The google docs, lengkap fungsi dan cara membuatnya

Rizki Sugiono

the google docs - kanalmu

The google docs merupakan salah satu layanan gratis yang disediakan oleh google.com, dapat digunakan untuk mengolah berbagai file dokumen berupa pengolah kata, formulir, presentasi, hingga spreadsheet.

Dimana salah satu file tersebut lebih kita semua kenal seperti dokumen word, excel, power point, pdf yang mana penggunaannya dapat diakses secara online.

Tentu hal ini akan memudahkan sobat kanalmu dalam melakukan aksesnya, tanpa batas tempat dan waktu selama kamu memiliki koneksi internet yang stabil. Dimana untuk proses penyimpanan juga disediakan google drive yang dapat digunakan secara gratis meskipun memiliki kapasitas terbatas.

Fungsi google docs

the google docs - kanalmu
the google docs – sc bloglenovo

Dari penjelasan sebelumnya sudah dapat kita pahami bahwasanya the google docs ini memiliki cukup banyak fungsi yang dapat diakses secara online.

Namun demikian berikut ini adalah beberapa fungsi dan manfaat dari google docs online ini untuk kebutuhan sobat kanalmu sehari-hari.

Membuat dokumen words online

Adapun fungsi pertama yang dapat sobat kanalmu rasakan ketika menggunakan google docs adalah dapat digunakan untuk membuat dokumen words secara online.

Jadi sobat kanalmu dapat mambuat makalah, jurnal, cerpen, puisi laporan yang berbasis words secara online kapanpun dan dimanapun.

Membuat presentasi online

Selain membuat dokumen words, sobat kanalmu juga bisa membuat presentasi untuk kebutuhan kerja, kuliah, sekolah secara online.

Tentu ini akan memudahkan kamu dalam penyimpanan, dan meskipun kamu tidak membawa perangkat laptop atau pc tetap bisa melakukan akses presentasi selama memiliki akun google docs menggunakan email gmail.

Mengelola spreadsheet online

Tidak hanya mengolah dokumen words dan juga presentasi, namun demikian dengan memanfaatkan the google docs ini sobat kanalmu bisa mengolah data spreadsheet secara online seperti menggunakan berbagai fungsi dan rumus pada aplikasi microsoft excel.

Baca Juga :  14 Jenis Pembayaran Digital dan Manfaatnya Buat Bisnis

Membuat formulir online

Adapun untuk kebutuhan survey, pendaftaran, maupun lainnya sobat kanalmu juga bisa memanfaatkaan google form dari the google docs.

Karena untuk proses pengajaran dan ujian online cukup banyak para guru menggunakan aplikasi ini untuk membuat soal ujian secara online untuk para peserta didik, mahasiswa dan juga santrinya.

Cara membuat dokumen di the google docs

Adapun untuk sobat kanalmu yang belum pernah menggunakan aplikasi google docs untuk pembuatan berbagai kebutuhan dokumen, team kanalmu memiliki panduan singkat yang dapat kanalmu coba untuk praktikan.

Namun demikian sebelum kamu membuat dokumen, pastikan sobat kanalmu sudah memiliki email gmail yang aktif untuk mempermudah dakam pembuatan dokumen menggunakan google docs.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat dokumen pada aplikasi google docs secara online.

  1. Pertama login email gmail kamu
  2. Buka laman google docs menggunakan chrome, firefox maupun safari
  3. Buka link google docs https://docs.google.com
  4. Akan tampil galeri template, pilihlah sesuai dengan kebutuhanmu
  5. Pilihlah Start A New Document dan ikon ( + ) untuk pembuatan dokumen baru
  6. Pilihlah konten yang akan dibuat apakah word, spreadsheet, presentasi atau formulir

Akhir Kata

Demikianlah ulasan kanalmu terkait dengan tema pembahasan the google docs, lengkap kegunaan dan juga cara simple membuat dokumen memanfaatkan aplikasi online gratis yang di sediakan oleh google.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan ini memberikan manfaat dan juga cukup referensi untuk sobat dimanapun berada.

Artikel Terkait :