3 Contoh Software Akuntansi di Indonesia

Kanalmu.com – Dalam menjalankan bisnis sobat kanamu membutuhkan software akuntansi, untuk memudahkan dalam proses pembukuan jurnal keuangan, dengan demikian kamu akan gampang melakukan analisa keuangan di usaha yang sedang kamu jalankan.

Salah satu manfaat adanya software akuntansia adalah untuk cek laba rugi, saldo dan juga kas yang keluar masuk.

Untuk itu ikuti artikel ini sampai dengan selesai untuk mendapatkan contoh rekomendasi software akuntansi di indonesia yang mudah digunakan untuk model pembukuan keuangan usaha yang kamu miliki.

Software Akuntansi Adalah ?

Software akuntansi adalah program komputer yang dibuat untuk membantu mencacat transi dalam perusahaan dan memprosesnya untuk menjadi laporan keuangan yang digunakan perusahaan dalam pengambilan keputusan.

ilustrasi untuk Software Akuntansi - kanalmu
ilustrasi untuk Software Akuntansi – sc unsplash

Dalam menentukan software akuntansi yang akan digunakan perusahaan, perusahaan dapat memilih alternatif :

  1. Membuat dan mengembangkan sendiri software yang dibutuhkan
  • Kelemahannya : membutuhkan waktu yang lama untuk pengembangan, implementasi dan evaluasi software. Biaya mahal.
  • Kelebihan : dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  1. Menggunakan atau membeli software kepada pihak eksternal
  • Kelemahan : tidak sesuai dengan yang dibutuhkan perusaan atau sulit menemukan yang sesuai dengan kebutuhan, jika perusahaan bukan merupakan perusahaan yang umum di Indonesia. Biayasanya software dibuat secara umum sesuai dengan standar akuntansi keuangan yang berlaku di Indonesia.
  • Kelebihan : membutuhkan waktu yang cepat untuk mengimplementasikan, membutuhkan biaya yang lebih murdah.

Dengan adanya software perusahaan dapat mengurangi kegiatan yang tidak memebrikan nilai tambah bagi perusahaan.

Contohnya jika terdapat aktivitas pencatatan ‘nama pelanggan’ maka hanya dilakukan sekali saat pelanggan melakukan pesanan, jika terdapat komplain maka perusahaan tidak harus mencatat ulang hanya perlu mencari pada buku ‘pencatatan nama pelanggan’ yang sudah ada secara otomatis nama pelanggan dan keterangan lainnya akan muncul.

Baca Juga :  Kode saham perusahaan sektor keuangan 2022 yang profitnya jutaan

Dengan software pengelolaan faktur ke klien, pengelolaan pajak, rekonsiliasi bank, pengelolaan utang dan piutang dapat disederhanakan.

Rekomendasi Software Akuntansi

Software akuntansi yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah :

  1. ACCURATE

Dikembangkan oleh perusahaan asli indonesia yang telah digunakan oleh 300.000 lebih perusahaan di Indonesia. Terdapat 2 software yaitu accurate online dan accurate dekstop (cocok untuk perusahaan yang memiliki lebih dari satu kantor usaha).

Accurate online hanya mengharuskan pelanggan berlanggan setiap bulan dan menyimpan di cloud. Sedangkan Accurate desktop mengharuskan pembelian di awal dan penyimpanan di komputer. Beberapa fitur andalannya adalah manajemen surat penawaran, manajemen pemesanan, pembuatan faktur dan manajemen piutang.

Accurate dapat membaca barcode melalui scanner namun tidak bisa mencetaknya.
Kelemahannya Accurate tidak dijual terpisah, harus dibeli secara utuh. Sehingga sulit jika perusahaan hanya membutuhkan 1 model saja, misalnya persediaan.
Kelebihannya, accurate cukup meregistrasikan nomor kode licanse ke dalam program, tidak memerlukan alat tamabahan.

  1. MYOB

Merupakan software buatan Australia yang menjadi cikal bakal banyaknya software akuntansi yang berkembang di Indonesia. MYOB banyak dipraktikkan didalam matakuliah akuntansi di banyak universitas dan sekolah tinggi.

Kelemahannya, belum tentu sesuai standar akuntansi dan peraturan perpajakan yang berlaku di indonesia sehingga perlu banyak penyesuaian jika perusahaanmenerapkannya.

  1. ZAHIR

Zahir sama dengan accurate yang dibuat oleh perusahaan asli indonesia, perbedaannya dengan accurate. Terdapat ebberapa produk zahir. Zahir online untuk bisnis jasa dan manufaktur.

Zahir Essensial untuk distribusi dan perdagangan. Zahir professional untuk kontraktor dan produsen. Zahir Enterprise untuk perusahaan multinasional. Sedangkan zahir On premise dapat digunakan perusahaan dengan skala menengah.

Fitur zahir untuk bisnis kecil dan menengah diantaranya manajemen penjualan, manajemen pembelian, pembayaran piutang, pembayaran utang dan manajemen kas.
Fitur zahir enterprise mencakup persediaan, pengelolaan warehouse dan aset.
Kelebihannya, Zahir dijual permodul. Contoh jika hanya membutuhkan software persediaan saja maka bisa membeli modul persediaan zahir.

Baca Juga :  Pengertian laba rugi komprehensif lengkap contoh laporannya

Kelemahannya, zahir memerlukan semacam USB untuk ditancapkan ke komputer sebagai kontrol atas lisensinya.

Setiap software memiliki kelebihan dan kekurangannya. Ada banyak software lainnya seperti jurnal, ERP, dan lain lain.

Lalu mana yang harus dipilih perusahaan?

Perusahaan harus mempertimbangkan kebutuhannya dan sumberdayanya sebelum membeli software. Semakin kompleks perusahaan maka banyak fitur yang diperlukan perusahaan.

Sumberdaya yang di maksud adalah kemampuan sumberdaya perusahaan, jumlah kryawan, kemampuan dalam implementasi software.

Demikianlah ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan 3 Contoh Software Akuntansi di Indonesia.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan melalui saluran ini bisa memberikan cukup manfaat dan juga referensi.

Ikuti dan baca artikel menarik lainnya dari laman ini melalui Google News