Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

√ Pengertian Gelas Ukur, Jenis, Cara Benar Menggunakan dan Membaca Skalanya

Kanalmu.com, Gelas Ukur - Dalam ilmu fisika pengukuran adalah suatu hal yang biasa dilakukan sehari-hari. Salah satu pengukuran dalam ilmu fisika adalah pengukuran volume benda. Jika bentuk benda ini benda padat dan teratur bisa diukur dengan cara mencari volume dengan cara ukur sisi-sisi benda tersebut. 

Namun jika benda itu cair, salah satu caranya adalah menggunakan gelas ukur untuk mengetahui volume benda tersebut. 
Cara menggunakan gelas ukur
Cara menggunakan gelas ukur
Baca Juga:

#1 Pengertian Gela Ukur Adalah ?

Gelas ukur adalah sebuah alat lab yang digunakan untuk mengukur volume benda cair. Perlu diketahui Gelas Ukur ini berbeda dengan gelas kimia, Gelas ukur untuk mengukur volume benda cair, sedangkan gelas kimia digunakan untuk menyimpan benda cair bahan kimia.

#2 Apa saja Funsgi Gelas Ukur ?

Seprti dijelaskan sebelumnya bahwasanya gelar ukur ini mempunyai fungsi utnuk mengukur volume benda cair dengan ketlitian tinggi. 

Untuk anda yang sering berada dilabolatorium fisika dan kimia sudah pasti akan banyak menemukan gelas ukur ini, dari ukuran 5 mL sampai dengan 2 Liter, namun untuk saat ini juga ada ukuran yang lebih besar dari ukuran tersebut.
Cara menggunakan gelas ukur
Cara menggunakan gelas ukur


Sebuah gelas ukur, pengukur silinder atau yang bisa juga disebut silinder pencampur adalah bagian dari peralatan labolatorium yang digunakan untuk mengukur volume cairan. Gelas ukur umumnya lebih akurat dan tepat dari termos labolatorium dan gelas. Namun, mereka kurang akurat dan tepat dari gelas volumetrik, seperti labu ukur (volumetric flask) atau pipet volumetrik. Untuk alasan ini, gelas ukur tidak bisa digunakan untuk melakukan analisis volumetrik. Gelas ukur ini kadang-kadang digunakan secara tidak langsung untuk mengukur volume solid dengan mengukur perpindahan atau kenaikan cairan.

Umumnya, gelas ukur terbuat dari polypropylene karena ketahanan kimia yang baik atau polymethylpentene untuk transparasi, hal itu membuat gelas menjadi lebih ringan namun lebih rapun dari kaca. Polypropylene kelas khas komersial mencair lebih dari 1600C (3200F), kerusakan pada gelas ukur dapat mempengaruhi akurat pengukuran.
Cara menggunakan gelas ukur
Cara menggunakan gelas ukur

#3 Jenis-jenis Gelas Ukur

  1. Gelas Ukur Versi Tradisional, Sebuah gelas ukur tradisional biasanya sempit dan tinggi (sehingga dapat meningkatkan akurasi dan presisi pengukuran volume) dan memiliki dasar plastik atau kaca “corot” untuk memudahkan aliran cairan mengalir dari gelas ukur.
  2. Gelas Ukur Versi Baru, Versi baru tambah lebar dan rendah. Jenis lain dari dari silinder memiliki sendi kaca tanah bukannya “corot”, sehingga mereka dapat ditutup dengan stopper atau terhubung langsung dengan unsur-unsur lain dari bermacam-macam, mereka juga dikenal sebagai silinder pencampuran. Dengan jenis silinder, cairan meteran tidak dituangkan secara langsung, tetapi sering dihapus menggunakan kanul. Sebuah gelas ukur dimaksudkan untuk dibaca dengan permukaan cairan ditingkat mata, dimana pusat meniskus menunjukkan jalur pengukuran.
Cara menggunakan gelas ukur labu
Cara menggunakan gelas ukur labu


#4 Cara Menggunakan Gelas Ukur Yang baik dan benar

Dalam menggunakan gelas ukur, sebaiknya hal yang harus kamu tahu adalah sebagai berikut:
  1. Apabila hendak mengukur volume larutan yang tidak berwarna, yang harus kita perhatikan adalah batas meniskus cekung bagian bawah. Letakkan gelas ukur pada daerah yang datar dan meniskus dibaca sejajar dengan mata.
  2. Apabila hendak mengukur volume raksa, yang harus kita perhatikan adalah batas meniskus cembung. Letakkan gelas ukur pada daerah yang datar dan meniskus dibaca sejajar dengan mata.
Cara menggunakan gelas ukur
Cara menggunakan gelas ukur


#5 Cara Membaca Skala Gelas Ukur dengan Baik dan Benar

Cara membaca skala gelas ukur yang benar dan tepat yaitu dengan meletakkan gelas ukur pada bidang datar seperti meja. Selain itu, dengan melihat permukaan cairan pada gelas ukur sejajar dengan mata hal ini dimaksudkan agar pengamatan mendapatkan hasil akurasi ketelitian yang optimal.

Sumber: [Herlambang, Ananda Bagas. 2017. Perubahan Fisika. Yogyakarta: Penerbit Istana Media].

Demikian Ulasan mengenai √ Pengertian Gelas Ukur, Jenis, Cara Benar Menggunakan dan Membaca Skalanya, mudah-mudahan anda terbantu dan jika artikel ini bermanfaat silahkan untuk dishare agar lebih banyak yang mendapatkan kemanfaatannya.

Post a Comment for "√ Pengertian Gelas Ukur, Jenis, Cara Benar Menggunakan dan Membaca Skalanya"