7 Tips Cari Rumah Untuk Single

Meskipun masih single, namun tidak ada salahnya jika membeli rumah untuk diri sendiri. Selain karena ingin belajar hidup mandiri, tetapi juga bagus untuk investasi di masa mendatang. Apalagi mengingat harga rumah yang tiap tahunnya akan semakin meningkat. Sehingga jika sudah memiliki uang yang cukup untuk membeli sebuah rumah, jangan menundanya. Sebelum itu, yuk simak tips cari rumah untuk single disini.

cari rumah untuk single
Membeli rumah untuk single

7 Tips Cari Rumah Untuk Single

  1. Miliki perencanaan keuangan.
  2. Mulai belajar hidup hemat.
  3. Melirik instrumen investasi.
  4. Rajin mencari informasi rumah.
  5. Pertimbangkan cara pembayaran.
  6. Memilih lokasi yang terbaik.
  7. Belajar melakukan perbaikan.

Miliki Perencanaan Keuangan

Masih muda namun sudah memiliki pekerjaan dan penghasilan yang mapan, maka haruslah memiliki perencanaan keuangan yang baik. Dimana Anda harus bisa membagi pemasukan ke dalam beberapa bagian seperti pengeluaran rutin, pengeluaran lifestyle, bayar cicilan, dan kewajiban lainnya. selain itu, ada baiknya untuk menyisihkan 30 persen dari penghasilan untuk investasi atau cicilan.

Jika masih single tentunya belum banyak pengeluran, Anda bisa mulai merencanakan membeli rumah sebelum berkeluarga.

Mulai Belajar Hidup Hemat

Ketika sudah memutuskan untuk membeli rumah, maka saatnya mulai belajar hidup hemat. Sehingga nantinya tidak akan kesulitan saat menabung uang muka atau down payment (DP). Tidak hanya itu, setelah membayar uang muka maka masih harus membayar cicilan rumah selama beberapa tahun. Jadi dapat dikatakan jika perjalanan masih panjang. Oleh karena itu salah satu tips cari rumah untuk single adalah cobalah untuk mulai belajar hidup hemat.

Jangan tergiur untuk jajan, ataupun hidup boros. Dengan berhemat Anda bisa mengumpukan uang untuk down payment (DP) kepemilikan rumah, bahkan jika tabungan Anda mencukupi secara cash untuk membeli rumah.

Baca Juga :  Kurs dollar hari ini BTN ke rupiah - USD to IDR

Melirik Instrumen Investasi

Untuk bisa mengumpulkan dana guna membayar uang muka dalam waktu singkat atau membayar tunai, maka tidak bisa hanya dengan mengandalkan tabungan saja. oleh karena itu, tidak ada salahnya jika Anda mulai melirik instrumen investasi seperti reksa dana, saham, obligasi, sukuk, emas, dan lainnya. Dimana nantinya investasi tersebut bisa digunakan sebagai tambahan dana untuk beli rumah.

Rajin Mencari Informasi Rumah

Agar bisa mendapatkan rumah yang tepat untuk seseorang yang hidup sendiri, maka mau tidak mau harus mencari banyak informasi. Baik itu mendatangi pengembang secara langsung, mendatangi agen properti, ataupun mencari informasi melalui internet. Selain itu, untuk mendapatkan informasi tersebut juga bisa dengan bertanya pada teman atau saudara. Lalu sesuai tips cari rumah untuk single, Anda juga bisa mendatangi pameran properti untuk mendapatkan informasi.

Pertimbangkan Cara Pembayaran

Untuk bisa membeli rumah, biasanya ada berbagai cara pembayaran yang bisa disesuaikan dengan profil keuangan. Dimana pembayaran tersebut bisa secara tunai bertahap atau cash installmet. Namun kebanyakan orang biasanya akan memilih cicilan melalui KPR (Kredit Pemilikan Rumah) atau KPA (Kredit Pemilikan Apartemen), yang bisa diajukan kepada bank konvensional maupun syariah.

Memilih Lokasi yang Terbaik

Saat memutuskan untuk membeli rumah, maka hal penting yang perlu diperhatikan adalah lokasi yang terbaik. Dimana lokasi tersebut bukan hanya sekedar strategis, tetapi juga harus memiliki aksesibilitas transportasi yang baik sehingga mudah untuk melakukan bepergian. Jangan lupa, juga perhatikan fasilitas umum di sekitar rumah seperti rumah sakit, sekolah, pusat perbelanjaan, dan lainnya.

Belajar Melakukan Perbaikan

Tips cari rumah untuk single satu ini mungkin terdengar sepele, akan tetapi Anda mulai harus melakukan sejumlah kegiatan pertukangan dengan sendiri. Contohnya saja seperti mengecat dinding, membetulkan kran yang rusak, membetulkan atap, atau juga melapisi dinding dengan cat. Jika sudah terbiasa dengan pekerjaan tersebut, maka akan bisa menghemat pengeluaran untuk membayar tukang bangunan.

Baca Juga :  Inilah 4 aplikasi membuat logo gratis untuk bisnis online

Nah itulah 7 tips yang mungkin dapat membantu dalam mencari rumah. Masih single bukan berarti Anda tidak bisa memiliki rumah sendiri. Selain sebagai tempat berteduh dan beristirahat, rumah juga bisa menjadi investasi yang menguntungkan di kemudian hari. Selain itu, memiliki rumah sendiri bisa menimbulkan rasa bangga lho. Sebab di usia masih muda sudah bisa membeli hunian pribadi.