Komponen Motor Washer Berfungsi Untuk Apa Saja?

Pada sebuah mobil, ada perangkat bernama motor washer yang biasanya kita gunakan untuk membersihkan kaca depan mobil dan dapat dikontrol keluarannya dengan rangkaian sistem elektronik yang bisa diakses dari dalam mobil. Motor washer berfungsi untuk apa saja pada mobil?

Komponen Motor Washer
Komponen Motor Washer

Komponen Motor Washer Berfungsi Untuk Berikut Ini!

Pada mobil, motor washer tidak berdiri sendiri melainkan memiliki beberapa komponen hingga air dapat dikeluarkan dari washer dan wiper dapat digerakkan untuk membilas air yang keluar di bagian kaca mobil bagian depan tersebut. Berikut penjelasan komponennya!

Tangki washer

Tangki washer merupakan salah satu komponen motor washer berfungsi untuk menampung cairan pembersih washer, fluida atau pun air biasa yang akan disemprotkan ke bagian kaca mobil. Bentuk dari tangki washer pada setiap mobil berbeda – beda sesuai dengan jenis mobilnya.

Namun umumnya di bagian kanan dan kiri tangki terdapat tambahan belalai yang dijadikan sebagai tempat mur dan baut untuk mengikat ke bagian dudukannya.

Motor washer

Selanjutnya ada komponen bernama motor washer yang fungsinya digunakan untuk menggerakkan pompa sehingga cairan pembersih atau pun fluida yang tertampung pada bagian washer tank atau tangki washer dapat disemprotkan ke bagian kaca mobil dengan mudah.

Adapun terkait jenis motor washer sendiri terdiri atas beberapa, di antaranya :

  • Wound motor yang merupakan tipe motor dengan gaya magnet yang dihasilkan dari kumparan coil untuk menciptakan gaya elektromagnetik.
  • Ferrite magnet merupakan tipe motor dengan gaya magnet yang dihasilkan oleh magnet permanen dan kemudian dipasang di bagian motor washernya.

Pompa washer

Pompa washer merupakan komponen motor washer yang menjadi satu kesatuan elemen dengan motor washer. Pompa washer pun memiliki beberapa jenis atau tipe, di antaranya :

  • Tipe pompa roda gigi
  • Tipe pompa squeeze
  • Tipe pompa sentrifugal
Baca Juga :  Info Motor Listrik yang Dijual di Indonesia Lengkap

Semua jenis pompa tersebut digunakan pada mobil. Namun tipe yang paling sering digunakan pada mobil untuk saat ini adalah tipe sentrifugal. Ketahanan dari tipe pompa ini lama dan masa pakainya pun kuat.

Namun tipe sentrifugal juga punya kekurangan. Salah satu kekurangannya adalah bahwa tipe pompa washer sentrifugal ini tidak akan sanggup menghisap cairan pembersih jika posisi tangkinya berada di bagian bawah pompa.

Selang

Apa itu selang atau hose? Selang atau hose merupakan komponen motor washer berfungsi untuk menghubungkan antara pompa washer dengan nozzle.

Dengan adanya selang ini, cairan pembersih di dalam tangki washer yang telah dipompa akan dapat teralirkan menuju ke nozzle dan kemudian disemprotkan ke bagian kaca mobil. Lantas, apa yang dimaksud dengan nozzle?

Nozzle

Nozzle merupakan suatu komponen yang fungsi utamanya sebagai penyemprot cairan ke bagian kaca mobil. Bentuk nozzle cukup kecil dan memiliki lubang orifice dengan ukuran sekitar 0,8 mm sampai 1 mm.

Ada beberapa bahan yang menjadi komponen pembentuk nozzle di antaranya adalah pipa tembaga, aluminium atau pun resin.

Fungsi Komponen Motor Washer
Fungsi Komponen Motor Washer

Cairan pembersih

Cairan pembersih pada washer merupakan suatu zat pembersih yang terbuat dari zat anti beku dan dilengkapi dengan detergents khusus mobil serta dipadukan dengan zat anti karat yang aman untuk karet blade pada wiper dan cat body mobil.

Untuk mendapatkan cairan pembersih ini, Anda bisa membelinya secara online. Harganya bervariasi ada yang dibanderol mulai dari 35 ribu sampai dengan 65 ribu rupiah tergantung merk dan juga volume yang Anda beli.

Selain membeli cairan pembersih secara online, Anda juga bisa menggunakan fluid sebagai cairan pada tangki washer. Atau Anda juga bisa mencampurkan antara fluid dengan air mineral sebagai cairan pada tangki washernya.

Baca Juga :  Info: Mobil Listrik yang Dijual Di Indonesia

Jika memang tidak memungkinkan, air mineral pun tidak masalah namun hindari menggunakan air keran karena air keran dapat mengakibatkan terjadinya karat pada tangki dan juga wiper pada kaca mobil.

Itulah sedikit informasi terkait komponen motor washer berfungsi untuk apa saja pada mobil. Semoga menjadi informasi yang menambah pengetahuan dan wawasan khususnya bagi Anda yang menggunakan mobil untuk beraktivitas.