6 Tips Bagi Anda dalam Mencari KPR yang Bersubsidi

Terdapat banyak jenis pinjaman berupa KPR yang ada saat ini. Salah satu jenis dari KPR bank tersebut adalah KPR yang bersangkutan dengan pemerintah. Mencari KPR yang bersubsidi dengan kerjasama dengan kementerian di dalamnya tentu juga akan membuat jenis KPR tersebut menjadi berbeda. Bagi Anda yang berminat untuk menggunakan jenis pinjaman ini, sebaiknya mencari KPR yang bersubsidi dengan segala informasi yang ada di dalamnya terlebih dahulu.

Mencari KPR yang bersubsidi
Mencari KPR yang bersubsidi

6 Tips Bagi Anda dalam Upaya Mencari KPR yang Bersubsidi

Salah satu jenis KPR yang dapat Anda pilih adalah KPR yang bersubsidi. Namun sebelum menggunakan jenis pinjaman tersebut, Anda juga harus mengetahui beberapa tips yang ada di baliknya. Misalnya adalah dengan memeriksa reputasi dari pihak pengembang terlebih dahulu. Anda juga harus memastikan legalitas tanah yang ada demi mengindari dampak buruk di baliknya.

  1. Periksa Reputasi dari Pihak Pengembang
    Memeriksa reputasi dari pihak pengembang adalah salah satu tips yang dapat Anda lakukan untuk mencari jenis KPR dengan subsidi. Dalam hal ini, kewaspadaan sangatlah diperlukan untuk melakukannya. Periksa reputasi dari pihak yang mengelola rumah KPR tersebut secara mendetail. Anda juga dapat mencari tahu mengenai legalitas hukum yang dimilikinya. Dengan cara ini, diharapkan mampu membuat Anda terhindar dari hal hal yang merugikan.
  2. Periksa Legalitas Tanah yang Ada
    Tips atau cara selanjut dari mencari KPR yang bersubsidi yang dapat Anda lakukan adalah dengan memeriksa legalitas tanah yang ada. Anda bisa memperoleh informasi akan hal tersebut dari pihak dinas terkait yang bersangkutan. Cari KPR subsidi ini dapat dilihat dari status HGB (Hak Guna Bangunan) yang masih berlaku dengan jangka waktu tertentu. Anda pun harus memastikan asal dari lahan dengan status tersebut.
  3. Minta Garansi untuk Bangunan yang Ada
    Hal lain yang bisa Anda lakukan adalah dengan meminta garansi untuk bangunan kepada pihak pengembang. Minta bagian pengembang untuk membuat garansi dalam bentuk tertulis sehingga dapat lebih kuat di mata hukum. Tak hanya itu, pastikan pula bahwa Anda memperoleh garansi bangunan yang dipilih kurang lebih selama 6 bulan ke depan. Hal tersebut dilakukan agar jika terjadi kerusakan tertentu, pihak pengembang akan memperbaikinya.
  4. Bayarkan DP dan Tanda Tangani PPBJ
    Tips mencari KPR yang bersubsidi tentu juga masih berhubungan dengan masalah DP seperti layaknya jenis KPR yang lain. Bayarkan DP kepada pihak pengembang guna memperlancar proses pengajuan KPR yang ada. Setelah proses pembayaran DP tersebut, Anda dapat menandatangani PPJB (Perjanjian Pengikatan Jual Beli). Penandatanganan berupa PPJB tersebut juga dilakukan pula oleh pihak pengembang yang bersangkutan.
  5. Segera Buat ABJ yang Berlaku
    Tak hanya berupa PPBJ saja, hal lain yang tidak kalah penting untuk dibuat adalah ABJ atau Akta Jual Beli. Akta Jual Beli tersebut dapat diurus oleh pihak pengembang setelah Anda meminta kepada mereka. ABJ sendiri adalah salah satu dokumen penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Karena dengan akta tersebut dapat digunakan sebagai bukti yang sah dan legal sebagai tanda kepemilikan dari hunian yang dimiliki.
  6. Ubah HGB Menjadi SHM
    Tips cari KPR subsidi yang berikutnya adalah dengan mengubah HGB menjadi SHM. HGB atau Hak Guna Bangunan dapat berganti menjadi SHM (Sertifikat Hak Milik) setelah proses AJB telah selesai. Dengan mengubahnya menjadi SHM, maka nama yang tertera pada saat mengajukan KPR kepada pihak bank adalah berupa nama Anda. Hal tersebut tentu akan menguntungkan bagi pihak Anda.
Baca Juga :  Syarat Pinjaman Bank BRI Tanpa Jaminan Untuk Karyawan 2022

Itulah tips mencari KPR yang bersubsidi yang sebaiknya Anda ketahui dahulu. Semoga proses pengajuan KPR subsidi Anda lancar dan impian memliliki rumah idaman segera terwujud.