√ Ikan Guppy: Pengertian, Asal, Jenis dan cara budidaya

Kanalmu.com, Guppy Ikan Hias Air Tawar – Memelihara ikan hias sudah ada dari sejak jaman dahulu, namun untuk saat ini tren memelihara ikan hias ini bukan hanya sekedar hobby namun juga sebagai salah satu bentuk bisnis, karena banyak yang membudidayakan ikan hias baik air tawar maupun air laut kemudian hasil budidaya dijual.

Pasar Ikan hias ini dari tahun ketahun permintaannya cukup signitifikan, terlebih karena adanya media sosial dan banyak ulasan yang memberikan arahan mudah bagaimana cara memelihara ikan hias. Dan Jenis ikan hias yang dibudidayakan tak lain halnya adalah ikan guppy.

#Pengertian Ikan Hias Air Tawar Guppy

Ikan Guppy adalah salah satu ikan air tawar dan mudah beradaptasi serta mudah berkembang biyak. Untuk ikan guppy sendiri mempunyai banyak sekali nama dan berikut ini adalah sebutan lain nama ikan guppy , ikan seribu, ikan cere, ikan suwadakar.

Di indonesia, ikan guppy ini banyak berada diarit-parit dan berkembang secara liar, Ikan Guppy ini memiliki nama ilmiah Poecilia reticulata. Dan ikan ini awal mula ditemukan di Danau Naivasha, pandan roservoir.

Baca Juga:

jenis ikan guppy black moscow
Jenis ikan guppy black moscow

#Asal ikan guppy darimana ?

Karena sangat banyak ditemukan diindonesia, sehinga masih menjadi pertanyaan apakah ikan guppy ini asli indonesia atau sebenarnya berasal dari mana. Namun menurut beberapa para ahli ikan guppy ini berasal dari amerika tengah dan selatan. Dan penemu ikan ini bernama Robert John Lechmere Guppy. Jadi nama ikan guppy sendiri ini diambil dari nama penemu ikan guppy ini untuk yang pertama kalinya.

Baca Juga :  ✓ Syarat Pembuatan SIM Terbaru Lengkap yang Wajib Kalian Ketahui
jenis ikan guppy platinum red tail
jenis ikan guppy platinum red tail

#Jenis Ikan  Guppy

Dan jenis ikan hias air tawar yang masuk keluarga ikan guppy adalah ikan Guppy Black Panda, Albino german yellow, Blue Moscow Albino, Grass Blue, Black Moscow, Red Blonde, ikan guppy Full Platinum dan juga Guppy Neon.

Cukup banyak sekali jenis ikan guppy ini, dari beberapa jenis ikan guppy ini mempunyai harga yang cukup fantastis mahal, hingga sampai harga 700 ribuan.

jenis ikan guppy full platinum
jenis ikan guppy full platinum

#Daftar Lengkap Harga Ikan Guppy

Dan untuk anda yang sedang mencari informasi berapa harga-harga dari ikan guppy itu sendiri, dan berikut ini adalah daftar lengkap harga ikan guppy dari harga paling murah sampai dengan harga paling mahal.

Tabel harga Ikan Guppy Lengkap :

Jenis Ikan Guppy Harga
Ikan Guppy Black Panda Rp30.000 
Ikan Guppy Albino German Yellow Rp60.000 
Ikan Guppy Blue Moscow Albino Rp45.000 
Ikan Guppy Grass Blue Rp80.000 
Ikan Guppy Black Moscow Rp35.000 
Ikan Guppy Red Blonde Rp50.000 
Ikan Guppy Full Platinum Rp40.000 
Ikan Guppy Platinum Red Tail Big Ear Rp40.000 
Ikan Guppy Neon Rp50.000 
Ikan Guppy Platinum Half Moon Dragon Rp700.000 
jenis ikan guppy moon dragon
jenis ikan guppy moon dragon

#Budidaya Ikan Guppy Mudah Dengan Biaya Minim Alat Sederhana

Untuk membudidayakan ikan guppy cukuplah mudah dan biaya yang sangat minim, meskipun mudah dibudidayakan ikan guppy anda wajib mengkikuti beberapa hal penting berikut ini agar budidaya ikan hias guppy anda berhasil dengan baik.

  1. Memilih Wadah – Cari Wadah Yang Cukup Untuk Budidaya Ikan guppy, wadah ini bisa aquarium, ember plastik maupun anda membuat kolam dari perekat pasir.
  2. Memilih Indukan – Untuk memilih indukan pastikan anda memilih induk yang baik, ciri induk atau ikan betina adalah warna kusam dan agak bulat, sedangkan untuk ikan jantan warna lebih ke terang dan kontras.
  3. Pisahkan Indukan – Sebelum melakukan pemijahan pastikan anda memisahkan indukan jantan dan betina dari ikan guppy.
  4. Pemijahan Ikan guppy – Setelah pemisahan indukan tahapan selanjutnya adalah melakukan pemijahan.
  5. Penetasan Benih – Penetasan benih adalah menjadi tahapan selanjutnya setalah pemijahan.
  6. Pendederan Benih – Tahap terakhir dari budidaya ikan hias air tawar guppy adalah pendederan benih.
Baca Juga :  √ Tumbuhkan Jiwa Wirausaha Yang Tangguh, SD KYAI IBRAHIM Surabaya Gelar Business Day
jenis ikan guppy neon
jenis ikan guppy neon

Demikian ulasan mengenai Ikap Guppy, asal , penemu jenis dan cara budidaya yang mudah dilakukan meskipun masih pemula dalam menelateni budidaya ikan hias. Dan silahkan share ulasan ini, dan jiak ada kekurangan silahkan krimkan kritik dan saran melalui kolom komentar dibawah.