Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Ikan Manfish : Asal, jenis, Cara merawatnya dan Harga Terbaru

Kanalmu.com, Cara Merawat Ikan Manfish - Siapa yang tidak kenal dengan jenis ikan hias air tawar satu ini, benar ikan manfish, dimana banyak sekali penggembar dan pembudidaya ikan satu ini. Ikan ini salah satu ikan hias air tawar populer tidak hanya diindonesia namun juga di mancanegara. Ikan manfish atau bisa dibilang juga angelfish merupakan salah satu ikan hias yang bisa anda pelihara dalam aquarium.

Banyak hal menjadi alasan dari memelihara ikan hias manfish ini (Ikan Bidadari), selain bentuknya yang unik, bisa dipelihara dalam aquarium , serta pakannya yang mudah untuk didapatkan, namun lebih dari itu memelihara atau budidaya ikan manfish ini bisa menghasilkan pundi-pundi uang. Dengan cara melakukan jual ikan manfish ini ke pengemar ikan manfish lainnya.

ikan manfish
ikan manfish

#Asal Usul Ikan Manfish 

Ikan manfish ini merupakan salah satu jenis ikan yang habitatnya di air tawar, Nama ilmiah dari ikan ini adalah Pterophyllum scalare, ikan ini merupakan ikan asli dari cekungan amazon di peru, kolombia dan juga brasil.

Yang sebagian orang pertanyakan pasti adalah apakah ikan ini bisa dipelihara secara tercampur dengan ikan lainnya, jawabanya adalah bisa, anda bisa memelihara campur dengan jenis ikan lainnya.

10 Teman yang cocok dengan ikan Manfish

Ikan manfish ini adalah salah satu ikan yang bisa bersahabat dengan ikan lainnya, namun yang lebih cocok untuk memelihara secara campur dengan ikan manfish adalah ikan-ikan berikut ini.

  • Ikan dwarf Gourami - ikan ini berasal dari daratan pakistan india, ikan ini salah satu ikan pemalu dengan mempunyai banyak warna, dan yang bagus dari ikan ini adalah sangat toleran dengan berbagai jenis kondisi air.
Dwarf Gourami Ikan kanalmu
Dwarf Gourami Ikan

  • Ikan Platy - Merupakan salah satu jenis ikan air tawar yang mana mempunyai keunggulan bisa berkembang biak didalam aquarium.
Ikan Platy Cocok dengan Manfish
Ikan Platy Cocok dengan Manfish

  • Swordtail - Ikan pedang kalo dalam bahasa indonesia bisa dibilang sepeti itu, ikan ini adalah salah satu jenis ikan yang melahirkan bukan bertelur kalau dalam bahasa ilmiha bisa disebut juga dengan livebearer. Meskipun lincah ikan ini sangat cocok dan ramah satu tempat dengan ikan manfish.
Ikan swordtail Cocok dengan Manfish
Ikan swordtail Cocok dengan Manfish

  • German Blue Ram - Ikan satu ini ikan dengan ukuran kecil-kecil dengan warna yang mengkilap, meskipun terlihat garang ikan ini cocok dengan ikan manfish. Karena ikan ini tergolong ikan yang ramah. German Blue Ram ini jenis ikan cichild yang indah dan populer.
Ikan German Blue Ram Cocok dengan Manfish
Ikan German Blue Ram Cocok dengan Manfish

  • Ikan Guppy - Ikan yang tangguh satu ini pun juga bisa satu tempat dengan ikan Manfish, selain tangguh ikan ini mudah dibudidayakan , dan sangat produktif.
Ikan Guppy Cocok dengan Manfish
Ikan Guppy Cocok dengan Manfish

  • Ikan Molly - Ikan ini populer disebut juga dengan bunglonnya air, ikan ini juga salah satu ikan yang tahan terhadap berbagai aquarium, bahkan ikan jenis ini bisa tahan hidup di air laut. Ikan molly ini juga ikan mempunyai banyak warna jadi juga cocok dengan ikan manfish.
Ikan Molly Cocok dengan Manfish
Ikan Molly Cocok dengan Manfish

  • Bristlenose Pleco - Ikan jenis ini juga asli dari lembah sungai amazon amerika selatan, Meskipun ikan ini bentuknya yang seram namun ikan ini cocok hidup dengan ikan manfish.
Ikan B Pleco Cocok dengan Manfish
Ikan B Pleco Cocok dengan Manfish

  • Corydora Catfish - Sapaan ikan ini adalah cory fish , ikan ini mudah dipelihara dengan mempunyai tempramen yang tenang dan damai, sehingga cocok satu tempat dengan ikan manfish.
Ikan Cory Catfish Cocok dengan Manfish
Ikan Cory Catfish Cocok dengan Manfish

  • Kuhli loach - Sebutan terkenal dari ikan ini adalah burung hantunya dunia ikan, jika anda ingin memelihara dengan ikan manfish jangan hanya satu karena ikan ini akan frustasi jika dipelihara sendirian .
Ikan kuhli loach Cocok dengan Manfish
Ikan kuhli loach Cocok dengan Manfish

  • Ikan lemon tetra - ikan yang berasal dari daratan amazon ini merupakan ikan yang sangat tahan dalam berbagai jenis kondisi air, dan ikan ini juga bisa hidup dengan ikan lain dalam satu aquarium.
Ikan lemon tetra Cocok dengan Manfish
Ikan lemon tetra Cocok dengan Manfish

#Jenis Ikan Manfish dan Update Harga terbarunya

Berikut ini adalah daftar jenis ikan manfish dan update harga terbaru dari ikan manfish itu sendiri sesuai jenis ikannya, harga dibawah ini hanya kisaran, untuk lebih detail ini tergantung wilayah dan ukuran dari ikan manfish itu sendiri.

No Jenis Ikan Manfish Harga
1 Manfish Zebra 5000 - 7000 Per ekor
2 Slayer Black & White 10.000 - 25.000 Per Ekor
3 Silver/ Perak 10.000
4 Half Black' 5000 atau lebih tergantung ukuran dan wilayah
5 Gold / Emas 7.500 - 15.000 atau lebih tergantung wilayah dan ukuran
6 Marble 5.000 - 7.000 atau lebih
7 Blushing terjangkau sesuai wilayah
8 Koi  15.000 atau lebih sesuai wilayah dan ukuran
9 Dusky Blushing terjangkau sesuai wilayah
10 Althum 15.000 atau lebih sesuai wilayah dan ukuran


#Cara Mudah Merawat Ikan Manfish

Ikan Manfish ini jenis ikan yang tergolong mudah untuk dirawat, meskipun begitu anda perlu memberikan perawatan khusus untuk ikan ini, dan berikut ini adalah beberapa tips merawat ikan manfish di aquarium.
  1. Pastikan kondisi air dalam keadaan jernih
  2. Gunakan filter air untuk menjaga kebersihan air dan aquarium
  3. Pastikan PH air di antara 6,15 sampai 6.30
  4. Berikan Makan secukupnya
  5. Pastikan adan buat plan pencegahan penyakit ikan

Demikian ulasan mengenai jenis ikan manfish dan cara merawatnya, semoga ulasan ini membantu anda dalam merawat ikan manfish, jangan lupa dihare artikel ini.




3 comments for "√ Ikan Manfish : Asal, jenis, Cara merawatnya dan Harga Terbaru"

  1. Suroboyo piro cak regone jenis ikan hias iki

    ReplyDelete
  2. Wah cocok bos, buat menuhin aquarium apalagi bisa dicampur

    ReplyDelete