Macam macam lomba 17 agustus yang unik dan menarik untuk meriahkan HUT RI

Kanalmu.com, Ada banyak persiapkan yang dilakukan oleh masyarakat indonesia dari tingkat RT, Kelurahaan, Kecamatan, Kabupaten, provinsi dan juga pemerintah pusat untuk memperingati HUT RI.

Adapun salah satu kegiatan tersebut salah satunya adalah dengan mengadakan perlombaan, tentu dalam perlombaan sobat kanalmu memerlukan ide macam-macam lomba 17 agustus.

Dan melalui ulasan ini team kanalmu melansir dari laman kompas, berikut ini adalah macam-macam lomba 17 agustus yang unik, menarik dapat kamu jadikan sebagai referensi.

Macam-macam lomba 17 agustus

Daftar macam-macam lomba 17 agustus untuk memperingati HUT RI ke-77 2022 yang unik, keren dan menarik untuk jadikan lomba di tingkat rt, sekolah, karang taruna, desa maupun lainnya.

warga mengikuti macam-macam lomba 17 agustus - kanalmu
warga mengikuti macam-macam lomba 17 agustus – sc kompas
  1. Memasukkan pensil ke botol

Lomba yang paling sering ditemukan adalah memasukkan pensil ke dalam botol. Setiap peserta lomba harus memasukkan pensil yang diikatkan ke perut dengan seutas tali ke dalam sebuah botol.

Lomba memasukkan pensil ini menjadi seru karena peserta lomba tidak boleh memegang pensil dan tali. Selain itu, peserta harus membelakangi botol.

  1. Makan kerupuk

Lomba makan kerupuk tidak pernah absen saat perayaan 17 Agustus. Meskipun sederhana, namun lomba makan kerupuk sangat seru. Setiap peserta harus makan kerupuk yang diikat pada sebuah tali, tanpa menggunakan tangan.

  1. Menangkap belut

Meski terlihat sederhana, lomba menangkap belut ini sebenarnya cukup sulit. Pasalnya, setiap peserta lomba harus menangkap belut yang sangat licin kemudian membawanya ke ember masing-masing.

  1. Estafet tepung

Lomba estafet tepung dilakukan secara berkelompok, masing-masing berjumlah lima hingga tujuh peserta. Semua anggota kelompok duduk berbaris ke belakang.

  1. Menangkap bebek

Selain menangkap belut, lomba menangkap bebek juga menjadi alternatif perlombaan yang seru.

  1. Balap karung
Baca Juga :  Tema Hari AIDS Sedunia 2021 dari WHO

Lomba balap karung merupakan lomba yang sering ditemui pada perayaan 17 Agustus. Setiap peserta berlomba mencapai garis finish menggunakan karung.

  1. Panjat pinang

Panjat pinang merupakan lomba yang identik dengan perayaan 17 Agustus. Dalam lomba ini, para peserta harus berusaha memanjat batang pohon pinang yang diberi oli untuk sampai ke puncak. Sebab, pada puncak batang pohon pinang tersebut, telah tersedia beragam hadiah menarik.

  1. Bakiak

Bakiak merupakan salah satu permainan tradisional Indonesia. umumnya terbuat dari kayu bertali karet.

  1. Sepak bola daster

Sepak bola daster adalah permainan yang dilakukan secara berkelompok. Keunikan dari permainan ini adalah para peserta menggunakan daster.

  1. Merias dengan mata tertutup

Merias wajah dengan mata tertutup biasanya diikuti oleh perempuan baik ibu-ibu maupun remaja. Setiap kelompok terdiri dari dua orang.

  1. Gebuk bantal

Lomba ini melibatkan dua orang peserta yang duduk di atas bambu atau batang pohon panjang. Bambu atau batang pohon tersebut diletakkan di atas sungai atau kolam.

  1. Tarik tambang

Tarik tambang merupakan salah satu ikon perayaan 17 Agustus. Meski cara bermainnya sederhana, namun lomba ini sangat seru.

  1. Gigit uang koin

Ide lomba 17 Agustus selanjutnya adalah menggigit uang koin. Para peserta harus mengambil uang koin yang ditancapkan setengah bagian ke dalam buah, seperti semangka atau jeruk Bali, menggunakan mulut.

  1. Mencari koin di tepung

Permainan mencari koin di tepung hampir serupa dengan gigit uang koin. Bedanya, uang koin diletakkan dalam tumpukan tepung di sebuah tempat datar.

  1. Balap kelereng

Permainan balap kelereng cukup sederhana, yaitu setiap peserta harus membawa kelereng yang diletakkan di atas sendok sampai ke garis finish.

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan contoh macam-macam lomba 17 agustus yang keren dan unik.

Baca Juga :  Download Spanduk 17 Agustus 2022 CDR untuk HUT RI Ke-77

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan melalui saluran ini bisa memberikan cukup referensi.