Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Efek Samping Kayu Manis saat Pemakaiannya yang Berlebihan

Efek samping kayu manis bagi kesehatan ternyata buruk dampaknya jika dikonsumsi dalam janga waktu lama dan berlebihan. Dan untuk kayu manis ini merupakan salah satu rempah-rempah yang sangat populer digunakan masyarakat, biasanya digunakan untuk bumbu masakan. Namun demikian sobat kanalmu yang mau memanfaatkan kayu manis ini sebaiknya mencari terlebih dahulu dampak buruk yang kemungkinan akan terjadi .

Selain digunakan sebagai bumbu masakan masyarakat lebih mengenal kayu manis lebih pada khasiat dan juga manfaatnya dibandingkan dengan efek samping yang ditimbulkannya. Apa saja manfaat dan khasiat dari kayu manis ? Adapun untuk manfaat dari kayu manis bisa menyembuhkan beberapa keluhan kesehatan seperti mencegah gumpalan darah, hangatkan tubuh, mencegah pertumbuhan sel kanker, dapat menurunkan kolesterol, kontrol gula darah, dapat tingkatkan fungsi otak dan juga anti infeksi

Dan selain memiliki manfaat untuk kesehatan kayu manis juga bisa digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat kue, minuman, salad dan banyak lagi jenis makanan yang menggunakan kayu manis. Namun demikian untuk penggunaannya haruslah sesuai aturan dan tidak berlebihan, agar meminimalisir efek samping yang tidak diinginkan.


Inilah beberapa efek samping kayu manis yang wajib diketahui

efek samping kayu manis
efek samping kayu manis

Apapun itu jenis makanannya baik itu yang awalnya memiliki khasiat dan manfaat untuk kesehatan jika dikonsumsi secara berlebihan akan memberikan efek buruk untuk kesehatan. Begitupun dengan bahan penyedap rasa makanan kayu manis, apabila dikonsumsi berlebihan tidak sesuai dengan takaran dan dalam jangka waktu yang lama aka menimbulkan efek samping.

Dan berikut ini adalah beberapa efek samping kayu manis yang wajib sobat kanalmu ketahui, jika konsumsinya melebih dari yang dibutuhkan.

1. Jantung berdebar

Untuk dapat mengkonsumsi bahan dari kayu manis ini bisa dalam berbagai bentuk karena bisa dalam bentuk masih bilahan kecil dimasukan dalam masakan maupun air rebus sebagai obat, maupun dalam bentuk bubuk maupun sudah di ekstrak menjadi minyak. 

Akan tetapi konsumsi secara berlebih dari kayu manis dapat menyebabkan denyut jantung berdetak  secara meningkat. Hal ini disebabkan oleh senyawa yang ada pada kayu manis yang diterima oleh tubuh berlebihan sehingga menjadikan proses pompa darah tidak menjadi normal.

2. Memicu timbulnya penyakit liver

Jenis kayu manis ini ada beberapa dan salah satunya adalah jenis coumarin, dan untuk sobat kanalmu yang mengkonsumsi kayu manis jenis ini secara berlebihan atau dosisnya tinggi bisa menyebabkan timbul penyakit liver. Maka dari itu kamu harus hati-hati dan mencari tahu terlebih dahulu manfaat dan efeknya sehingga kamu bisa memutuskan dengan bijak jika terpaksa harus menggunakan kayu manis sebagai pengobatan. 

3. Menyebabkan kelahiran premature

Bagi ibu yang sedang hamil tidak disarankan untuk mengkonsumsi kayu manis dalam bentuk apapun, karena zat dalam kandungan yang ada dalam kayu tersebut bisa memicu kontraksi dini yang mana bisa menyebabkan keguguran bagi mereka yang hamil muda dan juga menyebabkan kelahiran premature bagi yang sudah hamil tua.


4. Dapat memicu iritasi kulit

Tidak hanya digunakan untuk penyedab rasa, bubuk dan juga ekstrak minyak, bahwasanya kayu manis ini juga diolah oleh perusahaan besar menjadi salah satu masker, namun demikian untuk masker kayu manis yang  digunakan mereka memiliki sensitive kulit bisa mengakibatkan iritasi pada bagian kulit, dan bentuk iritasi ini bisa berupa gatal-gatal maupun kulit mengalami sensasi terbakar panas.

5. Menjai penyebab sesak nafas

Dampak bahaya konsumsi bubuk kayu manis tanpa menggunakan air putih bisa menyebabkan efek serius pada saluran pernapasan. Dimana bubuk kayu ini bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya infeksi dada dan juga saluran pernapasan yang sangat serius, dan jika dibiarkan dalam rentang waktu lama bisa menyebabkan masalah pada paru-paru, dan apabila sudah dalam tahap akut bisa menyebabkan kematian.

6. Dapat mengencerkan darah

Kayu manis ini memiliki manfaat untuk mengencerkan darah, namun jika dikonsumsi berlebihan bisa menyebabkan efek samping berbahaya. Dan untuk herbal alam satu ini tidak diperkenankan untuk mereka yang memiliki riwayat sakit jantung, karena hal ini bisa memperburuk kondisi penyakitnya, dan jika tidak dilakukan penanganan dan perawatan yang tepat bisa menyebabkan orang yang sakit jantung meninggal dunia.

7. Memicu radang mulut dan tenggorokan

Bagi sobat kanalmu yang akan konsumsi bubuk kayu manis sebaiknya difikirkan terlebih dahulu matang-matang. Karena hal tersebut bisa memicu masalh pada mulut dan tenggorokan. Hal ini disebabkan oleh kandungan cinnamaldehide yang bisa menyebabkan inflamasi. Dan hal ini tidah hanya menyebabkan radang mulut dan tenggorokan, namun juga akan menyebabkan masalah lain seperti lidah bengkak, amandel, sariawan dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Maka dari itu untuk sobat kanalmu yang mau menggunakan apapun itu sebaiknya mencari tahu dahulu kandungan dan efek sampingnya, termasuk untuk efek samping kayu manis yang dikonsumsi secara berlebihan, karena dibalik rasa unik sebagai bumbu penyedab rasa makanan, ternyata kayu ini memiliki dampak buruk pada kesehatan.

Demikian informasi yang bisa kami ulas terkait dengan kayu manis ini, mudah-mudahan sedikit info ini menjadi tambahan wawasan untuk anda. Dan selalu memperhatikan setiap takaran yang sobat akan konsumsi.

Post a Comment for "Efek Samping Kayu Manis saat Pemakaiannya yang Berlebihan"