Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Simvastatin Minum Jangka Panjang Untuk Berbagai Dosis

Efek samping simvastatin perlu sobat kanalmu ketahui sebelum memutuskan untuk menggunakannya. Memang bagi mereka yang memiliki keluhan akan kadar kolesterol yang tinggi, adapun untuk simvastatin ini sangat cocok digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol yang ada didalam tubuhnya. Namun demikian karena simvastatin berupa obat, sudah tentu didalam kandungannya terdapar zat kimia.

Dan apakah simvastatin ini memiliki efek samping ? Dikarenakan kandungannya pastinya untuk jenis obat ini terdapat dampaknya, baik itu gejala ringan sampai dengan yang cukup berbahaya. Maka dari itu kamu perlu menggunakan obat jenis ini menggunakan resep dari dokter serta menggikuti semua anjuran yang diberikan kamu untuk dapat hasil manfaat yang baik.

Dikarenakan jika tidak mengikuti anjuran atau bahkan menggunakan lebih dari dosisnya bisa menyebabkan dampak buruk jangka panjang. Dan beberapa tahun lalu juga pernah ada kabar bahwasanya obat ini menjadi salah satu penyebab kematian dari sekelompok orang yang dimana menyebabkan atau mengalami gangguan otot.


Efek samping simvastatin yang digunakan dalam waktu jangka panjang

efek samping simvastatin
efek samping simvastatin

Perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya obat penurun kadar kolerterol simvastatin ini memiliki kandungan statin dimana cukup ampuh untuk menangani permasalahan keluhan penyakit tersebut. Namun demikian untuk menggunakan obat ini sobat haruslah hati-hati dan pastikan sudah berkonsultasi dengan tenaga medis ahli dan juga profesional untuk menghindari beberapa efek sampingnya.

Adapun berikut ini adalah beberapa dampak buruk dari penggunaan simvastatin dalam waktu jangka panjang yang perlu sobat kanalmu ketahui.

1. Terjadinya gangguan otot

Untuk simvastatin itu sendiri memiliki beberapa jenis dosis seperti takaran 20mg, 15mg dan juga 10mg. Namun demikian karena terlalu sering menggunakan ini, ternyata akan memberikan dampak pada kesehatan bagian otot salah satunya.

Meskipun banyak dari merika menggunakan simvastatin dengan dosis yang paling rendah yiut 10mg, namun demikian jika dikonsumsi dalam waktu lama bisa menyebabkan kelainan pada otot yang mana bisa berdampak fatal. Apila sudah mendapati hal ini dan tidak dilakukan penanganan segera dengan cara yang baik dan tepat bisa menjalar pada dampak lain dan berakhir pada kematian.

2. Terjadinya gangguan fungsi hati


Mungkin salah satu yang menjadi idola kebanyakan masyarakat dari obat penurun kolesterol ini adalah harganya yang cukup terjangkau. Dan dikarenakan ketakutan karena tingginya kadar kolesterol merupakan hal wajar memang kolesterol jika sudah tinggi akan berdampak lain. Adapun dampak dari kelosterol lain itu seperti terjadinya serangan jantung, hipertensi sampai dengan terjadinya stroke.

Selain karena menyebabkan permasalahan atau munculnya penyakit diatas untuk simvastatin yang memiliki harga terjangkau ini juga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi hati. Dan hal ini sudah melalui beberapa penelitian oleh para ahli medis dan terbukti akan hal tersebut. Untuk kamu yang mau menggunakan simvastatin dengan dosis paling tinggi haruslah ada pengawasan dari dokter supaya tidak menyebabkan kejadian yang tidak diinginkan dikemudian hari.

3. Menjadi penyebab gagal ginjal

Adapun efek samping berbahaya lain dari kandungan zat yang terdapat pada simvastatin, dapat menyebabkan dampak buruk pada kesehatan ginjal manusia. Dan bagi kamu yang berencana untuk melakukan pengobatan kolesterol yang tinggi menggunakan simvastatin haruslah menggunakan resep dokter dan tidak dilakukan dalam waktu jangka panjang. 

Selain bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh, simvastati juga bisa digunakan untuk turunkan tekanan darah, serta bisa menyehatkan kardiovaskuler dengan sangat efektif. Namun demikian dibalik kemanfaatannya tersebut ada efek samping berbahaya yaitu dapat menyebabkan gangguan gagal jantung. Adapun hal ini sudah pernah dilakukan pengujian klinis oleh para ahli medis dan juga dokter.

Untuk cara kerja dari obat simvastatin ini sendiri adalah dengan melebarkan bagian pembuluh darah dan juga bisa melakukan perbaikan atas fungsi pembuluh darah tersebut. Akan tetapi penggunaannya tidak diperbolehkan untuk dikonsumsi selama dua bulan dengan berturut-turut, hal ini akan memungkinkan terjadinya gangguan gagal ginjal dalam tubuh sehingga bisa menyebabkan kematian.

Kesimpulan

Seperti yang dijabarkan diatas bahwasanya simvastatin ini memiliki khasiat dan juga manfaat untuk bisa menurunkan kolesterol, namun karena penggunaan tidak tepat maka menyebabkan efek samping simvastatin jika dikonsumsi dalam waktu jangka panjang dan terus menerus. Oleh sebab itu untuk menggunakan produk kesehatan ini harus ada pendampingan dari dokter dan tenaga medis yang sudah ahli.

Demikian ulasan terkait dengan topik kesehatan kali ini, dan mudah-mudahan sedikit informasi dari artikel ini menjadi menambah wawasan kita semua. Serta bijak dalam menggunakan produk tertentu untuk menangani sebuah penyakit.

Post a Comment for "Efek Samping Simvastatin Minum Jangka Panjang Untuk Berbagai Dosis"