15+ Peluang usaha rumahan yang memberikan omset jutaan rupiah

kanalmu

Dengan keperluan primer yang selalu naik, tidak ada kelirunya untuk buka usaha rumahan yang memberikan keuntungan. Terlebih bagdi pegawai yang umumnya upah didapatkan tidak seberapa kadang tidak cukup buat tutup keperluan setiap hari dan pola hidup masa kini.

Oleh karena itu, buka bisnis sambilan di dalam rumah ialah cara yang pas buat sobat kamu yang memerlukan uang tambahan. Akan tetapi, cukup banyak yang menyepelekan bisnis seperti ini.

Dan kenyataannya, banyak orang yang sukses dalam mengolah bisnis rumahan. Dimana seorang dulunya pekerja, saat ini dapat untung hingga puluhan juta tiap bulan dari bisnis sampingan dirumah, dengan memiliki usaha seperti rempeyek dan bisnis camilan.

Tidak hanya itu saja, bahkan mereka mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi saudara, tetangga di lingkungan mereka tinggal. 

Adapun dengan adanya cerita ini, bisa menjadi ide buat saobat kanalmu yang ingin buka usaha rumahan. Akan tetapi sebelum sobat kanalmu untuk mengawali buka usaha rumahan, ada banyak hal yang dapat kamu persiapkan lebih dulu.

Peluang Usaha Rumahan yang tidak ada matinya

peluang usaha rumahan omset jutaan - kanalmu
peluang usaha rumahan omset jutaan – kanalmu

Berikut cara-cara yang perlu jadi perhatian saat sebelum buka usaha rumahan. Dengan mengikuti beberapa langkah berikut ini tentunya akan menghindarkan sobat kanalmu akan kerugian dimasa akan datang.

1. Pelajari Pengendalian Administrasi

Meskipun usaha rumahan dilaksanakan secara skala kecil, tidak ada kelirunya untuk pelajari hal basic dari pengendalian administrasi yang bagus dan baik.

Poin utama yang perlu jadi perhatian ialah jangan sampai mencampur urusan keuangan bisnis dengan kebutuhan pribadi.

Pengendalian administrasi yang teratur akan memudahkan keberlangsungan usaha rumahan yang sobat kanalmu lalui. Dengan adanya dasar pengelolaan keuangan yang kuat, bisnis akan berjalan secara lancar.

2. Tidak boleh takut tidak berhasil

Tiap pelaku bisnis cuman akan menghadapi 2 opsi pilhan, yang pertama adalah sukses atau kedua tidak berhasil atau mengalami kegagalan.

Meskipun masih pemula, kamu harus dapat menangani rasa takut akan ketidakberhasilan. Karena hati yang takut akan menghantui tiap keputusan, sehingga menjadikan bisnis sobat kanalmu akan usai tidak berhasil karena rasa takut tersebut.

Oleh karena itu, pupuklah psikis juara di dalam diri dengan penuh optimis, karena kamu mempunyai segala hal yang diperlukan untuk bikin usaha rumahan ini sukses.

3. Pilih Usaha Rumahan yang Sesuai minat atau hobi

Bisnis yang tidak sesuai dengan minat atau hobi kamu cuman akan berbuntut pada ketidakberhasilan.

Mengapa demikian? Karena, jika arah bisnis sobt kanalmu karena hanya uang, kamu akan menyulitkan bisnis yang kamu jalani saat ini.

Mengembangkan bisnis ialah hal yang susah, tetapi bisnis yang sesuai dengan minat akan membuat segalanya berasa gampang karena kamu betul-betul menyenangi apa yang kamu kerjakan.

Sebagai contoh, jika sobat kanalmu senang mengolah kmakanan, membuka usaha kulineran di dalam rumah adalah ide yang tepat.

Dan bila kamu senang dengan musik, membuka usaha studio musik yang dapat disewakan untuk rekaman atau latihan tentunya akan memberikan pundi-pundi uang. Paling penting adalah, pilih usaha yang betul-betul membuat kamu lebih hidup dan berbahagia.

4. Tetapkan Misi dan Visi

Penentuan misi serta visi akan menolong sobat kanalmu tentukan arah dari usaha rumahan. Dengan mempunyai sasaran, kamu akan memiliki arah yang ingin kamu raih secara jelas hingga bisnis yang dijalankan akan terus berkembang.

Bila kamu membuat tujuan yang jelas diawal, kemungkinan untuk sukses kecil, karena kamu tidak tahu apakah yang sedang kamu kerjakan.

5. Hitung modal yang diperlukan

Tiap bisnis membutuhkan modal. Hal pertama kali yang dapat kamu kerjakan ialah hitung apa kamu punyai modal yang cukup buat mengawali usaha yang kamu sudah tentukan.

Jauhi beli beberapa barang yang di rasa belum perlu supaya kamu dapat alokasikan dana ke hal yang betul-betul fundamental.

Bila usaha rumahan yang kamu lakukan memerlukan lapak, kamu dapat manfaatkan halaman atau garasi di samping rumah.

6. Tentukan hari yang baik untuk mengawali usaha rumahan

Bisnis yang mendapatkan kesuksesan selalu diawali dengan rencana yang bagus. Salah satunya rencana yang perlu dipikir ialah kapan kamu mengawali usaha rumahan.

Bila dilaksanakan tanpa penghitungan yang jeli, bisa jadi usaha yang dibangun dengan bermodalkan tidak sedikit tersebut justru berbuntut pada ketidakberhasilan.

Sebagai hontoh hari baik: Bila kamu ingin mengawali bisnis kue rumahan, kamu dapat mengawali bisnis mendekati bulan ramadhan atau puasa.

Baca Juga :  10 Sekuritas untuk investasi saham terbaik di Indonesia 2022

7. Cari taktik promo yang sesuai

Promo ialah langkah terbaik untuk memperkenalkan bisnis di seputar wilayah rumah atau bahkan juga di kota yang kamu tinggali.

Makin kerap promo dilaksanakan, makin banyak konsumen setia yang bakal beli atau singgah ke usaha rumahan yang kamu jalani.

Untuk mengirit uang saat promo dengan sasaran haru bisa menggunakan media yang tepat. Kamu dapat coba Facebook Ads atau Google Adwords, karena ke-2 nya dapat mempromokan bisnis sesuai sasaran yang kamu tentukan.

Itu beberapa panduan yang dapat kamu coba saat sebelum mengawali usaha rumahan, agar bisa memperkecil kegagalan dimasa yang akan datang.

Sesudah pahami apa saja yang perlu dipersiapkan sebelum sobat kanalmu mengawali usaha rumahan, waktunya pilih usaha rumahan yang sesuai dengan passion.

Peluang usaha rumahan yang membuat untung

Banyak pilihan ide peluang bisnis rumahan yang dapat membuat kamu untung. Tetapi, tidak seluruhnya usaha akan tahan lama bersamaan dengan selelalu ada perubahan di dalam kehidupan di dunia ini.

Berikut beberapa peluang usaha rumahan yang tidak lekang oleh waktu:

1. Jualan Pulsa Elektrik dan Paket Data Internet

Dengan jaman yang makin maju, telephone tanggan saat ini sudah menjelma jadi komoditas khusus yang nyaris tidak dapat dipisah dengan keperluan manusia.

Menyaksikan keadaan ini, jualan pulsa elektrik sudah pasti menjadi peluang bisnis yang tidak dapat dilewati. Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya usaha rumahan ini rupanya tidak membutuhkan modal yang besar.

Yang dibutuhkan hanya sebuah telephone genggam atau smartphone yang diperlukan untuk mengirim pulsa elektrik dan paket data internet.

Untuk mengawali bisnis ini, kamu dapat daftarkan diri sebagai agen ke distributor pulsa dan paket data internet terpercaya yang dapat kamu cari lewat online.

2. Jualan Cemilan/Makanan

Jualan makanan atau cemilan ialah peluang bisnis yang tak pernah akan ada matinya. Dengan market pasar yang besar, dibutuhkan sedikit penelitian supaya usaha yang digerakkan di dalam rumah ini berjalan secara lancar.

Adapun berikut beberapa contoh pilihan usaha kulineran yang dapat dicoba di dalam rumah.

Berjualan Bermacam-macam Kue

Seperti kita banyak ketahui bahwasanya warga Indonesia suka sekali dengan yang bernama cemilan. Adapun contoh jenis cemilan yang digemari orang Indonesia diantaranya:

  • Brownies kukus
  • Donat
  • Kue Bolu
  • Kue Lapis
  • Risoles

Selain contoh tersebut masih banyak jenis tipe kue yang paling di sukai oleh orang-orang di  Indonesia. Adapun untuk jenis usaha ini benar-benar pas bila rumah kamu berada di wilayah yang ramai seperti dekat sama universitas, perkantoran, atau sekolah.

Membuka Warung Makanan

Bila kamu memiliki skil memasak yang bagus, tidak boleh kamu menyia-nyiakan talenta yang dirimu punyai. Bermodalkan biaya yang kecil, kamu bisa memulai buka usaha rumah makan di dalam rumah.

Untuk mengawalinya, kamu dapat mendesain ulangi ruang kosong ditempatmu dijadikan warung supaya semakin nyaman digunakan untuk makan oleh calon konsumen.

Pada umumnya, masakan rumahan seperti telur dadar, ayam goreng, dan lain-lain diminati oleh banyak orang.

Dan jika sobat kanalmu memiliki resep keluarga yang nikmat dan unik, tidak salah untuk dicoba untuk menemukan keberuntungan melalui usaha rumahan.

3. Buka Layanan Laundry Kiloan

Orang jaman saat ini senang sekali dengan hal yang ringkas dan cepat karena aktivitas tiap hari yang dilalui sangatlah padat.

Seperti waktu yang banyak dihabiskan di kantor, beberapa orang cenderung pilih untuk menggunakan jasa seseorang untuk kerjakan pekerjaan rumah mereka.

Diantaranya ialah membersihkan pakaian. Tentunya hal semacam ini menjadi peluang, buka usaha laundry kiloan menjadi pasar yang siap dikeruk.

Dengan tempat loundry yang pas dan taktik marketing yang diperkirakan dengan masak, usaha rumahan ini akan menjadi pendapatan tambahan atau passive income.

4. Buka Layanan Penjahit Baju

Bila kamu memiliki hoby menjahit, kamu dapat memperdalam bisnis ini di dalam rumah.

Kemungkinan bisnis yang ini kedengar ketinggal jaman. Namun demikian usaha ini selalu diperlukan oleh orang.

Pikirkan saja berapakah pernikahan yang terjadi dalam satu tahun dan kalkulasi berapakah seragam pernikahan yang dapat kamu jahit.

5. Buka Layanan Tempat Bersihkan Motor

Ini ialah usaha rumahan yang paling prospektif untuk dilaksanakan di rumah. Bagaimana tidak?

Coba lihat tempat cuci motor mana yang selalu kelihatan sepi. Terlebih jika saat musim penghujan tiba, konsumen dengan motor kotornya akan makin bertambah. 

Baca Juga :  40+ Contoh peluang usaha modal kecil yang menjanjikan

Adapun untuk memulai usaha cuci motor ini, tidaklah membutuhakn banyak butuh modal, karena bermodalkan tidaklah sampai 8 juta, kamu bisa buka usaha ini.

6. Buka Persewaan Play Station

Dunia game terus akan berkembang bersamaan mengembangnya tehnologi. Banyak orang tidak mau ketinggalan untuk mencoba kesenangan yang berikan oleh game konsol ini.

Bila posisi rumah kamu ada di lokasi yang ramai orang, kamu dapat coba usaha rumahan yang ini. Dengan modal 2 TV dan 2 Play Station 4, kamu bisa buka persewaan sendiri di dalam rumah.

Meskipun modal yang dikeluarkan lumayan besar, bisnis ini ialah usaha yang cepat balik modal, karena apresiasi warga tinggi, terlebih bagi beberapa remaja penggemar game.

7. Buka Layanan Photo dan Video

Usaha rumahan yang ini menjadi peluang yang lumayan menjanjikan untuk dicoba. Seluruh orang kemungkinan dapat ambil gambar atau record video, tetapi tidak semua dapat melakukan secara professional.

Dengan adanya peluang ini, kamu bisa ambil keuntungan dengan cara membuka usaha layanan jasa photo dan video.

Layanan photo dan video yang kamu buka dapat layani berbagai macam kepentingan event seperti acara penikahan, photo wisuda, dan ada banyak lagi lainnya.

Modal yang kamu butuhkan hanya ruang yang dapat digunakan untuk studio, camera, dan computer untuk proses editing hasil jepretan dan penangkapan kameramu.

8. Buka Layanan Pemberi Masukan untuk Web Baru

Usaha semacam ini tentu sudah dikenal di kelompok para freelancer. Bermodalkan akses internet, kamu bisa lakukan usaha ini di rumah saja.

Jaman saat ini, rekam jejak sebuah produk ditetapkan oleh masukan yang diberi oleh beberapa konsumen. Oleh karena itu, kamu dapat coba usaha ini untuk memiliki keuntungan sebanyak-banyaknya.

Kecil besarnya bayaran dari pekerjaan ini bergantung oleh berapa account yang dapat digunakan untuk memberikan masukan di web perusahaan yang memberikan kamu pekerjaan, tentunya semakin banyak akun akan semakin banyak pendapatan yang didapatkan oleh kamu.

9. Buka Warung Kopi, Usaha di Depan Rumah yang Prospektif

Kopi sebagai salah satu minuman yang menjadi favorite warga Indonesia. Ini dapat ditunjukkan dengan banyaknya cafe yang tawarkan bermacam tipe kopi..

Dengan modal teras dan mesin kopi, kamu bisa buka warung kamu sendiri. Tetapi, kamu perlu sedikit latihan memproses kopi secara baik dan kemudian menghasilkan racikan yang sesuai.

Bila dimanajemen secara baik, bukan mustahil bisnis rumahan ini dapat berkembang jadi bisnis yang prospektif di hari esok.

10. Budidaya Ikan Hias

Harga ikan hias kadang cukup tidak logis. Misalnya, ikan lohan yang telah jadi harga ditaksir dapat mencapai beberapa ratus juta.

Bila kamu senang sekali dengan ikan dan berminat untuk menjadikan tempat mendapatkan tambahan uang, kamu dapat coba bisnis budidaya ikan hias.

Bisnis ini harus dilaksanakan dengan serius karena sobat kanalmu akan melakukan investasi banyak uang di sini.

Beberapa panduan sukses jalankan bisnis ikan hias sebagai berikut ini:

  • Cari tipe ikan hias yang nilai harganya tinggi
  • Pelajari mekanisme pasar ikan hias
  • Pelajari langkah membiyakan ikan hias supaya usaha ini dapat tahan lama
  • Mengikut komunitas ikan hias untuk membesarkan lingkaran bisnis
  • Mempromokan bisnis dengan taktik yang tepat.

11. Buka Layanan Design Grafis

Usaha design grafis rumahan memang tidak asing untuk didengarkan. Pesatnya bisnis yang ini disokong oleh perubahan tehnologi yang makin kekinian.

Disamping itu, warga yang membutuhkan desain hasil cepat sudah pasti akan cari layanan yang dapat mempermudah pekerjaan mereka.

Beberapa macam usaha design grafis yang dapat kamu coba di dalam rumah, dan contohnya adalah sebagai berikut ini:

  • Design gambar T-shirt
  • Desain Logo Makanan
  • Desain Spanduk Warung
  • Design situs atau website
  • Design animasi 3D
  • Design simbol, kartu nama, dan spanduk iklan

12. Buka Layanan Service Barang Electronic

Walaupun ide bisnis ini kedengar ketinggal jaman. Banyak orang yang memerlukan layanan ini. Bersamaan dengan perkembangan tehnologi, pasti banyak barang electronic yang dibuat. Dan ketika mengalami kerusakan mereka yang memiliki elektronik akan datang ke tukang service.

Bila sobat kanalmu senang dengan dunia elektro atau sebagai alumnus jurusan elektro, kamu dapat coba usaha yang ini hanya di rumah saja.

13. Buka Pertamini di rumah

Usaha ini pas sekali buat kamu yang mempunyai rumah di tepi jalan yang ramai dilewati kendaraan.

Baca Juga :  Cara Pijam Uang di Bank BRI Tanpa Jaminan

Dengan penampilan yang lebih menarik, sudah pasti Pertamini mempunyai harga jual lebih dibanding rivalnya, tukang bensin ketengan.

Berikut penghitungan atau simulasi kasar perincian modal yang dibutuhkan untuk usaha Pertamini:

  • Harga Pertamini: Rp5 juta
  • 100 liter bensin: Rp850 ribu (dengan anggapan harga per liter Rp8.500)
  • Ongkos listrik /bulan: Lebih kurang Rp55 ribu
  • Alat pemadam kebakaran portabel: Rp 155 ribu
  • Ongkos tambahan: Rp 1,3 juta

14. Jadi Agen PPOB / Payment Online

Hampir serupa dengan bisnis pulsa elektrik, usaha rumahan ini lumayan menjanjikan. PPOB atau Payment Poin Online Banking ialah bisnis agen pembayaran sah.

Dengan jadi agen PPOB, berikut beberapa pembayaran yang dapat dilayani:

  • Pembayaran bill PDAM
  • Pembayaran bill listrik
  • Pembayaran bill TV abonemen
  • Pembayaran bill internet dan telephone
  • Pembelian ticket pesawat sampai kereta api

Pastikan sobat sebelum mengawali bisnis ini, untuk ketahui persyaratan dan langkah dalam jalankan tersebut.

15. Buka Layanan Air Minum Isi Ulangi

Sebagai salah satunya bisnis yang membuat kehidupan lebih gampang, usaha ini paling prospektif karena banyak orang membutuhkan air untuk berbagai kebutuhan mereka seperti minum dan masak.

Namun sebelum memutuskan mengawali bisnis ini, kamu perlu membuat penelitian lebih dulu supaya investasi yang dikeluarkan tidak percuma.

Apabila sobat kanalmu sudah memiliki modal uang dan pengetahuan, kamu dapat mengawali bisnis ini tanpa kebimbangan sama sekali.

Untuk taktik pemasaran, kamu kupon kepada konsumen yang bisa di tukar dengan isi ulang aatu dengan cara titipkan produk kamu di warung sembako seputar rumah.

16. Jadi Youtuber

Menjadi youtuber, kamu harus mempunyai kreasi yang tinggi dan skil  dalam melakukan editing video untuk hasilkan content yang berkualitas.

Bila kamu mempunyai semua kemampuan tersebut di atas, bisnis yang ini dapat jadi opsi kamu untuk dilakukan dirumah.

Dengan kamu stabil dalam memberikan content yang berkualitas, pendapatan yang didapatkan dari usaha ini cukuplah besar.

17. Buka Pelatihan Memasak

Ini ialah salah satu usaha rumahan di kota yang jangan sampai untuk dilewati. Tentunya, banyak orang yang ingin sekali belajar memasak, tapi tidak paham bagaimana harus mengawali.

Bila kamu mempunyai talenta dalam mengolah bumbu untuk makanan, tidak boleh menyia-nyiakan peluang yang ini.

Tidak perlu banyak modal, kamu perlu mempersiapkan perlengkapan dapur dan beberapa bahan untuk diolah menjadi masakan.

Beberapa contoj pelatihan masak yang kamu buat bisa mencakup membuat kue, membuat bermacam makanan ringan, mengolah makanan khas, dan ada banyak kembali.

18. Konsultan SEO 

Bersamaan mengembangnya tehnologi, ada bermacam jenis pekerjaan baru, diantaranya ialah layanan SEO.

Layanan yang ini benar-benar diperlukan oleh mereka yang memerlukan trafik dari mesin perayap secara organik.

Pekerjaan ini sendiri dapat dikatakan sebagai bisnis rumahan karena kamu dapat melakukan dirumah saja.

Bila kamu mempunyai pengalaman di dunia SEO, janganlah sampai melewati peluang emas yang satu ini.

19.Budidaya Kroto

Siapa kira ternak kroto menjadi usaha skala kecil yang memberikan keuntungan yang cukup menjajikan. Yang mana untuk telur kroto di alam liar sekarang ini sangat susah diketemukan.

Dan perlu sobat kanalmu ketahui bahwasanya permintaan dari kroto ini di pasar naik, karena banyak sekali saat ini penggemar burung, karena kroto adalah salah satu makanan burung degan tinggi protein dan gizi.

Dengan bermodalkan biaya yang cukup kecil, kamu dapat lakukan usaha ini di pekarangan rumahmu.

20. Layanan Potong Rambut

Walau berkesan sederhana, bisnis skala kecil ini jangan disepelakan karena omzet yang didapatkan dapat menjadi besar jika pengelolaannya baik.

Terlebih modal awal yang kamu gunakan, bisa digunakan untuk waktu yang cukup panjang seperti membeli alat pangkas rambut maupun lainnya.

Dan jika kamu memulai usaha ini di tempat yang jarang ada tempat potong rambut tentunya akan banyak mendapatkan keuntungan, karena yang ingin memiliki penampilan rapi biasanya setiap bulan akan melakukan potong rambut.

Kesimpulan

Dari penjelasan diatas terkait dengan peluang usaha rumahan yang memberikan keuntungan besar. Namun demikian sebelum memilih salah satu jenis ide usaha rumahannya, sobat kanalmu perlu melakukan riset dan mengetetahui teknik pemasaran yang tepat agar penjualan dari usahamu lancar.

Demikian ulasan ini, mudah-mudahan sedikit informasi ini bisa membantu sobat kanalmu yang saat ini sedang mencari ide terkait dengan usaha yang bisa dilakukan mulai dari rumah saja.

Artikel Terkait :

Tags