Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Lengkap cara gampang menghitung selamatan orang meninggal geblag, 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1000 hari

Kanalmu.com -  Adat istiadat dan tradisi adalah salah satu kekayaan budaya yang dimiliki indonesia, tidak lain adalah salah satu tradisi turun temurun yang sampai saat ini dipegang teguh oleh masyarakat jawa terkait peringatan hari kematian salah satu keluarga geblag, 3 , 7, 40, 100, 1000 harian. Dan untuk memperingati ini bukan sembarang hari bisa digunakan untuk memperingatinya, namun ada cara menghitung selamatan orang meninggal, yang mana harus dicari hari baik sesuai dengan perhitungan hari baik jawa.

Untuk mempermudah perhitungan selamatan masyarakat jawa biasanya memanfaatkan penanggalan jawa sebagai patokannya. Yang mana kemudian akan ditemukan dengan mudah hasil peringatan selamatan dari hari kematian sampai dengan hari yang ke 1000 nya.

Selamatan Orang Meninggal Sebagai Media Kirim Doa

cara hitung selamatan orang meninggal online

Selamatan meninggal dalam masyarakat jawa digunakan sebagai media untuk kirim doa kepada sanak keluarga yang sudah pergi terlebih dahulu, dengan harapan bagi keluarga yang sudah meninggal diampunkan dosanya oleh Tuhan sang pencipta alam.

Sudah tentu tradisi atau adat istiadat seperti ini memiliki nilai budi pekerti yang cukup tinggi, yang mana selain kita mengirimkan doa juga sebagai pengingat bagi yang masih hidup bahwasanya ada masa jaman kelanggengan atau lebih abadi setelah kematian, dan didunia hanyalan salah satu kehidupan untuk singgah mencari bekal untuk hidup yang lebih kekal.

Bagaimana cara mudah menghitung selamatan orang meninggal ?

Seperti yang kami sampaikan sebelumnya, bahwasanya untuk memperingati hari meninggalnya seseorang ada tatacara dan perhitungan khusus bagi masyarakat jawa, tidak bisa sebarangan menggunakan hari yang ada.

Dan pada dasarnya untuk memperingati hari kematian orang meninggal pada masyarakat jawa terdapat 9 tahap, dan berikut ini adalah kesembilan tahap tersebut.

1. Hari Geblag

Yang mana untuk selamatan geblag adalah proses kirim doa untuk orang meninggal yang mana dilaksanakan setelah yang mati dikuburkan. Dan untuk peringatan ini langsung diselengarakan pada hari itu juga biasanya pada sore atau malam harinya.

2. Nelung Dinan ( 3 Harian )

Untuk tahap nelung dino, untuk acara selamatannya dilakukan setelah 3 hari paska kematian sanak saudaranya, dan untuk penyelengaraannya dilakukan pada malam hari yang mana untuk mencari perhitungannya menggunakan metode lusarlu.

3. Mitung dino ( 7 Harian )

Sedangkan untuk hari ke tujuh akan diadakan acara selamatan bagi sanak saudara yang meninggal, dan sebagai contohnya saudara sobat kanalmu meninggal pada hari jumat kliwon makan untuk memperingati mitung dinonya dilakukan kamis legi.

4. Patangpuluh Dino ( 40 Harian )

Untuk mengadakan selamatan 40 harian caranya cukup banyak dan salah satunya adalah menggunakan teknik setelah 30 hari meninggal lebih sedikit paska orang tersebut meninggal dunia.

5. Satusan ( 100 Hari )

Sedangkan untuk memperingati selamatan yang ke 100 hari, sobat kanalmu bisa menggunakan hitungan setelah 3 bulan ditambah beberapa hari.

6. Mendak Pisan

Untuk memperingati mendak pisan, biasanya selamatan di adakan setelan 1 tahun setelah keluarga meninggal, untuk menghitung harinya kamu bisa mengunakan model rumus patsarpat (Hari ke empat , pasaran ke 4).

7. Mendak Pindo

Sedangkan untuk mencari informasi acara selamatan orang meninggal mendak pindo, kamu bisa menggunakan rumus Jisarlu (Hari ke satu, Pasaran ke 3). Atau lebih tepat dan mudahnya kamu tandai 2 tahun setelah hari kematian.

8. Nyewu ( 1000 Harian)

Dan ada tradisi nyewu atau memperingati kematian pada hari yang ke 1000, yang mana ini dilakukan kurang lebih 2 tahun lebih  9 bulan setelah orang tersebut meninggal. Pada pada hari itu akan dilakukan yang namanya selamatan nyewu untuk kirim doa bagi keluarga yang sudah meninggal.

9. Prenget-prenget

Untuk yang terkahir adalah acara prenget-prenget atau pengingat waktunya kirim doa, dimana ini akan dilakukan setiap tahun sesuai dengan tanggal, wuku dan tahun geblagnya atau hari meninggalnya. 

Jadi ada 9 tahap untuk memperingari atau acara selamatan bagi orang yang sudah meninggal bagi masyarakat jawa, dengan harapan dengan diadakan acara kirim doa teresebut dapat meringankan dosa dan bagi yang sudah meninggal mendapatkan tempat terbaik di jaman kelanggenangan, alam abadi.

Perhitungan penanggalan jawa peringatan kematian

Agar lebih baik dan tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan, sebaiknya sobat kanalmu juga mempelajari perhitungan penanggalan jawa untuk memperingati hari kematian. Dan yang tentunya kamu haru mempelajari terlebih dahulu masalah neptu hari dan juga pasaran.

1. Neptu Hari dan Pasaran

neptu hari dan pasaran
Seperti yang terdapat pada tabel diatas, bahwasanya untuk melakukan perhitungan menggunakan penanggalan jawa kamu harus mempelajari neptu hari dan juga pasaran, yang mana neptu hari ahad hari ke 1, senin hari 2, selasa hari 3, rabu hari ke 4, kamis hari ke 5, jum'at hari ke 6 sabtu haru ke 7.

Sedangakn untuk nama neptu pasaran kliwon merupakan pasaran ke 1, legi pasaran 2, pahing pasaran ke 3, pon pasaran ke 4, wage pasaran ke 5.

2. Rumus menghitung selamatan orang meninggal

rumus menghitung selamatan orang mati

Dan pada tabel diatas ini adalah rumus yang digunakan untuk mencari informasi hari selamatan bagi saudara kamu atau masyarakat jawa yang sudah meninggal.

3. Contoh Perhitungan (Yang Meninggal Mbah Brojo pada Jum'at Legi)

contoh perhitungan

Pada tabel perhitungan diatas akan mempermudah bagi sobat kanalmu untuk mempelajari hari dan pasaran lain yang bisa disesuaikan dengan kematian dari sanak saudara sobat kanalmu.

4. Hasil Perhitungan (Hari selamatan mbah brojo yang meninggal jum'at legi)

hari selamatan orang meninggal

Pada sample diatas, didapatkan hari dan pasaran untuk melakukan acara selamatan mbah brojo yang meninggal pada jum'at legi dari telung dino, sampai dengan seribu hari pasca meninggalnya.

Aplikasi Online Akurat & Terpercaya Perhitungan Hari Selamatan Orang Meninggal Lengkap

Bagi sobat kanalmu yang kesulitan dalam melakukan perhitungan, tidak perlu kwatir karena bisa datang kepada sesepuh yang ada di sekitar rumahmu, atau bisa kamu menggunakan aplikasi online akurat dan terpercaya yang bisa digunakan untuk perhitungan mencari hari selamatan orang meninggal yang lengkap dari nelung dino, pitung dino, 40 hari, 100 hari sampai dengan 1000 harinya.

Nah bagaimana cara menggunakannya, tidak perlu kwatir sobat tinggal memasukan nama dan juga tanggal geblagnya sanak saudara yang meninggal dan dengan sekali hitung akan terdapatakan semua hari selamatannya.

Dan berikut ini adalah cara lengkap menggunakan aplikasi online akurat dan terpercaya dari pondokjeruk yang bisa kamu gunakan untuk perhitungan.

1. Buka Laman Aplikasi Online [Hitung Hari Selamatan]
2. Scrol Kebawah sampai temu tampilan seperti dibawah ini
Aplikasi Hitung Slametan Online Akurat Terpercaya

3. Masukan Nama Lengkap dan tanggal tahun meninggalnya
Aplikasi Hitung Slametan orang Meninggal Online Akurat Terpercaya

4. Jika Nama Lengkap Dan Tanggal Sudah Dimasukan Kemudian tekan MENU HITUNG
Aplikasi Hitung Slametan orang Meninggal Online Akurat Terpercaya

5. Akan keluar hasil hari selamatan dari mbah brojo sebagi berikut ini dari hari ke 7 sampai dengan 1000.
Aplikasi Hitung Slametan orang Meninggal Online Akurat Terpercaya

Sudah tentu dengan menggunakan aplikasi hitung selamatan orang meninggal ini sangat mudah dan tentunya akurat dan dapat dipercaya karena rumus-rumus penanggalan jawa sudah diterapkan pada aplikasi ini.

Aplikasi Perhitungan Hari Selamatan Sedekah Orang Meninggal

Selain menggunakan aplikasi yang telah disediakan oleh pojokjeruk kamu juga bisa melakukan perhitungan hari selamatan sedekah orang meninggal melalui laman primbonjojo. Dimana untuk penggunaan aplikasinya cukup mudah dan didapatkan hasil perhitungan yang cepat dan juga akurat. Adapun untuk cara menggunakannnya silahkan ikuti beberapa tgahapan berikut ini.

1. Buka laman hitung hari sedekah orang meninggal online [ Hitung ]
2. Jika sudah masuk laman hitunga sedekah online, selanjutnya masukkan tanggal, bulan dan juga tahun meninggal Kemudian jika sudah terisi semua kemudian tekan tombon Hitung, Seperti pada gambar dibawah ini.
perhitungan selamatan orang meninggal online

3. Dan kemudian kamu akan mendapatkan informasi lengkap untuk hari selamatan dari 7 hari, 40 hari, 100 hari, mendak pisan, pindo dan seribu harinya, lengkap dengan menu selamatan orang meninggal yang perlu dipersiapkan, seperti gambar dibawah ini.
menu selamatan orang meninggal lengkap
Menu Sedekah Orang Meninggal

Aplikasi Perhitungan Sedekah Orang Meninggal Online

Selain kedua aplikasi perhitungan diatas, kamu juga bisa menggunakan aplikasi perhitungan sedekah orang meninggal dari salah satu pemberdaya masyarakat dari purwomartani sleman jogjakarta yang mana juga seorang pembisnis dan konsultan UKM. Adapun untuk menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengikuti beberapa tahapan seperti dibawah ini.

1. Pertama Masuk Laman Perhitungan Hari Sedekah Orang Meninggal Online [ Masuk Aplikasi ]
2. Kedua sobat kanalmu masukan Nama, tanggal, bulan dan tahun meninggalnya, dan kemudian tekan tombol LIHAT, seperti pada gambar dibawah ini.
perhitungan sedekah orang meninggal online
Aplikasi Perhitungan Sedekah Orang Meninggal

3. Jika sudah maka kamu akan mendapatkan informasi yang akurat dari perhitungan mencari hari sedekah orang meninggal secara online, seperti gambar dibawah ini.
hasil perhitungan aplikasi hari sedekah orang meninggal
Namun dalam melakukan selamatan ada beberapa persyaratan yang harus kamu persiapkan jika kamu melakukannya sesuai dengan adat jawa, persyaratan selamatan ini disebut dengan nama ubarampe.

Menu Selamatan (Ubarambe) orang meninggal

Pada selamatan orang meninggal terdapat menu wajib yang mana harus ada pada acara peringatan kematian dan kirim doa tersebut, dan berikut ini adalah beberapa menu wajib pagi yang mau mengadakan selamatan orang meninggal.

1. Nasi Gurih

Yang pertama adalah menu nasi gurih yang mana pada menu ini nasinya cukup nikmat dan ditaburi beberapa lauk pauk yang jika kamu makan sangat nikmat. Namun tidak cukup itu bahwasanya nasi gurih ini memiliki makna tersendiri bagi masyarakat jawa, yaitu sebagai simbol keberkahan dan kemakmuran.

2. Nasi Buceng

Selain nasi buceng yang berbentuk kerucut ini memiliki rasa yang khas dalam masyarakat jawa terdapat makna yang cukup tinggi nilainya. Yang mana buceng kepanjangan (yen mlebu kudhu kenceng) dalam bahasa indonesia artinya kalau masuh haru sungguh-sungguh, dalam islam jawa menyebutkan jika kamu masuk pada ajaran islam jangan setengah-setengah harus dalam dan benar-benar sebagai tumpuan jalan hidup.

3. Nasi Golong

Berbeda dengan nasi buceng, untuk nasi golong ini berbentuk bulat-bulat, selain rasanya sangat gurih dalam istilah golong ini memiliki makna manusi hidup itu harus mempunyai kebulatan tekad dalam menjalani dan mengarungi kehidupan ini.

4. Nasi Ambengan

Nasi ambengan dengan lauk yang banyak dan campur ini selain nikmat dilidah bagi masyarakat jawa memiliki makna arwah bagi yang meninggal atau keluarga yang masih hidup didunia mendapatkan pambenganing pangeran, yang mana dalam makna tersebut tersirat harapan bagi kita yang masih hidup maupun sudah mati diampuni segala dosa dan jika sudah mati diterima disisi Tuhan Semesta Alam (Allah).

Beberapa contoh diatas adalah salah satu menu yang dihidangkan dalam proses acara selamatan orang yang sudah meninggal baik 7, 40 , 100 sampai dengan 1000 harinya.

Demikian ulasan kanalmu mengenai informasi cara mudah dan lengkap hitung selamatan orang meninggal, mudah-mudahan sobat kanalmu dimanapun berada saat ini yang masih memegang teguh budaya jawanya bisa mengaplikasikannya. Biar dibilang wong jowo ra ilang jawane.

Post a Comment for "Lengkap cara gampang menghitung selamatan orang meninggal geblag, 3 hari, 7 hari, 40 hari, 100 hari, 1000 hari"