Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Download kalender 2020 cdr masehi hijriyah jawa Lengkap

Kanalmu.com - Kalender adalah sebuah pengorganisasian satuan-satuan waktu untuk tujuan penandaan serta hitungan waktu dalam waktu panjang, istilah ini disampaikan oleh Susiknan Azhari. Dalam penandaan waktu ini di indonesia sendiri di bagi dalam beberapa type kalender, seperti kalender masehi, kalender islam hijriyah, dan kalender jawa. 

Kenapa Kalender ini dibilang penting ?

Kalender ini sangat penting karena digunakan untuk menandai hari-hari tertentu untuk menandai peristiwa bersejarah, hari pahlawan, hari penting . Bahkan Dalam hitungan kalender jawa digunakan untuk mengindari hari-hari tertentu untuk membuat acara-acara seperti membuat hajatan, pernikahan. khitanan dan lain sebagainya.

Karena sangat pentingnya kalender tersebut, bahkan dalam sebuah instansi sudah ada patokan tertentu untuk mengelola manejemen waktunya, seperti instansi pendidikan mempunyai kalender pendidikan dalam periode tertentu semisal kalender pendidikan tahun 2020-2021.
Baca Juga:
Kalender Masehi, Jawa, Hijriyah 2020


NEW : DONWLOAD LOGO HUT RI KE 75 RESMI DARI PEMRINTAH
download logo hut ri 75 cdr
Download Logo HUT RI

Kalender Masehi, Hijriyah Dan Jawa

Dalam system penanggalan diindonesia banyak macamnya, namun yang cukup terkenal adalah penanggalan Masehi, Jawa Dan Hijriyah. Banyaknya type penanggalan di indonesia ini tidak terlepas dari sisi historis dan adat istiadat dan keanekaragaman suku yang berada di indonesia.

Kalender Masehi biasanya menandai hari – hari nasional yang sering dilihat pada kalender-kalender yang mengisi rumah, kantor kita dan didalamnya juga di jabarkan tentang hari-hari libur nasional dan hari libur keagamaan:Hari tahun baru masehi,tahun baru imlek, hari raya idul fitri, adha, nyepi, hari kartini, hari pendidikan nasional, hari kebangkitan nasional, kenaikan isa almasih, hari lahirnya pancasila, HUT kemerdekaan RI ke-73, Idul Adha, Tahun baru islam, hari kesaktian, hari sumpah pemuda, hari pahlawan, hari guru nasional, HUT Korpri, hari nusantara, hari ibu dan hari natal.

Tanggalan jawa adalah penanggalan kejawen terdiri dari:Bulan dalam jawa seperti bakda mulud, jumadil awal, jumadil akhir, rajeb, ruwah, poso, sawal, selo, besar, suro, sapar, muludHari pasaran dalam jawa seperti legi, pahing, pon, wage, kliwon

Panggalan islam yaitu hijriyah meliputi taggalan serta bulan hijriyah diantaranya Muharram,Safar, Rabi’ul Awal,Rabi’ul Akhir,Jumadil Awal, Jumadil Akhir, Rajab , Sya’ban , Ramadhan, Syawal, Dzulkaidan, Dzulhijjah.

Penanggalan wuku hari yang sering digunakan oleh penganut agama hindu dan kejawen seperti madangkungan, maktal, wuje, manahil, prangbakat,bolo, wungu, wayang, kulawu, dukut, watugunung, sinto, landep, wukir, kurantil, tolu, gumbreng, warigalit, wariagung, julungwangi, sungsang, galungan, kuningan, langkir, mondosio, julungpujut, pahang, kuruwelut, marekeh, tamber.


Template Kalender

Template kalender ini merupakan sebuah desaing dasar yang bisa dijadikan patokan dalam mendesaign kalender yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan anda. Dalam template tersebut biasanya akan mempunyai banyak versi yang bisa di download dari versi kalender masehi, jawa, hijriyah maupun pengabungan dari ketiga versi kalender tersebut. 

Format template kalender inipun biasanya banyak macamnya dari Format kalender, Jpeg, PSD, AI, CDR, sehingga sangat mudah nuntuk dilakukan modifikasi sesuai keginan saudara semuanya. 

Bagi anda yang akan melakukan modifikasi ulang sesuai keutuhan anda , anda bisa mengedit ulang menggunakan photoshop, coreldraw, Adobe Ilustrator, Microsoft Publisher dan aplikasi edit gambar sesuai format diatas.

Download Template Kalender Masehi Hijriyah Dan Jawa 2020

Untuk anda yang sedang membutuhkan template kalender dasar 2020 dengan format CDR, anda bisa download file berikut ini, dalam file tersebut adalah pengambungan antara kalender Masehi,Hijriyah dan juga penanggalan jawa. Dan anda bisa explorasi sesuai dengan kebutuhan anda.

Kalender 2020 CDR Vector Gratis download

Berikut ini ada beberapa template yang bisa anda download file kalender 2020 baik itu berbentuk file CDR coreldraw maupun sampai file pdf.

1. DOWNLOAD TEMPLATE KALENDER CDR


2. Download Kalender 2020 CDR Vector Gratis download Dari Jasalogo


3. Free / Gratis Kalender 2020 pdf download


4. Download Kalender Masehi Hijriah NU/ Nahdatul Ulama


5. Template Kalender 2020 CDR X6


6. Template Kalender 2020 CDR X4


Dowload Kalender 2020 dari bikincetak desain Bagus disertai hari libur dan penanggalan jawa hijriyah

Dowload Kalender 2020
 Kalender 2020 




Download Desain Kalender Dinding 2020 dari bikin kalender Format CDR gratis
Dowload Kalender 2020
Kalender 2020



Kalender Islam Global 2020 Disertai Jadwal Puasa 1441 H

Kalender Islam Global 2020

Kalender Islam Global 2020



Daftar Hari Libur Nasional Kalender Tahun 2020


Dan berikuti ini adalah daftar list hari libur nasional dari kalender masehi tahun 2020 di indonesia, jadi jika anda akan melakukan perjalanan dalam hari libur pada tahun ini, sebaiknya anda cocokkan dengan kalender hari efektif kerja anda, dengan hari libur nasional di thaun ini.

  1. Rabu, 1 Januari : Tahun Baru Masehi
  2. Sabtu, 25 Januari : Tahun Baru Imlek 2571
  3. Minggu, 22 Maret : Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW
  4. Rabu, 25 Maret : Hari Raya Nyepi
  5. Jumat, 10 April : Wafat Isa Almasih
  6. Jumat, 1 Mei : Hari Buruh
  7. Kamis, 7 Mei : Hari Raya Waisak
  8. Kamis, 21 Mei : Kenaikan Isa Almasih
  9. Minggu - Senin, 24-25 Mei : Hari Raya Idul Fitri 1-2 Syawal 1441 Hijriyah
  10. Senin, 1 Juni : Hari Lahir Pancasila
  11. Jumat, 31 Juli : Hari Raya Idul Adha 1441 Hijriyah
  12. Senin, 17 Agustus : Hari Kemerdekaan Indonesia
  13. Kamis, 20 Agustus : Tahun Baru Hijriyah 1 Muharram 1442 H
  14. Kamis, 29 Oktober : Maulid Nabi Muhammad SAW
  15. Jumat, 25 Desember : Hari Raya Natal


7+ Macam Kalender Yang ada di dunia

Perlu anda ketahui, bahwasanya di dunia ini banyak sekali macam kalender, dan berikut ini adalah 7+  daftar list macam kalender yang cukup populer yang ada didunia.

Ke - 1. Kalender Hijriyah

Kalender Hijriyah ini disebut juga dengan kalender islam. Kalender ini digunakan oleh umat islam. Kalender Hijriyah digunakan untuk menentukan tanggal atau bulan yang berkaitan dengan ibadah atau hari hari penting. Sejarah dari nama Hijriyah adalah karena pada tahun pertama kalender ini dimuali terjadi sebuah peristiwa besar. Peristiwa tersebut adalah hijrahnya Nabi Muhammad SAW. dari Makkah menuju ke Madinah.



Di beberapa negara yang berpenduduk mayoritas Islam, Kalender Hijriyah juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai acuannya. Dalam Kalender Hijriah, sebuah hari/ tanggal dimulai ketika terbenamnya matahari di tempat tersebut. 1 tahun Kalender Hijriah lebih pendek sekitar 11 hari dibanding dengan 1 tahun Kalender Masehi.


Ke - 2. Kalender Jawa

Kalender ini sangat istimewa. Mengapa? karena pada kalender jawa adalah perpaduan antara budaya islam, hindu, budha, jawa, dan ada juga budaya barat. Di dalam kalender jawa terdapat dua macam siklus. Siklus yang pertama terdiri dari 7 hari, seperti yang kita gunakan saat ini. Dan siklus yang kedua adalah siklus pekan pancawara yang terdiri dari 5 hari pasaran. 5 Hari pasaran tersebut adalah pon, wage, kliwon, legi, dan pahing.



Pada tahun 1625 Masehi, Sultan Agung yang berusaha keras menyebarkan agama Islam di pulau Jawa dalam kerangka negara Mataram mengeluarkan dekrit untuk mengubah penanggalan Saka. Sejak saat itu kalender Jawa versi Mataram menggunakan sistem kalender kamariah atau lunar, namun tidak menggunakan angka dari tahun Hijriyah (saat itu tahun 1035 H). Angka tahun Saka tetap dipakai dan diteruskan. Hal ini dilakukan demi asas kesinambungan. Sehingga tahun saat itu yang adalah tahun 1547 Saka, diteruskan menjadi tahun 1547 Jawa.


Ke - 3. Kalender Saka

Kalender ini adalah penanggalan Syamsiah - Kamariah dari india. Dalam kalender ini setiap satu tahun juga terdapat 12 bulan. Bulan tersebut adalah Srawanamasa, Bhadrawadamasa, Asujimasa, Kartikamasa, Margasiramasa, Posyamasa, Maghamasa, Phalgunamasa, Cetramasa, Wesakhamasa, Jyesthamasa,dan Asadhamasa.

Ke - 4. Kalender Imlek / Tionghoa/cina/china

Kalender Tionghoa berkembang sejak 3 milenium Sebelum Masehi. Kalender cina diyakini merupakan kalender paling lama yang masih digunakan hingga saat ini. Bulan yang terdapat di kalender ini adalah Cia Gwee,Ji Gwee, Sa Gwee, Si Gwee, Go Gwee, Lak Gwee, Cit Gwee, Pe Gwee, Kauw Gwee, Cap Gwee, Cap It Gwee dan Cap Ji Gwee.

Ke - 5. Kalender Kibti/Qibti

Kalender yang digunakan oleh bangsa Mesir. Saat ini masih digunakan dengan rahasia oleh supranaturalis di indonesia. Kalender ini bisa difungsikan untuk mengetahui kapan seseorang meninggal, lahir, sembuh, dan lain-lain.
Contoh dari penggunaan kalender ini adalah seperti dalam kita karangan dari guru besar Abu Hayillah Al-Marzuki yang berisikan bahwa orang pisces atau HUT yang mulai sakit pada hari sabtu bulan kahik maka hal tersebut adalah tanda-tanda akan meninggal.


Ke - 6. Kalender Jepang

Jepang menggunakan sistem kalenderTempo (Temporeki) sampai akhir tahun ke-5 zaman Meiji atau sekitar 1872. Selanjutnya jepang menggunakan kalender georgian sejak 1 Januari 1873. Kalender jepang memiliki 12 bulan dalam satu tahunya. 12 bulan tersebut adalah Ichigatsu, Nigatsu, Sangatsu, Shigatsu, Gogatsu, Rokugatsu, Sichigatsu, Hachigatsu, Kugatsu, Jugatsu, Juichigatsu dan Junigatsu.


Ke - 7. Kalender Maya

Kalender Maya adalah sistem kalender yang dibuat oleh sebuah peradaban yang dikenal dengan nama Suku Maya pada tahun 747-353 Sebelum Masehi. Pada kalender ini setiap satu siklus memiliki lama waktu 260 hari yang dibagi ke dalam 13 trecena. Lama waktu disetiap trecena adalah 20 hari. Tidak terdapat kepastian awal hari dari 20 tanggal tersebut. tetapi menurut buku Chillam Balam terdapat referensi bahwa hari pertama dimulai adalah Imix.

Ke - 8. Kalender Julian

Dalam kalender ini satu tahun secara rata-rata didefinisikan sebagai 365,25 hari. Angka 365,25 dapat dinyatakan dalam bentuk (3x365+ 1x366)/4. Karena itu dalam kalender Julian, terdapat tahun kabisat setiap 4 tahun. Kalender Julian berlaku sampai dengan Kamis-4 Oktober 1582 M.

Ke - 9. Kalender Gregorius


Kalender ini merupakan kalender julian yang diubah oleh Paus Gregorius XII. Dirinya menetapkan tanggal setelah kamis 4 Oktober 1582 M adalah Jumat 15 Oktober 1582 M. Jadi, tidak ada tanggal 5-14 Oktober 1582 pada tanggalan ini. Kalender Gregorian mulai berlaku pada 15 Oktober 1582 M.