yang didapatkan namun juga menjadi lebih glowing dengan demikian kulit akan nampak sensual dan lebih eksotis.

Adapun untuk metode penggelapan kulit ini didalam masih menuai pro dan juga kontra, terlebih dalam dunia kesehatan. Namun demikian yang menjadikan banyak yang tidak sependapat adalah proses tanning yang dilakukan secara konvensional. Akan tetapi untuk saat ini banyak sekali metode dan jenis yang aman ketika melakukan tanning pada kulit, yang penting kamu pandai mencari tempat yang tepat dan perawatan yang baik.

Apa saja jenis tanning kulit ?

Adapun untuk mendapatkan kulit gelap melalui tanning ini bisa dilakukan dengan beberapa metode cara baik itu secara outdoor dan juga bisa dilakukan mandiri secara indoor. Dan untuk saat ini tidak sedikit kaum hawa yang melakukan proses ini demi untuk mendapatkan warna kulit coklat ke oranye an yang mana kesannya lebih seksi dan mengkilap. Menurut para pakar kesehatan kecantikan untuk proses penggelapan kulit atau lebih ngetrend nya adalah tanning kulit ini dibagi menjadi tiga jenis metode.

Dan berikut ini adalah beberapa metode tersebut, yang perlu sobat cantik kanalmu lebih ketahui, apabila memutuskan untuk menggunakan treatment ini.

1. Tanning kulit secara alami

Untuk jenis teknik tanning kulit pertama yang alami adalah dilakukan dengan cara kamu melakukan jemur kulit untuk menjadi lebih gelap. Adapun untuk melakukan jemur diri dibawah sinar matahari bisa dilakukan beberapa jam sesuai dengan keinginan kegelapan kulit yang sobat kanalmu inginkan. Dan untuk melakukan jemur kulit dibawah sinar matahari harus dilakukan tanpa menggunakan kain pelindung, untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Namun demikian seperti yang banyak kita ketahui paparan sinar matahari secara langsung memiliki dampak atau efek samping pada kulit, dikarenakan sinar matahari ini ada kandungan ultraviolet yang bisa menyebabkan gangguan pada kulit jika terpapar secara langsung dengang kadar yang berlebihan. Maka dari itu ketika akan melakukan jemur diri sebaiknya ntuk menggunakan sun block yang mana digunakan untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari secara langsung.

Dan kapan waktu yang pas untuk berjemur ? Bagi sobat kanalmu yang akan melakukan tanning secara alami dengan sinar matahari bisa melakukan jemur diri pada jam sekitar 10.00 sampai dengan 15.00, dikarenakan untuk waktu ini pancaran sinar matahari cukup maksimal dan terik, namun demikian untuk menjaga keamanan kulit sebaiknya untuk tidak berjemur lebih dari 1 jam an.

Perlu diketahui meskipun cara ini alami, namun jika dilakukan secara berlebihan akan memberikan efek samping pada kesehatan, yaitu akan terjadi resiko kanker kulit. Untuk itu setelah melakukan tanning kulit, ada baiknya menggunakan lotion yang didalamnya ada kandungan moisturizer sehingga kulit tidak menjadi kering.

2. Metode tanning bed

Adapun untuk metode selain tanning lotion dan alami, untuk saat ini banyak dari kaum hawa yang menggunakan metode tanning bed. Dan untuk jenis metode ini dianggap mampu menghasilkan kulit coklat lebih maksimal dan mudah untuk dilakukan. Adapun untuk metode ini dilakukan tubuh dimasukan dalam box yang sudah didesain khusus dengan menggunakan alat super canggih. Adapun untuk box ini didalamnya ada tempat tidur dan juga lampu ultraviolet yang didesain canggih.

Untuk melakukan proses ini, sobat kanalmu diminta masuk dalam tempat ini tanpa busana dan mata ditutup dengan penutup khusus yang mana untuk melindungi dari sinar ultraviolet agar tidak terkena paparan buruk secara langsung. Untuk proses ini hanya perlu dilakukan dala 20 menit dan juga sebanyak 2 sampai dengan 3 kali saja sudah mendapatkan hasil gelap yang maksimal, tentunya ini adalah cara yang super cepat untuk melakukannya. Namun demikian untuk alat tanning bed ini membutuhkan daya sebesar 6800 watt.

3. Tanning bed dengan aplikasi lotion, spray dan oil

Dan untuk jenis tanning ketika adalah mengaplikasikan menggunakan oil, spray ataupun krim kulit pencoklat. Adapun untuk menggunakannya bisa dilakukan secara oles, semprot pada seluruh permukaan kulit. Dan untun kandungan bahan yang digunakan biasanya adalah bahan yang aman untuk kulit serta bisa membakar kulit bagian atas. Dengan demikian kulit sel yang sudah mati terbakar tersebut menjadikan warna kulit gelap kecoklatan.


Apakah ada efek samping tanning kulit ?

Dan untuk melakukan tanning kulit tanpa prosedur dan dilakukan secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan beberapa efek samping. Adapun berikut ini adalah beberapa efek samping dari tanning kulit yang perlu sobat kanalmu ketahui.

1. Dapat menimbulkan bintik hitam dan kerutan

Perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya untuk tanning kulit ini juga menyebabkan beberapa efek samping berupa dampak negatif bagi kesehatan. Dan adapun untuk efek samping muncul yang pertama timbulnya bintik hitam dan juga kerutan dibagian mata maupun bagian tubuh yang lainnya. Adapun hal ini adalah bentuk penuaan dini dari hal yang disebabkan oleh sinar UV dimana dalam prosesnya mampu merusak jaringan kulit luar sampai dengan dalam.

2. Terjadinya sunburn di kulit

Dan efek samping lain dari tanning kulit ini adalah terjadinya sunburn pada bagian kulit. Bisa jadi kulit kamu justru terjadi luka terbakar dan membuat permukaan kulit banyak bekas luka, dan jika hal ini terjadi bukan kulit yang eksotis gelap, melainkan bekas luka terbakar.

3. Menyebabkan kanker melanoma

Adapun untuk proses tanning kulit yang dilakukan secara berlebihan bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit sampai dengan kanker melanoma. Adapun untuk kanker melanoma ini bentukya seperti tahi lalat atau berupa bentuk bintik-bintik hitam. Apabila telat dalam penanganan hal ini bisa menyebar keseluruh permukaan kulit pada bagian tubuh.

Kesimpulan

Dalam penjelasan diatas disebutkan selain memiliki manfaat yang tepat untuk mendapatkan kulit yang gelap eksotis, efek samping tanning kulit juga ternyata ada. Maka dari itu sebelum kamu memutuskan untuk melakukan proses ini untuk perawatan kulit menjadi gelap, sebaiknya untuk tahu dampaknya agar menjadi pertimbangan sebelum melakukan.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik tanning kulit ini, mudah-mudahan sedikit informasi ini, dapat menambah wawasan sobat cantik kanalmu dimanapun berada.

Post a Comment for "Pengertian Tanning Kulit, Efek Samping, Manfaat, Jenis dan Metode nya"