Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

9+ Cara Ampuh Membersihkan Mesin Motor Yang Kotor & Berkarat

Mesin Motor Berkarat - Karena banyaknya debu yang menempel setiap hari pada mesin motor, ini adalah salah satu penyebap mesin montor menjadi sangat kotor, bahkan bisa berkarat. Maka untuk itu sobat bikers perlu melakukan pembersihan pada bagian mesin motor ini agar tidak menimbulkan motor berkarat akut.

Kerak yang menjadikan mesin motor berkarat ini bisa sobat bikers lakukan pembersihan dengan cara sederhana namun ampuh. Dan pembersihan kotoran dan karat ini menjadi wajib hukumnya bagi sobat bikers jika motor ingin selalu tampil mengkilap setiap saat.
cara membersihkan mesin berkarat

Bagian Motor Sering Dibersihkan

Sobat bikers jika melakukan cuci motor pasti hanya pada bagian body, baik samping , depan dan juga belakang , yang mana pada bagian ini memang mudah untuk dilakukan pembersihan. Namun sobat bikers lupa bahwasanya yang menjadikan motor ini berjalan adalah pada bagian mesinnya.

Baik sobat bikers, mulai sekarang membuat jadwal untuk membersihkan mesin berkala bisa kalian lakukan, terlebih sobat bikers habisa dari tempat yang becek dan berlumpur saat menggunakan motor.

Adapun membersihkan mesin pada motor ini dengan tujuan agar mesin motor tidak berkerak dan akhirnya keropos, yang mnyebabkan penutup mesin bisa rusak.

Cara Ampuh Membersihkan Mesin Motor Yang Kotor & Berkarat

Bagaimana membersihkan mesin motor kotor berkarat ? Ini adalah kebanyakan yang sering ditanyakan kebanyakan sobat biker. Untuk membersihkan mesin motor agar mengkilap kinclong, bisa sobat bikers lakukan dengan beberapa cara gampang, yang bisa kalian lakukan sendiri. Dan berikut ini adalah tips dan cara gampang bagi sobat bikers dalam membersihkan mesin motor yang kotor, berkerak sampai berkarat. 

1. Siapkan Alat Pembersih Sederhana Berikut

cara membersihkan mesin berkarat

Yang paling penting lakukan sobat bikers sebelum melakukan pembersihan pada mesin motor adalah mempersiapkan beberapa alat berikut ini, agar mesin motor sobat biker bisa menjadi lebih mengkilap kinclong.

Adapun alat yang  bisa sobat siapkan adalah sebagai berikut, antaralain sikat gigi (Bisa menggunakan jenis sikat lain, yang ukuran tidak terlalu besar), lap kanebo, ember, lap microfiber, terkahir adalah cairan pembersih selain air.

2.  Pakai Sabun Pembersih Piring

cara membersihkan mesin berkarat

Cairan yang ada pada rumah kalian, seperti sabun cuci piring sunlight, mama lime, dan berbagai jenis yang sama ini bisa kalian jadikan sebagai bahan cairan pembersih mesin motor sobat bikers semua loh. Caranya cukup mudah, sibat campur sabun pencuci piring tersebut dengan air secukupnya kemudian digunakan untuk membersihkan mesin motor.

Memang pada mesin motor ini ada sebagian yang tidak bisa dijangkau dengan lap kanebo dan tangan, maka untuk itu sobat bikers bisa memanfaatkan sikat gigi yang sudah disiapkan tadi untuk membersihkan bagian tersebut. Lakukan pembersihan dengan cara menggosok sampai kira-kira kotoran yang menempel pada mesin sampai hilang, setelah sobat bikers selesai mengosok kemudian bilas dengan air, dan keringkan dengan caran mengelapnya.

3. Gunakan Cairan Pembersih WC

cara membersihkan mesin berkarat

Apabila sobat tidak memiliki sabun cuci piring, atau memang tidak cukup baik untuk membersihkan kerak pada mesin motor. Sobat bikers bisa memanfaatkan cairan pembersih WC untuk digunakan sebagai pembersih mesin motor yang kotor, berkerak, berkarat.

Akan tetapi kanalmu tidak menyarankan sobat bikers, membersihkan mesin motor dengan cairan pembersih wc menggunakan tangan, pasalnya cairan ini sangat panas, bisa merusak telapak tangan sobat.

Agar bisa dan aman digunakan kami sarankan sobat biker memanfaatkan sikat gigi yang ada, untuk membersihkan mesin motor yang mana menggunakan cairan pembersih WC.

Nah bagaimana cara menggunakannya ? Cukup mudah sobat biker ambil air secukupnya tuang pada ember, dan kemudian campur dengan pembersih wc, jika sudah dicampur gunakan air tersebut dengan sikat untuk mengosok-gosok bagian mesin yang kotor. Jika sudah selesai jangan lupa untuk dibilas mesin dengan air biasa kemudian dikeringkan.

4. Pakai Bensin / Solar

cara membersihkan mesin berkarat

Jika pada bagian blok bawan mesin anda ada rembesan oli, ini bisa sobat bikers bersihkan dengan menggunakan bensin. Penggunaan bensi atau solar ini adalah cara yang cukup ampuh digunakan untuk memberihkan bagian mesin yang berkerak, dan usahakan jangan sampai bagian blok mesin sobat bikers berkarat.

Dan cara ini adalah cara yang paling tepat sobat bikers lakukan sebelum membersihkan motor dengan menggunakan cairan shampoo atau cairan lain seperti cairan pencuci piring, pembersih wc. Agar mesin bersih secara menyeluruh penggunaan sikat gigi, ini bisa menjangkau sudut-dudt mesin yang tidak bisa dijangkau dengan tangan sobat bikers.

5. Gunakan Campuran Air Dan Blau

cara membersihkan mesin berkarat

Jika sobat belum tau apa itu blau, Blau ini merupakan jenis sabun yang bisa digunakan mencuci piring sampai dengan pakaian. Dan juga kamu sobat bikers bisa memanfaatkan blau yang dicampur dengan air untuk membersihkan mesin motor yang kusam, berkerak.

Kemudian cairan tersbut disiram atau dioleskan pada bagian mesin yang akan dibersihkan, kemudian bisa gosok-gosok dengan kain atau sikat jika sudah selesai sobat bikers bisa membilas dengan air bersih, kemudian dilap dan dikeringkan.

6. Gunakan Asam Cuka Untuk Mesin Berkarat

cara membersihkan mesin berkarat

Apabila mesin motor sobat biker terlanjur sudah berkarat, maka menggunakan cairan asam cuka adalah pilihan yang tepat karena cairan ini mampu meluruhkan karat pada bagian mesin motor. 

Untuk penggunaannya pun juga cukup mudah, sobat bikers bersihkan kotoran yang menempel pada mesin, bersihkan dengan air, untuk pada bagian berkarat gosok menggunakan asam cuka. Untuk menggosoknya sobat bikers bisa menggunakan sikat yang cukup lembut bagiannya. 

Akan tetapi sobat bikers perlu perhatikan jangan sampai cuka ini mngenai body lain yang berlapiskan cat, karena bisa meluruhkan cat pada dasarnya cairan cuka ini.

7. Pakai Amplas Untuk Karat

cara membersihkan mesin berkarat

Untuk karat yang akut sobat bikers pasti kesusahan membersihkan menggunakan menggunakan cairan asam cuka atau lainnya, maka untuk itu sobat bikers bisa memanfaatkan amplas yang tipis untuk memberiskan bagian mesin yang berkarat.

Karat yang ada pada blok mesin tersebut silahkan bersihkan dengan cara menggosok menggunakan amplas yang sudah anda siapkan sebelumnya. Setelah itu sobat bisa membilas dengan air shampoo dan keringkan.

8.  Metal Polish Bikin Mesin Kinclong

cara membersihkan mesin berkarat

Apabila mesin motor sudah bersih dari karat dan kotoran sobat bikers selanjutnya bisa menggunakan metal polish, untuk memperkinclong tampilan mesin motor sobat bikers.

Untuk penggunaannya cukup mudah, sobat bikers hanya perlu menyemprotkan metal polish pada bagian yang diperlukan, jika sudah selesai penyemprotan gunakan kain microfiber untuk mendapatkan hasil mesin blok yang mengkilap kinclong.

9. Anda Bisa Cat Ulang Mesin Motor

cara membersihkan mesin berkarat

Namun sebelum melakukan cara ini, sobat bikers pastikan tidak ada kotoran yang menempel pada bagian motor tersebut. Karena jika sobat melakukan pengecetan pada bagian mesin motor, dan masih ada kotoran cat tidak akan menempel akan membuat kerja sobat bikers dua kali, membersihak ulang semua dan melakukan pengecetan ulang lagi.

Pastikan jika ada karat, sebelum melakukan pengecetan, bersihkan menggunakan asam cuka atau anda bisa memanfaatkan amplas untuk membersihkannya.

Berikut diatas adalah ragam informasi untuk memberishkan mesin motor yang kotor berkarat, selain mudah dilakukan cara tersbut juga murah harganya, mudah-mudahan cara berikut bisa bermanfaat untuk sobat bikers. Dengan demikian tampilan motor sobat bikers meskipun motor tua akan tetap kinclong dan mengkilap.

Post a Comment for "9+ Cara Ampuh Membersihkan Mesin Motor Yang Kotor & Berkarat"