7 Tips Jitu Memilih dan Membeli Rumah Bekas Berkualitas

Membeli rumah bekas atau second menjadi salah satu alternatif untuk mendapatkan hunian idaman. Namun perlu diketahui bahwa membeli rumah second ternyata tidak semudah yang dipikirkan. Sekilas memilih rumah bekas berkualitas tampak tidak terlalu berbeda dengan membeli rumah baru, padahal dibutuhkan pertimbangan dan waktu yang cukup banyak untuk mencari rumah second. Untuk itu, berikut 7 tips membeli rumah second yang berkualitas yang perlu diketahui.

Tips membeli rumah bekas
Tips membeli rumah bekas

7 Hal yang Harus Dicermati Saat Membeli Rumah Bekas

Ada 7 hal yang harus dicermati dalam membeli rumah bekas

  1. Cermati Anggaran Hunian
  2. Cari Gambaran Rumah Ideal
  3. Pastikan Dokumen Rumah Lengkap
  4. Periksa Kondisi Rumah
  5. Perhitungkan Biaya Tambahan yang Perlu Dikeluarkan
  6. Berikan Waktu Sebelum Memutuskan Beli atau Tidak
  7. Perhatikan Lokasi Rumah

Kanalmu.com akan sedikit menguraikan 7 Tips diatas agar lebih mudah untuk Anda pahami.

Cermati Anggaran Hunian

Sebelum membeli rumah bekas, ada baiknya untuk pastikan bahwa benar benar sudah tahu kondisi keuangan. Seperti sumber pemasukan serta kewajiban kewajiban yang harus dilunasi. Sebab selain untuk membeli rumah, dana tersebut juga harus digunakan untuk merenovasi rumah jika kondisi rumah second yang akan dibeli sudah tidak sempurna lagi. Belum lagi biaya biaya tambahan yang diperlukan ke depannya.

Pastikan Anda memiliki anggaran lebih sekitar 30% dari anggaran untuk membeli rumah, karena dana tersebut mungkin akan digunakan untuk merenovasi rumah bekas.

Cari Gambaran Rumah Ideal

Setiap orang pastinya ingin memiliki rumah yang nyaman untuk ditempati. Meskipun hanya membeli rumah second dengan pilihan yang terbatas dibandingkan dengan membeli rumah baru, namun setidaknya rumah tersebut sudah memenuhi kriteria rumah idaman Anda. Gambar rumah ideal tersebut bisa didapatkan dengan mencarinya di internet.

Baca Juga :  6 Tips Cari Rumah Untuk 2 Orang Anak

Jika Anda memiliki anggaran yang lebih, Anda bisa merenovasinya agar sesuai dengan gambaran rumah idaman Anda.

Pastikan Dokumen Rumah Lengkap

Jika berencana memilih rumah bekas berkualitas dengan bantuan dari KPR dari bank, maka pastikan jika rumah yang akan dibeli memiliki dokumen yang lengkap seperti Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Izin Mendirikan Bangunan (IMB). Namun tidak hanya memastikan dokumen lengkap, tetapi juga pastikan jika dokumen tersebut tidak bermasalah. Untuk pengecekan dokumen tersebut biasanya bisa dilakukan di kantor Pertanahan setempat.

Periksa Kondisi Rumah

Saat memutuskan untuk membeli rumah yang sudah pernah ditempati sebelumnya, maka akan berisiko dalam bidang kualitas bangunan akan semakin tinggi. oleh karena itu, saat mengecek bangunan bekas yang akan dibeli ada baiknya untuk mengajak orang yang paham tentang bangunan. Kemudian periksa pada bagian pondasi, struktur bangunan, atap dan lantai. Pastikan jika bangunan tersebut masih bagus dan aman digunakan hingga tahun tahun selanjutnya.

Perhitungkan Biaya Tambahan yang Perlu Dikeluarkan

Selain untuk pembelian dan biaya renovasi, saat memutuskan memilih rumah bekas berkualitas maka perlu menyediakan dana tambahan. Dimana dana tersebut untuk membayar biaya pengecekan sertifikat, pajak penghasilan (PPh), bea perolehan hak tanah dan bangunan (BPHTB), akta jual beli (AJB), biaya balik nama, dan juga untuk biaya penerimaan negara bukan pajak (PNBP).

Berikan Waktu Sebelum Memutuskan Beli atau Tidak

Ketika sudah menemukan rumah yang sesuai dengan kriteria serta dana yang dimiliki mencukupi, maka jangan terburu buru untuk membelinya. Setidaknya beri waktu hingga satu minggu untuk mengajukan penawaran kepada penjual. Hal tersebut bertujuan untuk meyakinkan diri sendiri bahwa rumah tersebut memang cocok untuk ditinggali dalam jangka waktu yang panjang.

Baca Juga :  Memilih Cicilan KPR yang Tepat

Perhatikan Lokasi Rumah

Sebelum memutuskan memilih rumah bekas berkualitas untuk dibeli, sebaiknya pastikan terlebih dahulu rumah berada di lokasi yang nyaman dan tidak terisolasi dari dunia luar. Nantinya faktor tersebut tidak hanya memudahkan Anda untuk bepergian, tetapi juga berpengaruh pada harga jual rumah di waktu yang akan datang. Hal ini dikarenakan lokasi rumah menjadi salah satu faktor yang menentukan harga jual.

Itulah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan membeli rumah bekas. Meskipun rumah second atau bekas adalah rumah yang sebelumnya pernah ditempati orang lain, namun akan tetap berkualitas apabila masih bagus dan layak huni. Setelah membaca ulasan ini, semoga Anda bisa membeli rumah second yang berkualitas dengan harga yang terjangkau.