Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

27 Contoh makanan dan jajanan takjil untuk buka puasa kekinian terlaris

Bulan ramadhan sudah bisa hitung hari, ummat islam diharuskan untuk berpuasa dari waktu fajar sampai tenggelam matahari. Dengan setelah seharian menahan haus dan dehaga, tentunya ketika akan buka ada keinginan dengan makanan yang enak.

Menariknya ketika di bulan puasa kamu akan mendapati banyak jenis makanan dan cemilan yang unik dan biasanya hanya ada ketika bulan Ramadhan saja. Memang tidak menutup kemungkinan sebagian besar memang kita dapati pda hari-hari biasa.

Seperti yang disampaikan oleh beberapa ulama bahwasanya bulan puasa adalah waktu yang penuh dengan berkah. Karena kamu bisa berbisnis kecil-kecilan ataupun yang skala menengah pada bulan ini, terutama untuk kebutuhan buka puasa dan sahur, pastinya akan laris.

Ada cukup banyak peluang usaha kulineran di bulan ini yang bisa kamu coba dan akan memberikan keuntungan yang besar. Baik itu dari kategori makanan ringan, cemilan, takjil, minuman segar, makanan berat dan juga buah-buahan.

Makanan dan Jajanan buka puasa yang bakalan laris ketika di jual

makanan jajanan buka puasa - kanalmu
makanan jajanan buka puasa - kanalmu

Untuk sobat kanalmu yang mau mengambil kesempatan ini untuk berdagang makanan dan juga minuman di bulan puasa dan masih bingung mau cari ide seperti apa, kami team kanalmu memiliki beberapa referensi makanan dan jajanan buka puasa yang laris jika dijual pada bulan puasa ini.

Apabila sobat kanalmu penasaran seperti apa saja untuk jenis makanan dan juga jajanan yang bisa kamu jual, baca ulasan kanalmu ini sampai dengan selesai agar kamu mendapatkan referensi yang cukup banyak.

Makanan yang cocok dijual saat bulan puasa

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya setelah sehari menahan haus dan dehaga karena puasa, pastinya ketika nanti berbuka akan memakan jenis masakan maupun jajanan yang enak, lezat serta bernutrisi. 

Adapun berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang cocok dijual ketika bulan puasa, yang bakalan banyak dicari oleh orang-orang di sekitaran komplekmu.

1. Krupuk Ojay atau Krupuk Mie Oncom 

Di Jawa Barat, ada makanan ciri khas yang banyak dicari saat Ramadhan. Makanan itu namanya krupuk ojay atau krupuk mie oncom.

Saat sebelum ada makanan kekinian di jaman ini, krupuk ojay sering jadi menu unggulan yang harus ada pada bulan Ramadhan.

Kerupak ojay sendiri dibuat dari mie kuning yang dimasak atau disangrai. Untuk melahapnya harus dengan kuah yang terbuat dari oncom yakni tempe yang dijamurkan, bumbu-bumbu tradisionil, bawang putih, kencur, serai, salam, cabe.

Adapun cara melahapnya sendiri dapat dengan merendamkan krupuk pada kuah atau di atas krupuk kemudian diberi dengan kuah yang sudah dibuat tersebut. 

Umumnya krupuk ojay itu dipasarkan pada harga Rp 1000 sampai Rp 2000 per satu krupuknya. Dan bagi sobat kanalmu terutamanya masyarakat Jawa Barat yang ingin jual krupuk ojay itu, bahan bakunya dapat didapat di beberapa pasar tradisionil di mana anda dapat beli krupuk mentahnya lebih dulu selanjutnya memproses krupuk itu di dalam rumah.

Cara menjualnya sangatlah cukup simpel, sobat kanalmu tinggal membuat tempat depan rumah atau tempat keramaian. Dapat juga lewat cara online, tetapi untuk lokasi yang dijangkau tentu saja cuman seputaran wilayah anda dan dapat memakai mekanisme pre-order.

2. Gorengan

Makanan selanjutnya yang paling pas untuk dipasarkan saat Ramadhan ialah gorengan. Gorengan ini banyak diketemukan di sejumlah wilayah di Indonesia dan banyak ditemui tidak hanya pada pada bulan Ramadhan.

Tetapi, gorengan ini pamornya' makin bertambah saat bulan Ramadhan. Gorengan sebagai kudapan yang wajib ada dan paling cocok untuk temani sobat kanalmu buka puasa.

Adapun gorengan sendiri cukup banyak mancamnya, seperti bakwan, tahu goreng, tempe goreng, pisang goreng, risoles, comro, ubi goreng, dan lain-lain.

Adapun untuk cara memakan gorengan ini pas ketika masih sedang hangat, akan terasa sangat lezatnya. Dan menariknya gorengan ini tidak hanya nikmat karena harganya murah dapat dicicipi siapa saja.

Apabila sobat kanalmu memiliki ide untuk berhjualan makanan pada bulan Ramadhan, kamu bisa memilih ide usaha jualan gorengan. Di mana bahan bakunya anda dapatkan di pasar tradisionil atau warung paling dekat denganmu tinggal.

3. Gulai atau Bumbu Kuning Tutut 

Gulai atau bumbu kuning tutut juga sebagai makanan ciri khas yang ada saat bulan Ramadhan. Karenanya, benar-benar pas dipasarkan pada bulan suci ini.

Gulai atau bumbu kuning tutut ini sebagai semacam moluska yang hidup di sawah dan air tawar. Makanan itu dapat diketemukan di beberapa daerah Indonesia khususnya di pulau Jawa dan Sumatera.

Di Pulau Sumatera, persisnya di daerah Kepulauan Riau, Tutut itu banyak dijumpai dengan dibuat jadi gulai tutut.

Sedang di Jawa Barat, Tutut itu diproses dengan memakai bumbu kuning. Gulai atau bumbu kuning tutut ini dapat disajikan untuk menu pembuka atau menu khusus. 

Rasa dari daging tutut tersebut kenyal dan renyah cocok dipadankan dengan kuah gulai itu hingga mempunyai rasa yang sedap dan memiliki kandungan banyak vitamin.

Adapun untuk sobat kanalmu yang masih belum mempunyai gagasan jualan makanan pada bulan Ramadhan, tidak ada kelirunya untuk coba bisnis makanan ini.

Bahan bakunya dapat didapat di pasar tradisional dan untuk setiap satu porsi gulai tutut dapat dipasarkan dengan harga Rp 5.500 sampai Rp 10.000.

Kamu tidak hanya bisa berjualan dengan mekanisme pemasaran off line, tutut ini juga dapat dipasarkan lewat cara online dengan memakai mekanisme PO dan cuman dapat dikirimkan untuk wilayah yang satu tempat denganmu.

4. Bubur Ayam 

Bubur ayam banyak diketemukan tidak hanya pada bulan Ramadhan saja. Bubur ayam ini menjadi ciri khas untuk makanan sarapan pagi.

Tetapi, makin lama banyak juga pedagang yang jual bubur ayam pada malam hari untuk makan malam.

Bubur ayam ini nyaris banyak diketemukan di beberapa wilayah di Indonesia. Tetapi, menariknya di tiap wilayah mempunyai penyuguhan menarik dan berbeda-beda mulai dari toping dan bumbunya.

Tentu saja menyaksikan peluag dari bubur ayam tersebut, kamu bisa jadikan salah satu makanan, yang benar-benar pas dipasarkan pada bulan Ramadhan.

5. Mie Bakso 

Mie bakso ialah makanan yang paling terkenal di Indonesia. Makanan ini benar-benar dicintai oleh masyarakat kita di Indonesia dati berbagai kalangan.

Mie bakso ini terbagi dalam mie kuning atau putih dan sayur seperti tauge atau sawi. Menu intinya, yakni bakso dibuat dari tepung terigu yang digabung daging dan dibuat jadi bundar.

Mie bakso ini akan berasa nikmat dikonsumsi dengan memakai kecap, saos, dan sambel. Bukan hanya rasanya yang nikmat, tapi harga juga benar-benar cocok dikantong, karena untuk satu jatah dapat didapat dengan harga Rp 7.500 - Rp 25.000.

Mie bakso ini selalu ada setiap waktu baik siang, sore, dan malam, karena banyak masyarakat yang konsumsi bakso nyaris tiap hari.

Dan biasanya abang tukang bakso yang berkeliling disekitar anda ani ketika bulan puasa akan mudik, dan pasti ini menjadi peluang besar untuk kamu mencoba bisnis kulineran ini.

6. Mie Glosor

Di kota hujan, persisnya di Bogor ada makanan unik dan terkenal saat Bulan Ramadhan, yakni mie glosor.

Di kota itu, mie glosor jadi sebagai menu takjil unggulan yang tidak bisa mangkir kehadirannya. Mie glosor ini dibuat dari tepung sagu atau aci yang ditambah kunyit untuk bahan warna alaminya.

Mie yang telah diolah dikasih kuah yang telah ditambah dengan rempah-rempah dan sayur kol. Sebagai pendamping dapat ditambah sambel kacang supaya terasa renyah dan pedas.

Bila anda memang berasal dari kota Bogor dan saat ini sedang tinggal di wilayah lain, tidak ada salahnya untuk buka usaha itu. 

Terlebih makanan ini jarang di jumpai, maka ketika kamu menjualnya pada bulan Ramadhan pastinya akan mendapati banyak orderan.

7. Bermacam-macam Seblak 

Seblak makanan dari wilayah Bandung ini makin lama makin disukai. Bahan intinya dibuat dari kerupk aci mentah yang dipadupadkan dengan bumbu-bumbu rempah dibarengi dengan bermacam toping seperti, mie, sayur, tulang ayam, ceker, dan lain-lain.

Seblak ini benar-benar cocok dikonsumsi saat siang hari dengan rasa yang pedas. Saat ini, seblak ini gampang diketemukan di beberapa wilayah khususnya di pulau Jawa.

Seblak ini dibandrol pada harga yang dapat dijangkau yaitu kisara Rp 5.500 sampai Rp 15.000, dan itu tergantung toping yang ingin tambahkan.

Perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya seblak ini juga benar-benar pas dipasarkan saat bulan Ramadhan karena rasanya yang nikmat, renyah, dan dapat juga disajikan untuk takjil.

8. Bubur Kampium

Di Indonesia ini kecuali ada bubur ayam yang renyah dan sedap ada bubur yang rasanya manis dan renyah.

Bubur itu asalnya dari daerah Sumatera Barat yang namanya bubur kampium. Bubur kampium ini terbuat dari candil, ketan hitam, kacang hijau, bubur sumsum, dan santan.

Banyak isi didalam bubur tersebut dan membuat bubur itu jadi sajian yang paling mengenyangkan untuk buka puasa.

Saat ini, bubur kampium ini dapat anda dapatkan di beberapa daerah Indonesia. Dan jika sobat kanalmu ingin menjualnya dapat mengontak rumah makan paling dekat untuk menjadi reseller dari makanan itu.

9. Lemang Tapai 

Lemang tapai merupakan salah satu makanan ciri khas dari Sumatera Barat. Lemang itu dibuat dari beras ketan dan santan kelapa yang diolah memakai bambu kemudian diletakan pada atas baranya api.

Sesudah masak, anda dapat menambah topingnya yakni tape ketan, atau tapai yang digabung antara ketan hitam dan gula aren.

Sama seperti dengan bubur kampium, lemang tapai juga banyak diketemukan pada berbagai wilayah di Indonesia terutamanya di pulau Jawa.

Dan menariknya lemang tapai cocok untuk di jual ketika bulan Ramadhan karena rasanya yang unik dan benar-benar mengenyangkan.

10. Bermacam-macam Jajanan Kue Pasar 

Di Indonesia ada kue jajanan pasar yang mempunyai cita-rasa terbaik dari tiap kue yang dijumpainya. Kue jajanan pasar itu mencakup kue lumpur, lemper, serabi solo, bugis, kue apem, bubur bisa lolos, dan ada banyak kembali.

Disebutkan dengan jajanan kue pasar karena banyak diketemukan di tempat itu. Dan menariknya, di tiap pasar tradisionil Indonesia kue itu selalu memiliki nama yang berbeda.

Namun demikian akhir-akhir ini, kue tersebut makin sangat jarang, tetapi ada banyak yang cari karena mempunyai cita-rasa yang khas.

Adapun untuk harga dari kue tersebut sangant terjangkau mulai dari Rp 500-Rp 3.000, oleh karena itu bermacam jajanan kue pasar ini benar-benar pas dipasarkan saat Ramadhan.

Pada umumnya kue ini jadi menu takjil, karena kebanyakan kuenya mempunyai rasa yang manis. Bila anda ingin menjualnya, janganlah lupa untuk tentukan sasaran pasar dan taktik penjualannya supaya jualan anda makin laris.

7 Camilan buka puasa dari tahu

Secara garis besar makanan dan jajanan diatas merupakan salah satu olahan yang unik dan merupakan salah satu makanan khas daerah.

Namun demikian dari beberapa jenis jajanan yang menjadi cemilan saat buka puasa adalah olahan yang bahan dasarnya tahu.

Berikut kami pilihkan 7 jenis gorengan yang memiliki bahan dasar tahu, dan dapat sobat kanalmu bikin sendiri di dalam rumah.

1. Tahu Pletok

Cemilan ciri khas Tegal ini mempunyai rasa renyah dan struktur yang kenyal. Tahu pletok dibuat dari tahu kuning yang dipotong segitiga dan dikasih kombinasi tepung kanji, irisan daun kucai, dan bumbu. Tahu pletok ini benar-benar nikmat buat berbuka puasa.

2. Tahu Isi Ayam Pedas

Membuat tahu isi lumayan gampang. Namun demikian bagi sobat kanalmu yang akan membuat tahu isi ayam pedas, harus tahu cara pengerjaan yang benar, adapaun caranya ialah bahan lapisannya harus kental supaya bisa melekat pada tahu. Bila cukup cair maka susah melekat pada tahu.

3. Tahu Bakso

Tahu bakso adalah oleh-olehan populer dari Semarang, dari Ungaran persisnya. Cemilan satu ini nikmat jika dicicipi dengan cabe rawit atau dicocol dengan sambal kecap. 

Yang paling penting, jika Anda membuat sendiri Tahu Bakso ini, pakailah tahu dan daging sapi dengan kualitas yang bagus, supaya rasa tahu baksonya jadi sedap.

4. Cemilan Tahu Rambutan

Jika ingin coba macam tahu goreng yang lain, Anda harus coba membuat Tahu Rambutan . Anda dapat menambah isian seperti telur puyuh atau bakso didalamnya. Nikmat sekali untuk santapan berbuka puasa.

5. Tahu Crispy

Olahan tahu biasanya cukup dimasak menjadi sayur, untuk itu coba kamu membuat tahu crispy. Tahu ini gurih di luar tapi masih halus dalam. Saya percaya, ketika kamu mencoba makan, pastinya akan sulit untuk stop melahap Tahu Crispy ini.

6. Tahu Walik

Mengapa dinamakan tahu walik? Karena sisi dalam tahunya diletakan pada sisi luar. Meskipun kebalik, tidak kurangi kesedapan tahu walik ini. Jika ingin jadikan Tahu Walik sebagai makanan berbuka puasa, sobat kanalmu dapat menikmatinya dengan sambal kecap.

7. Tahu Isi Sayur

Sayur merupakan salah satu makanan yang pentig bagi tubu, namun demikain ada yang sulit dan kerap pilih-memilih dalam mengonsumi sayur. 

Namun demikian ketika diolah menjadi Tahu Isi Sayur pastinya anda akan sangat menyukainya. Adapun untuk jajajan ini dapat anda cicipi untuk buka puasa dengan teh manis hangat.

7 Cemilan gorengan untuk buka puasa

Yang paling nikmat untuk berbuka puasa nanti bisa dengan beragam gorengan yang kulitnya keemasan, dan kress ketika di gigit. 

Ehmm tentunya ini menjadi salah satu godaan ketika beduk adzan magrib akan di tabuh. Dan bagi sobat kanalmu yang masih belum menemukan jenis gorenagn seperti apa yang cocok untuk membatalkan atau buka puasa. Kami memiliki beberapa referensi yang bisa kamu jadikan list ketika keluar mencari jajajan takjil.

Tidak hanya itu saja, karena sobat kanalmu bisa jadikan ide untuk membuat sendiri di rumah, dan berikut ini adalah beberapa contoh gorengan yang lezat dan nikmat untuk berbuka puasa.

1. Kroket Makaroni

Cemilan ini memiliki bahan dasar kentang garing di luar tetapi halus dalam. Umumnya kroket bukan hanya berisi sayur. Juga bisa ditambah isian makaroni. Kroket makaroni benar-benar pas untuk kudapan berbuka puasa karena mengenyangkan dan nikmat.

Kroket yang bagus memiliki kulit yang tidak pecah atau retak, Sayang sekali kan jika adonan kroket anda yang sangat nikmat, tetapi memiliki bentuk kurang oke karena kulitnya retak, bahkan juga pecah karena meletus saat dimasak.

Upayakan pilih kentang yang telah tua. Jauhi pilih kentang yang muda, karena umumnya kentang yang muda berkadar air yang tinggi. Atau bila Anda ingin lebih ringkas, sobat kanalmu dapat memakai tepung kentang yang diseduh sama air seperlunya sampai memperoleh struktur yang cocok. 

2. Martabak Tahu

Berikut salah satunya gorengan takjil yang jangan anda lewatkan. Karena makanan gorengan ini sangat nikmat menjadi menu berbuka puasa kalian.

Adapun untuk martabak ini biasanya isi didalamnya seperti tahu, telur, dan bermacam bumbu yang terbungkus rapi dalam kulit lumpia, lalu dimasak sampai keemasan. Sehingga saat digigit menjadi kriuk.

3. Tahu Isi

Pastinya dengan gorengan yang ini, kamu tidak dapat untuk menolaknya. Karena tahu isi merupakan salah satu icon gorengan Indonesia yang ada selalu di semua acara. Rasa gorengan ini gurih nikmat. 

Yang mana didalamnya isiannya ada wortel, tauge, kol irislah, bawang-bawangan yang membuat renyah dan semua bersatu dalam tahu.

Kegurihan pada isian tahunya sangat sangat nikmat. Akan semakin oke jika dikonsumsi saat panas dan ditambahkan sauce sambal pedas .

4. Pastel

Membeli gorengan ini sepulangnya sekolah pastinya akan menjadi kenangan sendiri, karena pada zaman dahulu kamu pasti pernah melakukannya. 

Dimana hampir di semua pasar Ramadhan ada takjil pastel, dimana dalam gorengan ini berisi daging, wortel, kentang, dan telur. Memiliki bentuk juga berlainan dengan gorengan biasanya.

5. Risol

Untuk jajanan yang ini tidak perlu ditanyakan gurih nikmatnya. Gorengan risol ini tentunya akan sangat menggoyangkan lidahmu. 

Dimana didalam gorengan ini terdapat berbagai macam isian seperti risol mayo, risol ragout, risol ayam, bahkan juga ada juga risol isi sauce spagetthi.

Tidak hanya pada isi risolnya yang memiliki isian bermacam-macam, namun kulit risol juga bermacam, ada yang memakai kulit lumpia yang garing dan kulit risol yang halus. Untuk bikin kulit risol yang super halus anda dapat tambah susu dan mengolahnya di wajan anti lekat.

6. Tempe Mendoan

Tempe goreng ini beda dari lainnya. Wujud tempenya tipis dan diolesi adonan terigu dan tepung beras, plus daun bawan, terlebih jika tempe mendoannya dimasak 1/2 matang, akan sangat nikmat dan menendang lidah. 

Dan sudah tentu tempe goreng ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk menu takjil buka puasa, terlebih ada minuman segar seperti es buah.

7. Lumpia Sayur

Gorengan satu ini dapat disamakan dengan martabak tahu. Yang mana gorenangan ini terbuat dari bahan alami dan teksturnya renyah menjadikah gorenan favorite,.

Dikarenakan didalam isiannya banyak macamnya seperti wortel, buncis, bihun. Untuk menikmatinya kamtu tidak harus membeli, karena lumpia sayur terhitung praktis jadi jika sobat kanalmu ingin membuat sendiri di dalam rumah sangatlah mudah dilakukan.

Kesimpulan

Dari ulasan terkait dengan makanan dan jajanan takjil buka puasa diatas bisa diambil kesimpulan, bahwasanya ada cukup banyak jenis kudapan yang cocok dijadikan menu untuk menyegerakan berbuka puasa.

Namun demikian sobat kanalmu jangan terlalu berlebihan untuk mengonsumsi makanan, karena kamu harus menyisakan ruang untuk udara, dan minumam. 

Dari ulasan diatas bisa juga kamu jadikan salah satu peluang usaha kamu untuk berjualan dan meraup keuntungan pada bulan puasa ini.

Demikian ulasan kanalmu ini, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa menjadi tambahan wawasan bagi kami khususnya dan sobat kanalmu secara umumnya.