Inilah Makna Tahun Baru Islam 1 Muharram Bagi Umat Muslim

Kanalmu.com – Tahun baru islam atau 1 Muharram merupakan salah satu moment yang selalu ditunggu oleh umat islam, karena pada pergantian tahun ini memiliki makna yang cukup berarti begi sebagian besar muslim.

Dalam pandangan beberapa ulama islam bahwasanya dengan adanya pergantian tahun hijriyah kita harus menyambutnya dan memperingatinya dengan banyak dzikir dan juga diawali doa-doa baik mandiri maupun bersama.

Selain itu pergantian tahun hijriyah diperingati karena didalamnya ada sejarah dan peristiwa penting yang perlu diberitahukan kepada anak cucu, yang mana pada tahun ini Rosul melakukan perjalanan hijrah dari kota Mekah ke Kota Madinah.

Tahun Baru Islam

Tahun baru islam atau hijriyah merupakan pergantian tahun dalam sistem penanggalan hijriyah yang digunakan oleh umat islam.

Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya pada tahun baru islam tersebut terdapat peristiwa penting dan bersejarah bagi islam sendiri.

Oleh sebab itu ketika akan mengalami pergantian tahun baru islam banyak umat muslim memaknainya dengan berbagai kegiatan salah satunya adalah memperbanyak dzikir dan meningkatkan ibadah.

Makna Tahun Baru Islam - kanalmu
Ilustrasi Makna Tahun Baru Islam – Sc Freepik

Makna Tahun Baru Islam Bagi Umat Islam

Inilah 8 makna tahun baru islam bagi umat islam yang perlu diketahui bagi kita seorang muslim.

Momentum pergantian tahun

1 Muharram merupakan moment pergantian tahun yang mana pada hari tersebut umat muslim akan merayakan tahun baru islam.

Adapun perayaan tahun baru islam ini bisa dilakukan dengan berbagai kegiatan seperti berdzikir, baca quran, diskusi islami maupun kegiatan lainnya yang religius.

Peringati Hijrahnya Nabi Muhammad SAW

Pada hari ini pula juga merupakan salah satu peristiwa penting bagi umat islam karena merupakan hijrahnya Nabi Muhammad SAW dari Mekah menuju Madinah.

Semangat Perjuangan Tanpa Putus

Tahun baru juga sebagai arti semangat perjuangan tanpa putus, karena ketika akhir tahun akan datang awal tahun.

Baca Juga :  Download Logo Hari Pramuka Ke-61 Tahun 2022 Png Resmi

Selain itu juga sebagai bentuk perjuangan untuk selalu menuju kebaikan, yaitu hijrah dari perbuatan buruk menuju ke yang baik.

Bukti Adilnya Allah SWT

Adapun pergantian tahun baru terjadi dari malam hari menuju pagi atau siang hari, dan terjadinya siang dan malam merupakan bukti bahwasanya ini merupakan bentuk maha adilnya Allah SWT.

Yang menjadikan berdampingan antaran malam dan siang, dengan demikian kita bisa melaksanakan kerja di siang hari dan beristirahat pada malam hari.

Sebagai Moment Musahabah atau instropeksi diri

Adapun tahun baru islam sebagai moment untuk melalukan instropeksi diri atau muhasabah.

Apakah selama tahun tersebut melakukan banyak kesalahan atau perbatan buruk, jika ia haruslah segera untuk dapat instopeksi diri dan meninggalkannya.

Moment menuju kebaikan

1 Muharram merupakan salah satu moment untuk menuju kebaikan, karena hari esok haruslah lebih baik dari hari ini dan kemarin.

Sebagai pengingat pentingnya berakhlak mulia

Perubahan tahun baru islam juga sebagai bentuk counter untuk mengingat sudah berapa banyak akhlak mulia yang sudah dilakukan banyak atau belum.

Jika masih banyak keburukan yang dilakukan, perlu meningkatkan untuk menjalankan kebaikan.

Hindari Kultus Individu

Penentuan tahun baru Islam tidak didasari dengan kelahiran, namun pada peristiwa. Hal ini memperlihatkan Islam merupakan agama yang progresif, bergerak terus maju, tidak stagnan, dan bergerak dari satu peristiwa menuju ke peristiwa yang lainnya sesuai perkembangan zaman, kebutuhan tempat dan kebutuhan manusia yang hidup pada saat tersebut.

Akhir Kata

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan topik pembahasan makna tahun baru islam bagi umat islam.

Mudah-mudahan sedikit informasi yang kami sampaikan melalui saluran ini bisa memberikan cukup manfaat dan referensi.