Kalender hijriyah islam online hari ini tahun 2021 lengkap dengan tanggalan masehi

Kalender hijriyah islam online merupakan salah satu penanggalan otomatis yang bisa sobat kanalmu gunakan untuk mengetahui hari ini, besok maupun juga cek tahun yang sudah terlalui maupun akan dilalui masa mendatang sesuai dengan sistem penanggalan islam.

Dengan adanya kalender islam hijriyah ini akan memberikan kemudahan sobat kanalmu muslim dalam menjalankan berbagai ibadah sesuai agama islam, dan juga melakukan aktifitas lain yang berkaitan seperti perayaan hari besar idul fitri, mulai awal puasa, hari raya idul adha, memperingati hari besar islam lainnya.

Di indonesia yang sebagian besar pemeluk agamanya adalah islam tentunya tidak bisa terlepaskan dengan kebutuhan akan pengetahuan tanggalan hijriyah islam untuk sebagai salah satu waktu pengingat aktifitas keagamaan mereka.

Dan untuk desain aplikasi kalenderi islam online dari kanalmu ini sudah disertai dengan sistem penanggalan masehi, dengan deminikan kamu akan cukup mudah dalam mengingat tanggal dalam hijriyah nya.

Kalender hijriyah online hari ini lengkap masehi 2021

Adapun untuk sobat kanalmu yang sedang mencari tanggal hijriyah pada hari ini dengan menggunakan kalender islam online, bisa memanfaatkan aplikasi yang sudah team kanalmu desain pada ulasan ini, dengan demikian sobat kanalmu dengan mudah untuk menggunakannya.

Dan berikut dibawah ini adalah aplikasi kalenderi hijriyah islam online yang bisa kamu gunakan untuk mengetahui penanggalan hijriyah lengkap dengan masehi untuk hari ini, besok dan juga cek tanggalan yang sudah lewat maupun yang akan sedang berjalan.

Senin 01 Januari 2019 / 25 Rabiul Akhir 1440

12 Dzul Hijjah – 13 Dzul Qo’dah

Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum’at Sabtu

Baca Juga :  Hari baik pindah kos untuk pelajar, mahasiswa, karyawan

Cara cek tanggal hijriyah hari ini dengan kalender islam online

kalender hijriyah islam online - kanalmu
kalender hijriyah islam online – kanalmu

Bagi sobat kanalmu yang ingin mengetahui tanggal hari ini, menggunakan kalender islam online diatas, tinggal masukan bulan dan tahun yang sedang berjalan kemudian cari.

Maka sobat kanalmu akan mendapatkan informasi tanggal hijrah hari ini yang insya Allah akurat, karena aplikasi diatas menggunakan metode sesuai perhitungan kalender hijriah.

Dan sebagai contoh kami akan menjelaskan cara pemakaian kalender islam hijriyah online untuk mengetahui tanggal dan tahun dimasa mendatang, sebagai contoh kita akan melihat tanggal dan bulan hijriyah pada bulan JANUARI 2022.

Pertama sobat kanalmu pilih bulan yang akan di cari sebagai contoh adalah JANUARI, kemudian masukan Tahun yang akan di cek disini sebagai contoh adalah tahun 2022, jika sudah selesai kemudian tekan tombol Cari.

Untuk lebih gampang penggunaannya, kamu bisa cek pada contoh gambar yang kami sediakan dibawah ini.

cara menggunakan aplikasi kalender hijriyah islam online - kanalmu
cara menggunakan aplikasi kalender hijriyah islam online – kanalmu

Dan setelah tombol cari di tekan, kemudian kamu akan mendapatkan informasi terkait yang kamu cari di sini sebagai contoh adalah tanggalan hijriyah di bulan Januari tahun 2022 pada gambar dibawah ini.

hasil pencarian kalender hijiryah islam online - kanalmu
hasil pencarian kalender hijiryah islam online – kanalmu

Apa itu kalender Hijriyah Islam ?

Adapun untuk kalender hijriyah atau tanggalan islam merupakan salah satu sistem penanggalan yang digunakan untuk umat islam dalam melaksanakan aktifitasnya sehari-hari baik itu untuk urusan ibadah, maupun memperingati hari-hari besar dalam islam, seperti peringatan isra mi’raj, hari idul adha, dan juga puasa sunnah pada bulan-bulan tertentu.

Dan untuk nama hijriyah ini memilikia acuan sesuai dengan perpindahan nabi muhammad dari makkah ke madinah ( Hijrah )atau lebih tepatnya adalah 622 Masehi.

Baca Juga :  Kalender islam hijriyah november 2022 masehi lengkap

Oleh sebab itu nama dari kalender islam ini juga lebih dikenal dengan nama tanggalan hijriyah, dan bagi umat islam ini sangatlah penting karena sebagai salah satu penanda waktu untuk mereka melaksanakan ibadah.

Apa dasar perhitunggan penanggalan hijriyah ?

Perlu sobat kanalmu ketahui sebagai salah satu wawasan tambahan, bahwasanya untuk kelender hjriyah ini lebih mengaju peredaran bulan atau juga bisa di sebut kalender qomariyah.

Adapun untuk bulan sendiri dalam mengelilingi bumi dalam waktu satu bulan membutuhkan waktu sebanyak 29,5 hari atau 29 1/2 hari.

Dan jika dalam satu tahun kemudian sobat kanalmu tinggal melakukan perkalian saja 29,5 x 12 = 354 hari. Untuk kelander hijriyah ini siklusnya lebih cepat dibandingkan dengan kalender masehi yang sebagian besar digunakan penduduk bumi ini.

Manfaat adanya kalender hijriyah

Dalam penggunaan dari kalender islam hijriyah online ini sobat kanalmu tentunya akan mendapatkan beberapa manfaat. Adapun berikut ini adalah salah satu manfaat yang bisa kamu dapati sebagai salah satu muslim pemeluk agama islam yang taat.

1. Memudahkan mengetahui waktu ibadah

Dengan adanya kalender islam ini, tentunya umat pemeluk agama islam akan lebih mudah dalam mengetahui ibadah yang akan dilakukan, seperti puasa ramadhan, puasa sunnah bulan-bulan hijriyah tertentu ataupun jenis ibadah lainnya.

2. Sebagai bentuk keterikatan kepda Nabi Muhammad

Dengan adanya kalender ini bisa kebih mendekatkan ikatan kita kepada nabi muhammad yang mana membawakan ajaran islam untuk menjadi penerang kehidupan manusia.

3. Sebagai salah satu bendera syiar islam

Adanya kalenderi hijriyah ini tentu akan menjadi media syiar islam dalam berbagai tempat dimana merka akan menyebarkan ajaran agama dengan penuh kebaikan dan lemah lembut ini.

Baca Juga :  Hari baik oktober 2023 di kalender jawa

Kesimpulan

Dari penjelasn terkait dengan kalender hijriyah islam online ini bisa diambil kesimpulan bahwasanya ada banyak manfaat yang didapatkan sebagai salah satu pemeluk agama islam. Yang mana salah satunya adalah memudahkan kita untuk mengingat waktu beribadah.

Demikian ulasan dari topik ini mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu sobat kanalmu yang sedang mencari informasi tanggal hjrah hari ini dan mendapatkan pengetahuan info terkait sebagi bentuk tambahan wawasan.