Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Asuransi pendidikan terbaik lengkap manfaat dan tips memilihnya

Untuk sobat kanalmu yang saat ini khawatir terkait dengan jaminan pendidikan anak kamu. Tidak ada salahnya untuk mencoba perlindungan dari asuransi pendidika terbaik. Namun demikian sebelum memutuskan untuk menggunakannya, sebaiknya untuk mencari kelebihan, kekurangan dan juga manfaatnya, agar tidak merasa rugi di kemudian hari.

Seperti yang kita ketahui bahwasanya biaya pendidikan sekolah untuk anak baik dari masa paud, tk, sd sampai dengan jenjang perkuliahan setiap tahunnya mengalami kenaikan. Tentunya ini menjadikan kita sebagai orangtua merasa was-was, sedangkan pendapatan untuk setiap tahunnya belum tentu naik.

Memang pemerintah memberikan banyak subsidi terkait dengan biaya pendidikan, akan tetapi apakah semua ini sudah menyeluruh dan kemungkinan anak anda nantinya mendapatkan bagiannya ? 

Bagi sebagian orang tidak akan merasa sangat bermanfaat dan penting adanya asuransi, namun demikian sebagian lain justru ini bisa membantu meringankan biaya pendidikan anaknya.

Dan bagi sobat kanalmu yang masih belum tahu, di perusahaan asuransi mana saja yang memberikan jaminan perlindungan biaya pendidikan anak aman, dipercaya dan juga pelayanannya terbaik. Kamu tidak perlu khawatir kami sudah memiliki daftar rekomendasi yang bisa menjadi salah satu referensimu.

Manfaat kamu memiliki asuransi pendidikan

asuransi pendidikan terbaik bri bni bca mandiri - kanalmu
asuransi pendidikan terbaik bri bni bca mandiri - kanalmu

Namun demikian sebelum ke daftar asuransi terbaik, sobat kanalmu sebaiknya untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa manfaat apa saja yang kamu dapatkan karena memiliki asuransi pendidikan.

  1. Jaminan biaya pendidikan anak dimasa depan
  2. Merupakan salah satu investasi masa mendatang
  3. Dapat dijadikan sebagai asuransi jiwa
  4. Akan memberikan rasa tenang untuk perlindungan financial pendidikan anak

Jenis asuransi pendidikan yang harus kamu tahu

Selain manfaat yang perlu kamu ketahui, sebelum membeli polis asuransi sobat kanalmu juga harus memperhatikan beberapa jenis asuransi pendidikan. 

Karena setiap jenisnya memiliki pelayanan yang berbeda, jadi kamu bisa sesuaikan kebutuhanmu berdasarkan jenis asuransinya. Dan berikut ini adalah beberapa jenis asuransi pendidikan.

1. Dwiguna

Dan untuk jenis asuransi ini di masa depan anak anda tidak hanya mendapat jaminan perlindungan biaya pendidikan, namun juga adanya jenis tabungan didalam produk asuransinya.

Tentu anak anda selain terjamin biaya pendidikannya, juga akan mendapatkan uang saku dalam waktu tertentu sesuai dengan kesepakatanmu ketika diawal pendaftaran asuransi.

2. Unit link

Adapun untuk sobat kanalmu yang memiliki pendapatan lebih bisa memanfaatkan jenis asuransi ini, karena selain jaminan pendidikan asuransi type ini juga menjadi satu sebagai salah satu investasi dimasa depan, layaknya reksadana.

Daftar asuransi pendidikan terbaik di Indonesia

Untuk memberikan gambaran dan juga referensi asuransi terbaik yang ada di Indonesia, kami team kanalmu berikut ini memiliki beberapa daftarnya, yang bisa menjadi salah satu pertimbangan untuk anda pilih ketika akan memberikan jaminan perlindungan biaya pendidikan anak anda.

1. Asuransi BCA

Di perusahaan asuransi BCA memiliki produk unggulan untuk perlindugan biaya pendidikan anak, yaitu proteksi edukasi maksima atau eduplan, dimana jenis dari asuransi ini adalah dwiguna.

Adapun untuk pembayaran premi bisa dilakukan dalam jangka waktu 3, 10 dan juga 15 tahun. Dengan menjamin sampai sebesar 200% dari duit pertanggungan  dimasa usia anak 18 sampai dengan 21 tahun.

2. Asuransi Manulife

Untuk jenis asuransi pendidikan yang menjadi penawaran Manulife adalah unit link. Yang mana untuk kemanfaatan nya bisa juga sebagai investasi jangka panjang.

Untuk pemegang asuransi pendidikan bisa orang tua anak dengan persyaratan umur mulai dari 18 sampai dengan 50 tahun, dan untuk umur anak mulai dari 30 hari sampai dengan 10 tahun.

3. Asuransi pendidikan BRI

Adapun untuk perusaahan BRI memiliki produk jaminan asuransi pendidikan dan juga keselamatan jiwa, dimana pihak tertanggung haruslah membayar premi selama 8 tahun, kemudian akan menikmati asuransi dampai dengan 18 tahun.

4. Asuransi Mandiri

Dimana asuransi dari perusahaan mandiri memiliki keunggulan yang menarik dimana kamu akan mendapatkan bonus royalty sebanyak 1,5% pada akhir tahun kelima.

Dan untuk syarat pemegang polis asuransi ini untuk kamu yang sudah berumur minimal 17 tahu dan maksimal di usia 59 tahun, sedangkan usia anak diantara 0 sampai dengan 15 tahun.

5. Asuransi prudential

Dan bagi sobat kanalmu yang ingin mendapatkan perlindungan bagi orangtua sampai dengan anak-anaknya bisa memanfaatkan polis asuransi pendidikan dari prudential.

Sedangkan keuntungan dan manfaat yang bisa dirasakan adalah untuk usia anak sampai dengan 18 tahun sampai dengan 25 tahun.

6. Asuransi pendidikan BNI

Pada perusahaan BNI memiliki produk unggulan asuransi pendidikan solusi pintar yang mana memberikan perlindungan biaya pendidikan anak secara bertahap mulai dari SD, SMP, SMA sampai dengan perguruan tinggi.

Dan untuk masa pembayaran premi ada beberapa pilihan ada yang 7 dan juga sampai 17 tahu, dengan maksimal usia tertanggung maksimal 65 tahun.

Tips memilih asuransi pendidikan yang aman dan terpercaya

Untuk sobat kanalmu, sebelum memutuskan membeli salah satu polis asuransi, haru memperhatikan beberapa hal. Dan berikut ini adalah tips dari kanalmu yang bisa kamu gunakan untuk mengambil keputusan asuransi pendidikan dari perusahaan tertentu.

1. Terdaftar

Yang pertama ini sangat penting, pastikan asuransi tempat kamu berinvestasi sudah terdaftar pada Asosiasi asuransi umum Indonesia.

Dimana jika tidak masuk dalam daftar tersebut bisa dipastikan perusahaannya atau agen broker asuransi bodong yang harus kamu hindari.

2. Berpengalaman

Pastikan juga sudah terdaftar dan memiliki kredibilitas baik dalam OJK, untuk mengetahui ini kamu bisa mencari informasi ke berbagai media seperti TV, Yotube, internet dan media cetak seperti koran.

Dan jika kamu menemuka salah satu asuransi yang memiliki banyak berita buruk untuk dihindari, daripada dikemudian hari kamu akan rugi.

3. Memiliki informasi jelas

Dapatkan informasi yang jelas dan mendetail terkait dengan asuransi pendidikan yang ditawarkan oleh perusahaan, seperti biaya premi, biaya pertangungjawaban, denda, dan jika perlu sampai biaya akusisi.

Dengan menggali informasi yang mendetail dan jelas ini, tentunya akan mengurangi resiko dirugikan dikemudian hari.

4. Sesuaikan jumlah dana

Sebelum memutuskan mengambil asuransi pendidikan kamu bisa cari tahu biaya pendidikan dan juga perkiraan kenaikannya setiap tahun dalam jangka waktu tertentu.

Dengan demikian kamu bisa menyesuaikan dengan biaya asuransi yang akan kamu keluarkan. Dan untuk mengambil contoh biaya sekolah kamu bisa mencari yang biaya tertinggi di sekitar kamu yang kemungkinan kamu akan menyekolahkan anak.

5. Ketahui resiko

Dimana setiap premi yang kamu bayarkan nantinya sama perusahaan akan dimasukan dana invstasi mereka.

Maka oleh itu dan bisa jadi atau mungkin asuransi tersebut akan berakhir pada kerugian sejumlah uang yang didapatkan, karena tidak sesuai dengan nilai yang tercantum.

Kesimpulan

Dari penjelasan terkait dengan daftar asuransi pendidikan terbaik di Indonesia tersebut bisa diambil kesimpulan. Bahwasanya banyak manfaat yang didapatkan dari perlindungan dana pendidikan dimasa depan ini.

Namun demikian sebelum kamu memutuskan untuk memilihnya, ada beberapa tips minimal yang bisa kamu lakukan agar tidak merasa rugi dikemudian hari.

Demikian ulasan kanalmu terkait dengan informasi ini, mudah-mudahan sedikit info ini bisa menjadi salah satu penambah wawasan dan juga referensi pengambil putusan sobat dalam penggunaan asuransi pendidikan.